Bandung lautan api
Bandung lautan api

Sejarah Gelora Bandung Lautan Api

Posted on

Gelora Bandung Lautan Api

Stadion Gelora Bandung Lautan Apiyang terletak di kecamatan Gedebage desa Rancanumpang, dibangun diatas tanah bekas sebuah danau purba yang memiliki beberapa kendala, ketika akan proses pembangunannya. Meskipun begitu, pada akhirnya tim pembangunan Gelora Bandung Lautan Api ini behasil juga menciptakan stadion baru yang gagah dan dapay menampung 38 ribu penonton yang seluruhnya mendapatkan kursi dan bisa menikmati pertandingan dengan nyaman.

Stadion bertaraf internasional kebanggaan masyarakat Indonesia dan masyarakat Bandung pada umumnya, sampai saat ini masih dalam proses finishing. Dan meskipun stadion ini sudah diresmikan oleh wali kota Bandung pada tahun 2013 kemarin, stadion ini harus dipercantik lagi agar pengunjung bisa merasa lebih nyaman jika berada didalmnya.

Bekas danau purba adalah lokasi yang dipilih untuk pendirian stadion bertaraf internasional ini. Sejarah tanah yang bekas danau ini menimbulkan beberapa kendara ketika proses pembangunannya. Ketika secara perhitungan dataran sudah menjadi lebih tinggi, ternyata tanah lokasi mengalami ambles yang membuat tim harus mencari cara untuk memperbaikinya.

Untuk memperbaiki bagunan Stadio Bandung Lautan Api tersebut, tim pada akhirnya mengurug atau menimbum beberapa material tambahan, serta melakukan beberapa perlakuan yang khusus pada lokasi tanah agar tidak ambles lagi. Pembangunan stadion ini yang seluas 40 hektar ini menghabiskan dana sekitar lima ratus empat puluh lima milyar rupiah, yang berasal dari anggaran daerah dan anggaran provinsi. Sebagai kehormatan tersendiri, Stadion ini akan direncanakan menjadi tempat pembukaan Pekan Olah Raga Nasional tahun 2016 nanti.

Stadion ini dibangun dengan beberapa elemen yang berstandar internasional. Rumput yang sengaja ditam saja berasal dari luar negeri yang merupakan rumput kelas atas. Memiliki kapasitas 38 kursi penonton dan 72 ribu jika tanpa kursi penonton. Dan mungkin kapsitas kursi yang sangatlah besra itu dipastikan akan dapat menampung ribuan pendukung fanatic bola, sehingga diharapkan tidak lagi terjadi kericuahan yang terjadi di stadion ketika berlangsungnya pertandingan.

Stadion ini juga terbagi menjadi beberapa bagian yaitu, tempat lapangan sepak bola, lapangan atletik dan ruang-ruang kantor untuk pendukung stadion. Mushola dan sekitar 700 ruang toilet. Dan dengan demikian para pengunjung tidaklah perlu khawatir bila ingin berkunjung ke stadion ini. Karena stadion ini sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Selain itu juga, sebagai kewajiban dan tanggung jawab kita bersama, kita jug perlu menjaga kebersihan, kerapihan dan keindahan Gelora Bandung Lautan Api ini. Karena pada nantinya aka nada banyak pertandingan-pertandingan besar yang kan di gelar di Gelora Bandung Lautan Api ini.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply