Cara Jitu Budidaya Ikan Cupang
Cara Jitu Budidaya Ikan Cupang

Cara Jitu Budidaya Ikan Cupang

Posted on

Bagi kalian para pecinta ikan hias, pasti tidak asing lagi dengan ikan hias yang satu ini. Ya, ikan cupang. Ikan cupang yang sering dibudidayakan adalah ikan cupang jenis laga. Selain dibudidayan untuk sekedar hobi, ikan cupang juga dapat dibudidayakan untuk dijual.

Cara Jitu Budidaya Ikan Cupang
Cara Jitu Budidaya Ikan Cupang

Ikan cupang mampu bertahan hidup di air yang minim oksigen. Ikan cupang memiliki tubuh yang mungil dengan sirip ekor yang panjang menjuntai. Ikan cupang jantan dan ikan cupang betina sangat mudah dibedakan.

Perbedaan ikan cupang jantan dan betina dapat dilihat dari kelincahan, dan bentuk tubuhnya. Ikan cupang jantan geraknya lincah dan memiliki bentuk tubuh yang ramping, serta sirip ekornya lebih panjang dan lebar. Sedangkan ikan cupang betina gerakannya lamban dan lesuh, bentuk tubuhnya terlihat lebih berisi dan sirip ekornya lebih pendek. Kali ini kami akan memberikan cara jitu budidaya ikan cupang.

Persiapan Wadah Dan Tanaman Pendukung.

Cara Jitu Budidaya Ikan Cupang
Cara Jitu Budidaya Ikan Cupang

Wadah yang dibutuhkan adalah akuarium dengan ukuran 30x30cm. Tanaman yang dibutuhkan adalah tanaman kapu- kapu. Namun, jika tidak ada kalian bisa menggunakan tanaman enceng gondok sebagai gantinya.

Cara mempersiapkan wadah dan tanaman pendukung:

  • Masukkan air yang sudah diendap setinggi 10- 15cm. Hal ini bertujuan agar pejantan tidak kelelahan memungut telur saat pembuahan terjadi.
  • Biarkan selama 2 hari .Setelah 2 hari wadah baru siap digunakan.
  • Proses perkenalan dan perkawinan ikan cupang.

Agar berhasil, ikutilah langkah- langkah berikut ini.

1. Masukkan pejantan selama 1 hari.

Masukkan terlebih dahulu ikan cupang jantan agar terbiasa. Setelah itu beri makan ikan cupang jantan hingga gemuk jangan lupa untuk memberi makan pada ikan cupang betina sampai gemuk juga. Saat prosespemijahan ikan cupang tidak makan.

2. Kenalkan dengan betina.

Agar ikan cupang betina dan ikan cupang jantan saling mengenal, sebelum kalian menggabungkannya pada satu wadah terlebih dahulu kalian memisahi kedunya dengan pembatas kaca. Tujuannya agar pejantan bisa mengenal betina. Saat pejantan siap untuk kawin, pejantan akan mengeluarkan buih di sekitar tanaman pendukung. Apabila buihnya telah banyak, ini menunjukkan ikan cupang siap untuk melakukan pemijahan.

4. Proses pemijahan ikan cupang.

Cara Jitu Budidaya Ikan Cupang
Cara Jitu Budidaya Ikan Cupang

Saat akan melakukan pemijahan biasanya pejantan menghajar betina habis- habisan tujuannya untuk menghilangkan ego dari betinanya. Setelah seharian kedua cupang itu akan berbaikan. Proses pemijahan biasanya dilakukan pada pagi hari sekitar jam 9. Saat pemijahan berlangsung jangan lupa untuk menutupi keempat sisi akuarium, agar ikan cupangnya tidak malu.

4. Memisahkan betina.

Setelah proses pemijahan selesai, betina akan mengeluarkan telur. Saat betina sudah tidak mengeluarkan telur keluarkan betina dari akuarium dan letakkan di akuarium yang lain.

Jika betina tidak dikeluarkan maka akan terjadi perkelahian antara ikan cupang jantan dengan ikan cupang betina. Selain itu, ikan cupang betina akan memakan semua telurnya. Jadi sangat penting mengeluarkan betina dari akuarium setelah dia bertelur. Jangan lupa untuk tetap memberikan makan secara teratur.

5. Pisahkan pejantan.

Telur akan menetas selama kurang lebih 2 hari. Kalian bisa membiarkan pejantan bersama dengan burayak di dalam satu akuarium selama 3 hari. Pada hari keempat jangan lupa untuk memberikan makanan berupa kutu air pada pejantan dan burayak.

Jika pejantan mulai memakani burayak segera pisahkan keduanya. Hal ini terjadi karena pejantan kelaparan, kelelahan serta kecapekan saat melakukan pemijahan.

Perawatan Burayak.

  • Saat dilihat wadah burayak mulai sempit segera pindahkan burayak pada wadah yang lebih besar.
  • Beri burayak makan berupa kutu air dan jentik merah, lakukan sacara berkala.
  • Masukkan daun ketapang ke dalam wadah burayak, untuk mencegah jamur dan bakteri.
  • Jika air mulai keruh jangan lupa untuk menggantinya. Lakukan secara berkala.
  • Masukkan aerator ke dalam wadah burayak, setel oksigen pada tingkat menengah tujuannya untuk menjaga burayak tidak kehabisan oksigen.
  • Setelah 1,5 bulan dari hari menetas, burayak dapat dipisahkan berdasarkan jenis kelaminnya.
  • Khusus jenis kelamin jantan, supaya diletakkan pada wadah yang berbeda agar tidak berkelahi.

Itulah cara jitu budidaya ikan cupang yang dapat kami berikan, semoga bisa bermanfaat. Selamat mencoba!

Leave a Reply