Fakta Menarik Seputar Manfaat Kunyit Putih

Posted on
Manfaat kunyit putih
Manfaat kunyit putih

Kunyit putih, Apakah Anda pernah mendengar jenis tanaman tersebut? Ya, sekarang memang jarang ditemukan keberadaannya kunyit putih, dalam hal masakan,kunyit putih juga jarang digunakan sebagai bumbu rempah-rempah. Kunyit putih ini mirip dengan jahe karena rasanya,namun ketika di akhir rasanya sedikit pahit sehingga ketika dalam membuat masakan digantikan dengan jahe. Nah,ingin lebih mengetahui seputar informasi kunyit putih? Berikut ini !

Sekilas Pengetahuan Seputar Kunyit Putih

Kunyit putih atau dikenal dalam Bahasa latin white turmeric atau Zedoary (curcuma zedoaria) yaitu jenis tanaman yang hampir semua bagiannya bermanfaat sebagai obat mulai dari akar,minyak sampai daunnya. Tanaman kunyit putih ini telah dibudidayakan di wilayah Asia,Eropa sampai ke Amerika Serikat. Namun,perlu Anda ketahui tanaman ini merupakan tanaman asli dari India dan Indonesia. Tapi di Indonesia sudah jarang digunakan sebagai bahan masakan, biasanya dijadikan bubuk dan hanya ditambahkan dalam masakan kari. Namun,jika Anda pergi ke Negara Asia tanaman ini masih dijumpai biasanya sebagai penyegar rasa salad dll. Selain digunakan bumbu masakan,ternyata kunyit putih ini bermanfaat sebagai kesehatan lho, karena mengandung minyak essensial, pati, curcumin, dihidrokumin ,desmetoksikurkumin, bisabolen, flavonoid,Ribozom Inacting Protein. Khasiat minyak essensial dipercaya mengurangi dampak dari radikal bebas tertentu. Jika di India tanaman ini bermanfaat sebagai obat tradisional dalam penyembuhan nyeri menstruasi,muntah,maag bahkan kanker. Tidak hanya itu masih banyak manfaat lain yang perlu Anda ketahui berikut ini.

Manfaat yang terdapat di dalam Kunyit Putih

Sebagai Antibakteri dan Antijamur

Kunyit putih ini ampuh untuk mengatasi antibakteri dan antijamur,karena ekstrak kunyit putih dapat melawan beberapa spesies bakteri jahat. Seperti E.coli yang menyebabkan gangguan pencernaan,diare dan keracunan makanan. Selain itu, bakteri Staphylococcus aureus yaitu penyebab bisul,impetigo,sepsis,selulitis. Infeksi jamur Candida Aspergillus juga dapat dilawan oleh kandungan kunyit putih dan mengurangi bakteri jahat yang ada di mulut. Sama seperti halnya obat kumur di pasaran.

Berfungsi sebagai Antioksidan

Khasiat dari minyak eesensial dari kunyit putih yang dipercaya mengurangi dampak radikal bebas tertentu sehingga melindungi penyusun gen dan mengandung Flavonoid Saponin bermanfaat menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Sebagai Obat Alergi

Kunyit putih yang mengandung senyawa curcuminoids sehingga bermanfaat sebagai anti alergi dan dapat mengatasi gejala alergi pada kulit. Reaksi kunyit ini sama halnya seperti anthistamin dalam menghambat aktivitas protein penyebab radangan dan pelepasan histamin zat kimia yang dapat memicu adanya alergi.

Sebagai Penambah Nafsu Makan

Bagi Anda yang susah makan,Anda dapat menjadikan kunyit putih sebagai ramuan temulawak untuk menambah nafsu makan Anda.

Mencegah dan Mengobati Kanker

Anda juga perlu tahu ternyata selain mengandung antioksidan yang dapat menagkal radikal bebas sehingga memicu terjadinya kanker. Kunyit putih juga mengandung RIP (Ribozom Inacting Protein) yang dapat menonaktifkan sel kanker tanpa merusak sel lain sehingga menghambat pertumbuhan atau penyebaran sel kanker. Namun,sayangnya proses pengobatan ini masih digunakan secara tradisional.

Mengobati Penyakit Maag atau Asam Lambung

Bagi Anda yang memiliki penyakit maag atau asam lambung Anda dapat mengonsumsi tanaman kunyit putih ini, sehingga mengurangi risiko yang ditimbulkan. Bagi Anda yang memiliki penyakit asam lambung juga dapat mengonsumsinya karena dipercaya mengurangi jumlah keasaman cairan lambung sehingga dapat digunakan sebagai obat.

Dapat Meredakan Radang dan Nyeri

Jika Anda mengalami radang, maka kunyit putih dapat mengobatinya Karen berfungsi sebagai zat anti radang anti bakterinya juga dapat menyebuhkan luka dan infeksi. Selain itu mengandung sifat diuretic zedoary yang dapat menghilangkan rasa nyeri terutama seperti nyeri sendi, arthritis dan nyeri saat menstruasi, tetapi perlu diketahui untuk nyeri menstruasi ini yang gejalanya masih ringan.

Sebagai Obat Penawar Racun

Bagi Anda yang pernah mengalami serangan gigitan ular, Anda dapat mengobatinya dengan kunyit putih ini karena mengandung zat antiracun dan dapat menghambat aktivitas racun dari ular tersebut.

Mengatasi gangguan Pencernaan

Kandungan kunyit putih yang mengandung minyak essensial,senyawa tannin dan flavonoid sehingga bermanfaat untuk pengobatan kolik,cacingan,perut kembung,susah BAB, peradangan usus akibat stress dan mengobati diare.

Nah, Apakah Anda ingin mencoba tanaman kunyit putih sebagai pengobatan, selain tradisional dan alami caranya juga cukup mudah. Semoga lekas sembuh dan bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply