Mengerikan! Ketahuilah Gejala Penyakit Kanker Usus dan Cara Mencegahnya

Posted on
penyakit kanker usus
penyakit kanker usus

Kanker usus, apakah Anda mendengar penyakit tersebut? Kanker usus besar atau dubur merupakan penyakit kanker kolorektal kanker ini berada di ujung bawah saluran pencernaan bawah. Kanker usus adalah penyakit sangat menakutkan. Di dunia barat penyebab kematian nomor 2 adalah penyakit kanker usus. Penyakit ini ditemukan biasanya pada pria/wanita yang berusia 20 sampai 50 tahun atau lebih. Di Indonesia kanker usus bagi pria menempati urutan ke 3 sebagai kanker yang paling sering ditemui setelah kanker prostat dan paru-paru. Pada wanita juga menempati urutan ke 3 setelah kanker payudara dan paru-paru.

Kanker usus merupakan pertumbuhan sel kanker ganas yang berada di dalam permukaan usus besar atau rektum. Kanker usus besar kebanayakan berawal dari pertumbuhan sel tidak ganas atau disebut adonema, ketika di stadium awal membentuk polip (pertumbuhan sel yang sangat cepat).

Distadium awal,munculnya adonema dapat diangkat dengan mudah. Namun, distadium awal ini sangat sering adonema tidak menunjukkan gejala apapun sehingga belum terdeteksi dalam jangka lama. Padahal,perlu Anda ketahui karena tidak munculnya gejala tersebut justru menimbulkan bahaya yang sangat besar. Suatu saat dapat berkembang menjadi kanker usus dan menggerogoti semua bagian dari usus besar.

Adanya gejala seperti ini menyebabkan upaya pengobatan dilakukan menjadi sulit. Seharusnya dalam menangani kanker usus distadium awal ini ditemukannya sel kanker, sehingga terdeteksi dan dapat dilaksanakan pengobatan lebih lanjut atau tindakan terapi secara bedah kuratif. Namun, sayang hal seperti itu jarang sehingga penderita memiliki kemungkinan kecil untuk bertahan hidup.

Gejala Umum Apa Saja yang Ditimbulkan pada Penyakit Kanker Usus?

gejala kanker usus
gejala kanker usus
  1. Perut Sering Terasa kembung atau Kram

Kenyang dalam hal setelah makanan itu normal,Tapi,yang perlu diperhatikan perut terasa tidak pernah terasa lapar dan selalu kembung bahkan sering kram. Selain itu gejala yang ditimbulkan adalah sakit perut,diare,gastroesophageal reflux.

  1. Sering Mengalami Sakit Perut yang Berlebihan

Sakit perut yang berlebihan memiliki banyak tanda. Mulai dari lambung,usus buntu sampai batu empedu. Sakit perut yang berlebihan juga pertanda bahwa ada yang menghalangi usus untuk mencerna makanan. Maka adanya gejala tersebut segeralah ke UGD karena hambatan tersebut dapat mengakibabkan perdarahan dan perforasi.

  1. Refluks Asam lambung Terus-Menerus

Refluks asam dimana ketika asam yang diproduksi perut malah ke tenggorokan. Hal ini terjadi disebabkan katup esophagus tidak menutup dengan sempurna maka gejala umum yang ditimbulkan adalah nyeri dada seperti terbakar. Jika gejala seperti ini terus-menerus dan kamu telah minum obat tidak membaik. Bisa jadi adanya tumor yang menyebabkan penyumbatan dan meningkatkan cadangan asam.

  1. Kekurangan Zat besi dan Penurunan Badan Secara Drastis

Kekurangan zat besi terjadi dikarenakan perdarahan yang terjadi pada usus. Badan terasa sering lelah dan lemah. Berat badan pun mengalami penurunan secara drastic tanpa ada penyebabnya.

  1. Di dalam Tinja Terdapat Darah

Jika di dalam tinja Anda muncul darah maka kondisi ini bisa disebabkan wasir atau fraktur dubur. Tapi,jika pendarahan besar dan hitam atau merah secara terus-menerus. Maka segera ditangani,bisa

Mengerikan bukan, maka kita perlu waspada terhadap gejala-gejala tersebut agar tidak menimbulkan penyakit yang mengerikan. Bagaimana cara mencegah agar gejala tersebut tidak sampai terjadi? Yaitu :

cara mencegah kanker usus
cara mencegah kanker usus
  1. Mengonsumsi makan-makanan sehat

Dengan cara mengurangi mengonsumsi daging merah,memperhatikan cara memasak daging,pilihlah daging yang rendah lemak,memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan,memperbanyak minum air mineral karena 80% tubuh membutuhkan air.

  1. Menjaga kesehatan tubuh dan rajin berolahraga

Upayakan selalu menjaga kesehatan tubuh dengan rajin membersihkan badan mandi minimal 2x sehari dll. Diusahakan berolah raga dalam setiap waktu untuk menjaga aktivitas fisik

  1. Hindari rokok

Perilaku merokok adalah hal yang sering dijumpai saat ini, karena merokok dapat menimbulkan berbagai penyakit yang mematikan. Kandungan yang terdapat dalam rokok sangat berbahaya. Oleh karena itu, bagi Anda supaya terus menghindari untuk mengonsumsi rokok.

  1. Mempertahankan Indeks massa tubuh, bagi Anda jangan sampai memiliki berat badan yang berlebihan. Upayakan antara 18,5-25,0 kg/ m2 sepanjang hidup.

  2. Melakukan deteksi dini dengan cara tes darah samar sejak usia 40 tahun.

Itulah beberapa gejala penyakit kanker usus dan cara mencegahnya, bagi Anda tidak perlu khawatir dengan penyakit tersebut selama masih menjaga aktivitas dan pola makan dalam kehidupan sehari-hari. Datangnya penyakit juga dari kehidupan sendiri dan Tuhan menciptakan penyakit masing-masing ada tujuannya.

Sekian,semoga bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply