Ngga PeDe dengan Wajah Berjerawat? Ini Tips Ampuh&Alami Menghilangkan Jerawat

Posted on
tips menghilangkan jerawat
tips menghilangkan jerawat

Jerawat? Siapa yang tak pernah mengalami wajah berjerawat. Tentunya bagi Anda terutama kaum wanita pasti sangat resah dan merasa tidak percaya diri bila ada jerawat di wajah. Meskipun hal yang sepele tapi itu dapat mengubah penampilan. Nah,Bagi Anda yang bingung cara mengatasinya maka saya akan memberikan beberapa tips bahan alami untuk menghilangkan jerawat yang mudah dan aman.

Sebelum Anda membeli obat atau ke dokter kecantikan,tidak ada salahnya dong,jika Anda mencoba terlebih dahulu di rumah menggunakan bahan alami,karena dengan menggunakan bahan alami manfaatnya juga tidak memiliki efek samping,murah dan bisa ditemukan di mana saja baik pasar tradisional maupun supermarket terdekat.Untuk mendapatkan hasil yang optimal Anda harus memakainya secara teratur tidak hanya sekali saja.

Ada beberapa faktor yang timbul menyebabkan Anda berjerawat yaitu :

  • Pubertas

Ketika Anda mengalami pubertas, maka jerawat akan timbul karena sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minyak semakin meningkat hal ini terjadi karena meningkatnya produksi hormon testosteron. Tetapi hal ini hanya sebagian orang saja yang mengalaminya.

  • Perubahan Hormon

Wajah berjerawat tidak hanya terjadi dikalangan remaja saja,tetapi orang dewasa pun juga mengalaminya. Hal ini terjadi dikarenakan adanya perubahan kadar hormon, biasanya lebih sering dialami oleh kaum wanita saat sedang menstruasi atau masa kehamilan. Jerawat muncul ketika menjelang menstruasi dan jika hamil, muncul jerawat biasanya terjadi ketika 3 bulan hamil pertama.

  • Kurangnya atau Terlalu Sering Cuci Muka

Penyebab timbulnya jerawat juga dialami ketika Anda kurang rutin untuk mecuci muka sehingga aktivitas kelenjar meningkat dan produksi sebum pada wajah meningkat kemudian bercampur dengan kotoran sel kulit yang mati menimbulkan akibat pada pori-pori tersumbat. Pada kejadian inilah bakteri Propionobacterium acnes menyebabkan jerawat berkembang dengan cepat. Tapi Anda juga tidak boleh sering mencuci muka karena ketika kulit wajah Anda kekurangan produksi minyak menyebabkan kulit memproduksi minyak berlebih. Setidaknya Anda cuci muka 2x sehari.

  • Menggunakan Make Up yang Berlebih

Jika Anda menggunakan make up berlebih dapat memicu timbulnya jerawat,maka jika Anda setelah memakai make up diusahakan membasuh wajah dengan bersih sampai tidak ada bekas make up yang menempel,selain memakai make up berlebih, jerawat juga muncul jika kulit wajah Anda tidak cocok dengan make up.

  • Makan-makanan yang Kurang Sehat

Ternyata,jika Anda mengonsumsi makanan yang kurang sehat maka jerawat akan timbul, maka Anda supaya lebih menjaga konsumsi makanannya,kurangi yang manis-manis mengandung penyedap rasa dan perbanyaklah minum air putih.

Nah,itu tadi adalah penyebab jerawat yang sering muncul pada wajah dan saya akan memberikan tips-tips untuk menghilangkan jerawat menggunakan bahan alami :

  1. Kentang

gambar kentang
gambar kentang

Kentang banyak mengandung vitamin dan mineral sehingga mampu menghilangkan jerawat Anda dengan mudah dan alami. Caranya cukup Anda iris tipis-tipis kemudian tempelkan pada jerawat Anda dan diamkan hingga beberapa menit,lalu bilas dengan air bersih.

  1. Lemon

menggunakan lemon
menggunakan lemon

Buah lemon memiliki kandungan Vitamin C, antioksidan dan asam askorbat-L sehingga dapat mengurangi masalah peradangan yang terjadi pada kulit berjerawat dan dapat membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Tidak hanya menghilangkan jerawat saja tetapi bekas noda pada jerawat pun hilang.  Caranya Anda dapat memotong menjadi beberapa bagian lalu peras dan perasan air tersebut oleskan pada wajah lalu diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Jika ingin, Anda juga dapat menambahkan madu secukupnya.

  1. Baking Soda

gambar baking soda
gambar baking soda

Nah,tahukan Anda? Baking soda tidak hanya digunakan dalam pembuatan kue saja,tetapi dapat mengatasi jerawat pada wajah Anda. Karena baking soda terdiri dari kristal sodium bikarbonat sehingga berfungsi untuk mengelupas sel kulit yang mati ketika digunakan sebagai scrub pembersih wajah. Caranya mudah Anda menuangkan beberapa sendok the baking soda lalu dicampurkan dengan air aduk hingga mengental lalu oleskan pada wajah diamkan 2 menit,lalu basuh dengan air hangat. Anda bisa menambahkan dengan pelembab alami seperti minyak kelapa atau minyak zaitun.

  1. Lidah Buaya

gambar lidah buaya
gambar lidah buaya

Siapa yang tak kenal dengan tanaman yang satu ini,yaitu lidah buaya. Lidah buaya memiliki banyak khasiat biasanya sebagai untuk perawatan rambut ataupun menyehatkan kulit. Ternyata Lidah buaya juga dapat menghilangkan jerawat pada wajah Anda karena mengandung zat aloesin dan polifenol sebagai anti bakteri sehingga dapat menghilangkan jerawat maupun bekas jerawat. Caranya cukup mudah, Anda dapat mengiris lidah buaya dan ambilah gel nya lalu oleskan pada wajah dan diamkan 30 menit kemudian bilas dengan air hangat.

  1. Bawang Putih

gambar bawang putih
gambar bawang putih

Jika Anda kesulitan mencari bahan untuk menghilangkan jerawat. Anda dapat menggunakannya dengan bumbu dapur yaitu bawang putih. Bawang putih mengandung senyawa thiacremonon sulfur berfungsi sebagai antiseptic dan antioksidan sehingga mampu menghilangkan jerawat.Caranya Anda dapat memblender bawang putih sampai halus kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat diamkan selama 2 menit,lalu basuh dengan air hangat.

  1. Jeruk Nipis

gambar jeruk nipis
gambar jeruk nipis

Jika Anda tak dapat menemukan jeruk lemon, Anda juga dapat menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat karena mengandung antioksidan.Caranya sama dengan jeruk lemon Anda memotong beberapa bagian lalu peras dan perasan air jeruk nipis oleskan pada wajah Anda,diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hangat.

  1. Tomat

gambar tomat
gambar tomat

Selain untuk kesehatan tubuh,tomat juga dapat menghilangkan jerawat. Tomat mengandung vitamin A dan C sehingga mampu menghilangkan jerawat pada wajah Anda. Anda dapat menghilangkan jerawat dengan cara digunakan sebagai masker wajah. Caranya iris tipis-tipis lalu tempelkan pada wajah. Cara kedua dengan memblender tomat lalu oleskan pada wajah. Diamkan 15 menit dan bilas dengan air hangat.

Nah,Bagaimana apakah Anda ingin mencoba menghilangkan jerawat dengan mudah dan alami? Selain tidak memiliki efek samping,wajah Anda akan lebih terlihat bersih dan cerah. Anda dapat menemukannya di pasar ataupun supermarket terdekat.

Sekian,semoga sukses dan bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply