Kasih Ibu Sepanjang Masa
Sayangi ibumu selagi masih ada waktu.

Kasih Ibu Sepanjang Masa

Posted on

Apa yang ada dalam pikiran kalian tentang ibu? Jika yang kita tau proses menjadi seorang ibu mengandung 9 bulan kemudian melahirkan. Melahirkan yaitu ujung dari sebuah sistem penantian yang sangat panjang dari kehamilan.Mungkin kita juga pernah mendengar istilah “ kasih sayang ibu sepanjang masa kasih sayang anak sepanjang galah “,istilah ini mengandung arti,”kasih sayang seorang ibu yang diberikan kepada anak nya seumur hidup,sedangkan kasih sayang seorang anak untuk orangtuanya itu memiliki batasan”. Tidak kah mereka melihat pengorbanan seorang ibu terhadap anaknya? Yang telah mengandung selama 9 bulan,dengan mempertaruhkan nyawanya yang berjuang untuk melahirkan  di sertai tangisan air mata kebahagiaan melihat anaknya telah lahir ke dunia.Sebagai firman ALLAH di bawah ini:

 “Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdo’a: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri ni’mat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai. berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (Qs. Al-Ahqaaf : 15)

 “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun . Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.”(Qs. Luqman : 14)

 

Kasih Ibu Sepanjang Masa

Tapi bagaimana bisa ibu diperlakukan seperti itu,seorang ibu tetaplah ibu yang mempunyai hati selembut sutra,tetap menyayangi dan mengasihi anak-anak nya.Masih kah mau menyakiti ibu? Sementara azab Allah itu sangat pedih.Ada banyak anak yang menyayangi ibu mereka,akan tetapi kasih sayang yang mereka kasih tetaplah belum bisa membalas kasih sayang yang diberikan ibu untuk mereka.Namun bagaimana dengan seorang ibu yang memarahi anaknya? Ketika seorang ibu melarang dengan memarahi kalian untuk hal ini dan itu,Bukan berarti ibu kalian itu benci akan tetapi ibu kalian itu sayang kepada kalian dan ibu kalian itu takuk akan kehilangan kalian,dan ibu kalian juga khawatir jika terjadi sesuatu dengan anaknya.Itulah salah satu bentuk kasih sayang seorang ibu dan perlindungan seorang ibu kepada anaknya.Sebagai anak sudah menjadi keseharusan menyayangi,mengasihi,merawat di usia senja sebagaiman ibu kalian yang menjaga dan merawat.janganlah sekali membuat hati ibu terluka,sebagaimana hadist dibawah ini :

 “Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, beliau berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.”

Doakan terus kedua orang kita sebagaimana orang tua yang selalu mendoakan kita tat kala kita sedang pergi jauh, keluar rumah tanpa pamit mereka tetap selalu mendoakan.  Jadi mulai sekarang sayangilah ibu kita selagi masih ada waktu, sebelum waktu itu berakhir.

 

 

 

 

 

Leave a Reply