kulit kering

Cara Mengatasi dan Merawat Kulit Muka Kering

Posted on

Merawat kulit wajah merupakan salah satu hal yang penting bagi kaum wanita untuk mendapatkan kulit wajah yang halus dan kencang. Setiap wanita juga pasti ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan terawat. Namun seringkali masalah kulit wajah muncul dan membuat dirinya minder dan turunlah rasa percaya diri.

kulit wajah
kulit wajah

Selain jerawat yang di keluhkan, masalah kulit kering juga banyak yang dikeluhkan oleh banyak orang. Karena mamiliki kulit wajah yang kering akan merasa ketidaknyamanan. Selain kasar jika diraba, kulit kering juga akan terlihat kusam. Bahkan jika kulit wajah keringmu sudah meradang, kamu akan terasa perih. Memiliki kulit wajah kering ada tandanya yang berupa permukaan kulit wajah terasa kasar, mengelupas, pecah-pecah, dan terasa gatal.

Agar masalah kulit kering dapat dihindari, perlu perawatan kulit wajah yang tepat. Perawatan kulit wajah sangat penting dan perlu dilakukan untuk mengurangi resiko mengalami kulit kering. Semakin bertambahnya usia, risiko mengalami kulit kering juga akan lebih besar.

 Beberapa perawatan yang dapat kamu lakukan di mana pun :

  1. Mempertahankan kelembapan kulit wajah

Hal pertama yang sering dilakukan tentu saja dengan membersihkan wajah dari kotoran secara teratur. Pembersihan pada kulit wajah diyakini dapat membuat wajah tetap lembap dan dalam keadaan normal. Konsumsilah air putih sebanyak mungkin karena dapat menjaga kandungan air dalam kulit. Lalu konsumsilah pada buah-buahan dan sayur-mayur yang banyak mengandung vitamin C dan E. karena sangat membantu perawatan kulit. Jenis buah dan sayuran sangat baik sebagai anti oksidan yang dapat berfungsi untuk meremajakan kulit. Dengan menjaga pola hidup sehat, maka kulit wajah dapat terus sehat, cantik, bercahaya, dan menarik.

  1. Menghindari penyebab kulit wajah kering

Kondisi kulit wajah kering terjadi saat lapisan kulit paling luar mengalami kekurangan cairan. Dan di sebabkan oleh berbagai hal. Sebaiknya, Anda menghindari pada berbagai penyebab kulit wajah kering tersebut. Diantaranya, salah menggunakan pelembab wajah, mandi dengan air panas terlalu lama, sabun yang terlalu banyak, udara kering, dan lain sebagainya.

masker alami untuk wajah
masker alami untuk wajah

Untuk mengatasi pada kondisi tersebut, juga butuh tambahan perawatan seperti masker. Daripada menggunakan masker yang dijual di pasaran, lebih baik menggunakan masker dari bahan alami. Selain lebih hemat menggunakan bahan alami, juga cenderung lebih aman dan minim efek samping.

Beberapa masker alami untuk kulit kering sebagai berikut:

  1. Masker alpukat

Ternyata alpukat tak hanya untuk di makan saja, buah alpukat juga bisa dijadikan masker untuk mengatasi kulit wajah yang kering. Membuat masker alpukat sangatlah mudah. Haluskan alpukat yang sudah matang, lalu campurlah dengan madu. Oleskan masker alpukat secara merata pada wajah yang telah di bersihkan. Tunggu hingga 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  1. Masker mentimun

Tak asing lagi dengan yang satu ini ya. Sejak dari dulu, mentimun terkenal dengan khasiatnya sebagai masker wajah. Selain membantu untuk menyegarkan kulit, mentimun juga bisa menenangkan dan melembapkan wajah. Cara menggunakan masker mentimun sangat praktis. Hanya perlu mengiris mentimun tipis-tipis yang sudah di cuci bersih.lalu tempelkan pada wajah. Diamkan mentimun pada wajah tersebut selama 30 menit. Lalu angkat potongan mentimun dari wajahmu secara perlahan.

  1. Masker pisang

Punya buah pisang di rumah? Manfaatkanlah untuk mengatasi kulit wajahmu yang kering. Keroklah pisang dengan sendok sampai menyerupai bubur, lalu campurkan dengan madu. Oleskan masker pisang tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan. Lalu tunggu hingga 15-30 menit. Setelah masker dibilas, kamu akan merasakan tekstur kulit yang lebih lembap dan kenyal.

Demikianlah artikel yang kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi Anda dan silahkan mencoba.

Leave a Reply