dapur minimalis modern

5 Desain Dapur Minimalis Modern dan Cara Penataannya

Posted on

Rumah sangat berperan dalam mempengaruhi gaya hidup keluarga. Salah satu area yang penting adalah dapur. Maka dari itu area dapur harus di desain sesuai kebutuhan penghuninya. Desain dapur apa yang cocok untuk dapur yang minimalis supaya terlihat luas dan nyaman?.

Sebelum mengetahui desain seperti apa yang cocok untuk dapur minimalis. Mari kita simak tentang cara penataan dapur minimalis.

  1. Warnailah dinding dengan cat warna putih, agar menjadikan ruangan terlihat lebih luas. Dan juga pencahayaan ruangan yang tepat. Kamu tidak perlu memaksakan memasang banyak jendela di dapur. Kamu hanya perlu menambahkan lampu gantung yang sederhana dengan watt yang cukup terang di langit-langit dapurmu. Supaya pekerjaan di dapur tidak terganggu.
  2. Pilih furniture yang sesuai dengan kebutuhan dapurmu. Kamu dapat menggunakan kitchen set yang berbahan utama stainless steel. Karena dengan berbahan stainless steel bersifat awet, netral dan tahan lama. Sesuaikan peralatan dapur dengan ukuran ruangan. Pilih peralatan dapur yang benar-benar dipakai untuk keperluan memasak. Dengan begitu ruangan akan terlihat lebih luas, rapi dan nyaman.
  3. Simpan peralatan dapur dengan urutan yang logis. Karena pekerjaan dapur itu banyak, untuk lebih menghemat waktu kamu dapat meletakkan atau menyimpan berbagai peralatan dengan urutan yang logis. Dengan urutan yang logis juga akan membuat kamu tidak bingung untuk menaruh peralatan dapur. Karena sudah ada tempatnya masing-masing. Contohnya rak piring di letakkan di dekat westafel, bumbu masakan di dekat kompor, dsb.
  4. Segera untuk cuci peralatan masak ketika sudah selesai memasak. Jangan sampai peralatan yang kotor di tumpuk-tumpuk. Karena akan menyebabkan bakteri berkembang biak. Dan juga kalau semakin lama peralatan dicuci maka akan semakin susah untuk dibersihkan. Maka dari itu setelah memakai peralatan dapur supaya segera dicuci. Agar ruangan tetap rapi, bersih dan nyaman.
  5. Setelah memasak biasakan untuk mengembalikan barang-barang yang sudah dipakai ke tempatnya. Hal ini akan membuat dapur terlihat lebih rapi dan tidak berantakan. Dan akan mempermudah aktivitas kamu di dapur, karena mudah untuk menemukan barang yang di butuhkan untuk memasak dan lainnya.
  6. Membersihkan permukaan dapur setiap hari juga akan menjadikan suasana di dapur menjadi nyaman dan sejuk. Bersihkanlah benda yang ada di dapur seperti westafel, meja makan, rak piring, kulkas, dll.

Beberapa desain dapur minimalis.

  1. Dapur minimalis modern yang hemat energi

dapur hemat energi

Dapur memang ruangan yang sangat banyak membutuhkan banyak energi. Karena pada dasarnya memasak membutuhkan air, gas dan listrik. Untuk memperkecil penggunaan listrik di dapur, kamu bisa menyediakan ruang masuk untuk cahaya alami seperti melalui jendela yang besar untuk mengambil cahaya yang banyak. Dan menggunakan lampu yang memiliki watt kecil dan tahan lama.

  1. Dapur minimalis modern dengan banyak storage

dapur dengan storage

Dapur membutuhkan area yang digunakan untuk menyimpan persediaan makanan, maka dari itu dapur membutuhkan storage atau tempat penyimpanan yang memadai. Desain dapur yang satu ini memanfaatkan seluruh dinding untuk tempat penyimpanan. Dengan hal itu kamu tidak perlu khawatir lagi dengan dapur yang berantakan.

  1. Dapur minimalis modern dengan ruang makan

dapur dengan ruang makan

Dengan desain ini bisa menjadikan hubungan kamu dengan keluargamu menjadi lebih akrab. Dan juga menyajikan makanan juga akan lebih mudah. Dan anggota keluarga bisa langsung menyantap makanan yang baru dimasak.

  1. Dapur minimalis modern dengan sentuhan material kayu

dapur kayu

Pakailah material kayu yang cerah dan awet untuk elemen dinding dan plafon. Dan berilah warna netral seperti hitam agar dapur Nampak lebih modern dan furistik.

  1. Dapur minimalis modern dengan 2 sisi

dapur dua sisi

Untuk desain beilah pencahayaan alami yang baik agar tampak tidak sempit.

Leave a Reply