Kucing hias lucu dan cerdas
Kucing hias lucu dan cerdas

4 Jenis Kucing Hias Yang Lucu Serta Cerdas

Posted on

Sudah tidak asing lagi bukan mendengar kata hewan kucing. Kucing merupakan salah satu jenis peliharaan di dunia. Hewan peliharaan dengan nama latin silvestris yang meruppakan sejenis mamalia karnivora, yaitu pemakan daging. Namun dengan berkembangnya jenis kucing, kucing dapat memakan makanan seperti gandum dan juga nasi.

Kucing ini merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang sangat mendunia bahkan sampai ke manca negara. Alasan kenapa masyarakat lebih memilih kucing sebagai hewan peliharaan daripada memilih hewan yang lain dikarenakan kucing hewan yang menarik dan memiliki bulu yang indah. Tetapi kucing ini juga memiliki kekurangan yaitu ia dapat menularkan bakteri nya lewat air liurnya. Meskipun begitu peliharaan ini tetap lah diistimewakan karena kelucuannya.

Selain itu hewan yang satu ini dianggap memiliki karakteristik yang hampir sama dengan manusia, yaitu memiliki sifat yang baik. Kucing juga dianggap sebagai hewan yang cerdas, mengapa demikian sebab biasanya hewan ini berperilaku seperti manusia. Kucing jenis apa saja kah yang dikategorikan sebagai kucing cerdas? Baca ulasan di bawah ini.

American Shorthair
American Shorthair

1. American shorthair

Kucing jenis ras american shorthair ini merupakan suatu keturunan dari ras european hortair dan british shortair. Kucing jenis ini berasal dari Amerika Utara. Memiliki standart ras TICA, WCF, CFA, CCA dan masih banyak yang lain. Kucing ini memiliki karakter yang cenderung kuat, cerdas, pintar berburu, baik, ramah, tenang, senang bermain dan mudah beradaptasi.

Karakteristik american shorthair ini memiliki ukuran badang yang sedang. Jangan anggap remeh lo ya, karena kucing jenis ini memiliki otot kaki serta cakar yang sangat kuat. Kucing ini memiliki bentuk badan yang di selimuti dengan bulu yang halus, pendek dan tebal. Bulu halus ini memiliki fungsi yaitu melindungi dirinya dari cuaca ekstrim di saat musing hujan datang. Pada umumnya karakter american shorthair ini memiliki fisik yang kuat serta kesehatan tubuh yang stabil. Untuk masalah makanan kucing ini, mereka para kucing sangat menyukai makanan jenis basah lo. Jadi kalau ingin memberi makanan pada si american shortair beri kan makanan yang segar seperti ikan, daging, ayam dan yang lain.

Japanese bobtail
Japanese bobtail

2. Japanese bobtail

Kucing dengan jenis japanese bobtail ini merupakan salah satu jenis ras kucing alami yang berasal dari negeri sakura, yaitu jepang. Menurut informasi, kucing jenis ini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Buktinya nama ras kucing yang satu ini sering disebutkan dan digambarkan dalam dokumen kuno yang terdapat di Jepang.

Kucing japanese bobtail memiliki standart ras, diantaranya yaitu TICA, WCF, dan CFA. Karakteristik menarik dari kucing ini adalah berekor pendek, aktif dan sangat cerdas.

Ras japanese bobtail ini memiliki satu ciri khas yaitu pada bagian ekor pendeknya seperti terpotong-potong. Selain kelebihan ekor, kucing ini juga sangat aktif dan senang bermain. Jadi sangat cocok untuk dipelihara bagi anda yang memiliki anak kecil yang suka bermain dengan kucing. Mamalia jenis ini juga baik dan ramah. Bisa dikatakan juga sebagai kelompok kucing tercerdas di dunia karena sangat patuhnya terhadap majikannya.

Peter bald
Peter bald

3. Peter bald

Ras peter bald merupakan jenis ras kucing yang berasal dari Rusia. Kucing jenis ini dihasilkan dari sebuah persilangan antar ras kucing don sphynx dan ras kucing oriental shortair. Persilangan antar ras kucing ini pertama kali terjadi pada tahun 1994.

Karakter dari kucing ini adalah ramah, cerdas serta senang bermain. Kucing ini juga memiliki ciri khas berekor panjang serta kaki berselaput dengan cakar berbentuk oval.  Salah satu kelebihan dari kakinya yaitu dapat membuka gagang pintu dengan bentuk kukunya yang oval tersebut.

Toyger
Toyger

4. Toyger

Jenis kucing kategori cerdas yang terakhir adalah jenis ras toyger. Kucing jenis ini merupakan hasil dari sebuah persilangan antara kucing domestis dan ras kucing benggal. Kucing jenis toyger ini dikembang kan pertama kali di Amerika Serikat oleh salah seorang peternak kucing.

Pada awalnya jenis ras ini ditemukan karena rasa ingin memiliki kucing berpenampilan seperti harimau. Karena dengan kucing berbentuk harimau ia bisa mengajaknya bermain. Setelah persilangan tersebut dilakukan peternak kucing tersebut memberikan nama pada ras baru nya dengan nama toyger tersebut. Dengan ada nya ras toyger ini terciptalah kucing yang berstandart ras TICA serta berkarakter ramah cerdas dan sangat interaktif.

Untuk berat badan kucing jenis ini berbeda-beda sesuai dengan jenis kelaminnya. Rata-rata lebih berat kucing jantan, yaitu kurang lebih 10 sampai 15 pon bisa juga disebut 4,6 sampai 6,8 kg. Untuk kucing jenis betina lebih ringan, yaitu dengan berat 7 sampai 10 pon dan bisa juga disebut 3,2 sampai 4,6 kg.

Salah satu kelebihan dari kucing jenis ras ini adalah kucing yang sngat ramah dan mudah akrab dengan orang, bahkan orang yang baru saja dikenalnya. Meskipun jika dilihat dari tubuhnya kucing ini sangat besar gagah dan menakutkan tapi bukan berarti peliharaan ini harus di kurung terus menerus. Ras toyger ini sangat mudah untuk dilatih dan otomatis nyaman-nyaman saja jika diajak bermain kemana-mana saja.

Diatas tadi adalah beberapa jenis kucing hias yang lucu, menarik , dan cerdas yang disertai penjelasannya. Hewan-hewan yang lucu dan menarik bukan untuk dipelihara. Sekian artikel kami, terimakasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply