kue semprit
kue semprit

Resep Cara Membuat Kue Kering Semprit Gurih Renyah dan Enak

Posted on

Hay… guys, kali ini saya akan membagikan resep cara membuat kue kering semprit yang gurih renyak dan enak. Kue semprit ini biasa kita jumpai pada saat lebaran, tapi selain bukan lebaran kue ini bisa kita makan dengan cara membuat sendiri. Kue ini juga bisa dinikmati untuk camilan saat bersama kluarga tersayang. Biasanya kue semprit ini sangat primadona dikalangan masyarakat khususnya saat haari besar seperti lebaran.

Kue semprit ini termasuk kue kering, kue semprit ini bisa bertahan lama tidak seperti kue lainnya. Sehinga kue semprit ini bisa disimpan dengan lama asal penyimpanannya baik.

Tidak hanya itu kue semprit mempunyai tekstur renyah tapi lembut. Nah, gimana itu renyah tapi lembut? Maksudnya adalah selain kue itu kalau digigit terasa renyah tapi saat sudah dikunyah kue itu akan terasa lembut dan nikmat.

Kue semprit ini mempunyai ciri khas tersendiri loh. Kebanyakan kan kue semprit berbentuk bunga ditngahnya terdapat titik kecil berwarna warni atau biasa disebut sebagai hiasan. Titik kecil di tengahnya itu adalah selai yang umumnya adalah menggunakan selai setroberi atau selai nanas. Kalian juga bisa menggunakan hiasan atau selai lain tidak harus dengan selai setroberi ataupun nanas agar terlihat lebih berfariasi.

Ini nih yang unik dari kue semprit, kue ini termasuk kedalam kue klasik loh guys. Perhatikan saja sekarang semakin banyak kue-kue yang beraneka ragam. meskipun kue-kue modern sudah menyebar kemana-mana namun, kue ini masih terus ada dikalangan masyarakat apalagi ketika lebaran kita masih sering sekali menjumpai kue semprit ini karena kue ini sangatlah klasik tidak terkalahkan oleh kue-kue modern.

Dengan seiring perkembangannya zaman, kue ini sudah mengalami banyak variasi yang cukup lumayan banyak seperti kue semprit sagu, semprit coklat, semprit NCC semprit keju dan banyak lagi variannya.

variasi kue semprit
variasi kue semprit

Untuk membuat kue kering semprit ini saya sajikan khusus untuk kalian yang pingin belajar resep cara membuat kue semprit. Cara membuat kue semprit ini membutuhkan atau menggunakan cetakan khusu yang unik. Bentuk cetakan kue ini berbentuk bunga dengan memasukan adonan kedalam cetakan lalu dipencet dari atas hingga kue kluar dan berbentuk sempurna.  Yuk, langsung saja simak resep membuat kue semprit dibawah ini.

Resep membuat kue kering semprit

Bahan

Margarin 175gram

Garam ¼ sendok the

Gula tepung 100 gram

Pasta vanilla ½ sendok the

Susu bubuk 25 gram

Kuning telur 1 butir

Maizena 25 gram

Tepung terigu protein rendah 200 gram

Baking powder ½ sendok the

Bahan untuk hiasan

Ceri merah yang sudah dipotong kecil 25 gram(kalian bisa menggunakan hiasan lain seperti selai)

Cara membuat kue kering semprit

  1. Pertama buatlah adonan dengan mencampur bahan-bahan seperti margarin, garam, pasta vanilla, dan gula tepung. Aduk atau kocok kurang lebih 2 menit selanjutnya tambahkan bahan lain seperti kuning teur kemudian kocok lagi.
  2. Kemudian masukan tepung terigunya, susu bubuk, maizena, dan baking powder kemudian aduk dengan rata. Agar hasilnya lebih baik dan lembut ayak dulu tepung terigunya agar halus dan mudah tercampur.
  3. Selanjutnya, olesi loyang menggunakan margarin dan semprot menggunakan spuit bunga. Lalu tambahkan ceri yang sudah dipotong tadi ditengah-tengah adonak kue semprit.
  4. Langkah terakhir adalah tahap pengovenan, oven menggunakan api dengan suhu 140 drajat hingga matang. Dalam proses pengovenan dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Jika sudah matang angkat dan siap untuk disajikan. Yeeyyyy….

Don’t forget! Kue yang sudah cantik dan menarik ini supaya dikemas dengan baik mungkin. Demikian resep cara membuat kue kering semprit yang gurih renyah dan enak ini, semoga bermanfaat guys…

SELAMAT MENCOBA.

Leave a Reply