panyajian makanan

Cara Menyajikan Makanan Ala Restoran

Posted on

Menyajikan makanan mungkin adalah hal biasa yang bisa jadi kamu anggap remeh. Padahal penyajian makanan adalah bukti seberapa serius kamu melayani pelanggan tersebut. Kalau kamu bisa menyajikan makanan secara baik, sopan, benar dan ramah, maka pelanggan juga akan senang menerimanya. Apalagi kalau kamu punya restoran sendiri, itu akan menjadi kunci utama kesuksesan sebuah restoran. Karena pelanggan akan menganggap bahwa restoran kamu itu pelayanannya baik.

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang bagaimana cara menyajikan makanan untuk pelanggan dengan baik, benar, sopan dan ramah.

  1. Memastikan bahwa makanan semuanya bersih dan steril

Sebelum kamu menyajikannya pada pelanggan, kamu supaya memastikan makanan tersebut bersih atau tidak. Jangan sampai ada rambut atau hewan kecil yang masuk dalam makanan tersebut. Karena hal ini menjadi pertaruhan yang penting. Jika di makanan itu ada barang lain maka pelanggan akan kecewa bahkan mengecap jelek restoran kamu. Jika sudah kamu pastikan bahwa di makanan tersebut tidak ada barang lain, maka kamu boleh menyajikannya pada pelanggan.

  1. Sajikan makanan dari sebelah kanan pelanggan

Ketika sudah memastikan semuanya bersih dan steril, barulah kamu menyajikannya. Dan sajikan makanan tersebut dari arah sebelah kanan pelanggan. Karena akan terlihat lebih sopan jika penyajian dari arah kanan pelanggan. Kecuali jika di sebelah kanan pelanggan ada tiang atau tembok yang menghalangi, kamu boleh menyajikan makanan dari arah kiri.

  1. Mengucapkan permisi saat makanan akan di sajikan

Dengan kamu mengucapkan “permisi” maka sebenarnya kamu sama denagn meminta izin untuk menaruh makanan di meja pelanggan. Dan akan terlihat lebih sopan jika kamu mengucapkan “permisi” terlebih dahulu dari pada tidak mengucapkan sama sekali. Seandainya kamu langsung menaruh pesanan tanpa mengucapkan permisi, juga akan terlihat aneh dan kurang sopan.

  1. Letakkan pesanan dengan perlahan dan menyebutkan menu yang di pesan

Selanjutnya, ketika kamu meletakkan sajian di meja pelanggan, supaya hati-hati dan perlahan. Karena tidak baik jika kamu menyajikan makanan dengan tergesa-gesa, apalagi kalau piring atau gelasnya sampai terdengar benturan meja. Karena pelanggan mungkin akan terganggu dengan hal tersebut. Ada pepatah yang mengatakan bahwa pelanggan adalah raja. Maka dari itu kamu harus melakukan yang terbaik untuk pelanggan. Supaya pelanggan tidak menggap kalau kamu tidak peduli dengan mereka.

Jangan lupa juga untuk selalu mengucapkan menu makanan yang kamu bawa. Jadi ketika kamu akan menaruhnya di meja, kamu sambil mengucapkan nama pesanan tersebut. Contonhya 1 piring nasi goreng special….dll.

  1. Ucapkan selamat menikmati

Sebelum mengucapkan “selamat menikmati” tanyakanlah terlebih dahulu apakah pelanggan kamu akan memesan sesuatu lagi atau tidak. Karena mungkin ada pesanan yang tertinggal atau telat untuk memesannya. Tapi kalau di restaurant international biasanya menanyakan “mau makanan penutup atau dessert apa?”

Tahap yang terakhir untuk penyajian makanan adalah mengucapkan “selamat menikmati” pada pelanggan. Dengan hal tersebut akan mampu membangun kesan yang baik pada pelanggan. Karena pelanggan akan merasa dihargai dan dihormati oleh pelayannya. Maka dari itu selalu lah mengucapkan hal-ahal baik ketika akan menyajikan makanan.

Itulah beberapa langkah menyajikan makanan ala restoran. Penting banget untuk kamu yang berbisnis restoran. Karena harus memahami bagaimana pelayanan yang baik, benar, sopan dan ramah. Supaya restoran kamu terkesan positif. Dan dari kesan yang positif itu pelanggan akan merasa nyaman untuk makan di restoran kamu lagi. Bahkan pelanggan itu membawa teman-teman kerjanya untuk makan di restoran kamu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sudah mau membacanya.

Leave a Reply