Alat musik tradisional
Alat musik tradisional

Yuk Kenali Macam-macam Alat Musik Tradisional di Indonesia

Posted on

Sudah kenal belum dengan alat musik tradisional? Sebelum ada nya alat musik modern alat musik tradisional lah yang menjadi daya tarik masyarakat pada zaman dahulu. Pada era global ini alat musik tradisional sudah jarang digunakan. Bahkan banyak anak muda yang tidak mengenal sama sekali apa itu alat musik tradisional dan apa saja jenis alat musik tradisional tersebut.

Alat musik tradisional dengan alat musik modern itu hampir sama hanya saja yang sedang tren pada zaman yang sudah canggih ini alat musik modern. Alat musik modern akan menghasilkan musik yang modern seperti musik pop dan reggae. Sedangkan alat musik tradisional akan menghasilkan musik yang klasik.

Melihat begitu banyaknya alat musik tradisional yang ada di Indonesia seharusnya kita bangga bahwa negara kita ini kaya akan kebudayaan, bukan sekedar alat musik saja tapi masih banyak yang lain juga. Selain alat musik tradisional Indonesia juga memiliki pakaian daerah, seni tarian khas tiap daerah dan juga ada lagu daerah. Adanya lagu daerah tersebut biasanya diiringi oleh alat musik tradisional. Jenis apa saja kah alat tradisional yang mengiringi lagu daerah tersebut, baca penjelasan berikut.

Saluang
Saluang

1. Seluang

Seluang adalah salah satu alat musik tradisional berasal dari Minangkabau, yakni Sumatra Barat. Alat musik ini terbuat dari bambu. Cara memainkannya sama dengan terompet, tetapi seluang ini memiliki ciri khas yaitu mengeluarkan bunyi jenis Aerofon jika ditiup.

Alat musik tradisional yang satu ini hampir mirip dengan seruling bambu biasa, tapi alat musik saluang ini mempunyai sekitar empat lubang pada bagian tengah. Lubang di tengah ini lah yang akan mengatur nada.

Aramba
Aramba

2. Aramba

Aramba merupakan jenis alat musik tradisional yang paling sering digunakan untuk mengiringi musik klasik pada zaman dahulu. Alat tradisional ini terbuat dari bahan tembaga, kuningan, atau logam.

Alat musik berasal dari daerah Sumater Utara ini dimainkan dengan cara di pukul. Alat ini biasa digunakan pada acara besar diantara lain ketika acara pernikahan atau acara adat yang lainnya. Bentuk dari aramba ini sangat lah unik, yaitu terdapat tonjolan bulat kecil pada bagian tengahnya.

Gambus
Gambus

3. Gambus

Gambus merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara di petik menggunakan jari. Alat musik yang satu ini merupakan satu alat musik yang menjadi ciri khas dari daerah Riau. Jenis bunyi yang dikeluarkan gambus adalah bunyi jenis Kordofun.

Gambus ini banyak terdapat di pulau Sumatra. Alat musik yang satu ini sering disebut identik dengan agama islam, mengapa demikian dikarenakan pada zaman dahulu alat musik ini digunakan sebagai media dakwah.

Calung
Calung

4. Calung

Alat musik tradisional yang satu ini hampir mirip dengan alat musik tradisional yang lain, yaitu angklung. Tidak lah heran bila kebanyakan orang menganggap alat musik calung dan angklung ini sama. Kedua alat musik ini memiliki perbedaan pada cara memainkan nya. Alat musik tradisional angklung akan mengeluarkan bunyi jika digoyangkan. Sedangkan cara memainkan calung ini dengan cara di pukul.

Kolintang
Kolintang

5. Kolintang

Kolintang merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik tradisional yang satu ini berasal dari daerah Minahasa yaitu Sulawesi Utara.
Bentuk kolintang ini terdiri dari bilah dengan panjang yang bervariasi kemudian disanggah dengan bambu.  Alat musik tradisional ini dipukul nya menggunakan alat khusus. Jika sudah dipukul akan mengeluarkan bunyi yang sangat merdu diantaranya yaitu tangga nada do, re, mi, fa. so, la, si, do.
Demikian artikel kami, semoga bisa menambah wawasan anda.

Leave a Reply