10 Alasan Mengapa Hutan Manfaat bagi Makhluk Hidup

Posted on
Manfaat hutan bagi makhluk hidup
Manfaat hutan bagi makhluk hidup

Hutan, tahukah Anda? Hutan merupakan kawasan yang banyak memiliki tumbuhan,pepohonan yang berjenis bermacam-macam dan lebat. Kehidupan dunia sebagian diisi dengan hutan, hutan juga ciptaan Tuhan yang wajib kita lestarikan. Namun,dengan berkembangnya zaman,sudah banyak manusia yang menebang pohon di hutan sembarangan dan beberapa wilayah juga menebang hutan sebagai pembuatan bangunan ataupun rumah seiring meningkatnya jumlah populasi penduduk. Nah, apakah Anda ingin mengetahui lebih lanjut seputar hutan? Berikut ini !

Informasi Seputar Hutan

Hutan merupakan ekosistem yang wajib dijaga. Hutan memiliki banyak jenis baik tanaman maupun pepohonan. Hutan sebagai habitat makhluk hidup seperti hewan. Tapi sekarang ini sudah banyak beberapa hutan yang hampir punah akibat ulah manusia. Maka seharusnya kita sekarang lebih mengerti tentang informasi seputar hutan dan sangat penting bagi ekosistem species makhluk hidup. Menurut Undang-Undang tentang kehutanan Nomor 41 tahun 1999 adalah satu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan. Hutan memiliki banyak manfaat yang kita belum mengetahuinya.

Manfaat Hutan bagi Kehidupan Makhluk Hidup :

  1. Berfungsi Untuk Pernafasan Makhluk Hidup

Hutan juga disebut paru-paru dunia karena berfungsi bagi makhluk hidup untuk bernafas. Hutan memompa keluar oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup dan menyerap karbon dioksida yang dikeluarkan. Proses mengeluarkan oksigen dan menyerap karbondioksida yang dihasilkan sangatlah besar. Maka pohon yang memiliki daun lebat mampu untuk memproduksi oksigen yang dibutuhkan terutama manusia. Tanpa adanya oksigen yang dihasilkan dari pepohonan maka tidak mungkin adanya kehidupan di muka bumi ini.

  1. Berfungsi Sebagai Habitat Makhluk Hidup

Hampir semua keanekaragaman hayati baik hewan maupun tumbuhan bertempat tinggal di hutan. Hewan-hewan di hutan juga berfungsi bagi manusia  untuk memanfaatkan hutan sebaik-baiknya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya seperti cacing berperan untuk membantu proses pembusukan,memperkaya nutrisi dalam tanah,serangga atau burung membantu dalam proses penyerbukan tanaman buah.

  1. Menyimpan Air dalam Tanah dan Mencegah Terjadinya Erosi

Hutan juga ternyata berfungsi menyimpan air dalam tanah ketika hujan.Air yang mengalir di permukaan kemudian mengalir ke akar pohon,menetes ke dalam akuifer. Akibat proses tersebut sehingga air mengisi kembali persediaannya yang bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari,sanitasi dan irigasi. Fungsi lain hutan juga untuk mencegah terjadinya erosi. Erosi ialah proses terjadinya pengikisan tanah yang disebabkan air.

  1. Mencegah Terjadinya Bencana Alam

Hutan juga dapat mencegah terjadinya bencana alam terutama banjir dan tanah longsor. Bencana tersebut terjadi karena volume air yag berlebihan. Jika adanya hutan,maka pohon-pohon dapat menampung air tersebut. Kebanyakan terjadinya banjir juga sedikitnya lahan hutan,banyak rumah-rumah penduduk yang tempatnya tidak tertata sehingga sering memicu terjadinya banjir. Maka hutan sangatlah penting untuk mencegah terjadinya bencana alam.

  1. Sumber Pangan

Banyaknya jenis flora di hutan,maka manusia juga membutuhkan makanan, sehingga hutan bermanfaat untuk dijadikan sumber pangan. Seperti umbi-umbian,madu,sagu dll.

  1. Sebagai Sumber Obat-Obatan

Di dalam hutan menyediakan berbagai jenis tanaman sebagai sumber obat-obatan, beberapa daerah yang tinggal di dekat hutan,mereka masih menggunakan obat-obatan tradisional yang diambil dari tanaman hutan sebagai penyembuhan. Bahkan di pabrik-pabrik juga dijadikan sebagai obat herbal contohnya pohon kina,akar kumis kucing,daun cengkeh dll. Maka jagalah kelestariannya ya.

  1. Sumber Ekonomi dan Mata Pencaharian

Ada di beberapa wilayah, manusia menggantungkan hutan sebagai mata pencahariannya untuk kebutuhan hidupnya. Banyak sarana yang dapat dijadikan sumber ekonomi. Misalnya kerajinan tangan, hasil dari buah yang didapatkan di hutan, kayu,rotan, bambu, damar yang dapat dijadikan sumber ekonomi. Di pabrik-pabrik juga memanfaatkan kayu hutan sebagai pembuatan benda-benda sebagai kebutuhan rumah tangga dan dapat diekspor ke Negara lain.

  1. Sebagai Tempat Wisata dan Pendidikan

Ada dibeberapa daerah, hutan dijadikan sebagai tempat wisata bagi manusia karena keindahan alamnya, dan salah satu ciptaan dari Tuhan. Dengan dijadikan tempat wisata, maka pemerintah lebih menjaga dan merawat hutan dan dapat dijadikan sumber pendapatan bagi daerah. Selain itu, hutan juga digunakan sebagai penelitian dan sarana pembelajaran. Dengan adanya penelitian dapat dijadikan sumber informasi mengenai seputar hutan bagaimana pentingnya keberadaan hutan. Bahkan hutan termasuk dijadikan profesi bagi Mahasiswa Kehutanan.

  1. Menahan Angin Kencang

Naiknya suhu bumi menyebabkan adanya pemanasan global. Fungsi hutan memberikan udara sejuk bagi bumi. Prosesnya angin mengalir dari lingkungan dengan memiliki suhu udara panas menuju suhu sejuk sehingga suhu bumi menurun. Selain itu,dengan adanya keberadaan pepohonan yang rimbun inilah yang membuat penghalang sehingga dapat memecahkan dan melemahkan tiupan angina kencang.

  1. Sebagai Tempat Tinggal Khususnya bagi Suku Pedalaman

Hampir 300 juta orang di dunia masih hidup di hutan, puluhan juta manusia masih bergantungan dengan hutan asli,bahkan di Indonesia masih dijumpai suku-suku pedalaman hidupnya tinggal di wilayah sekitar hutan dan mencari sumber makan di hutan.

Hutan memang sangatlah penting bagi kehidupan makhluk hidup,semua masih bergantungan, jadi sebagai manusia sudah seharusnya merawat dan terus melestarikannya agar bumi tetap terjaga keasriannya. Jika digunakan sebagai kebutuhan ekonomi maka manfaatkanlah sebaik-baiknya,tidak menebang sembarangan,pemerintah juga mengupayakan dalam menjaga kelestarian hutan bagi ekosistem alam.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply