sedih
sedih

Obat Ampuh untuk Hati yang Sedih

Posted on

Mengalami rasa sedih merupakan sifat alami yang di miliki oleh setiap manusia. Biasanya rasa sedih ini muncul akibat dari tidak menerimanya seseorang pada keadaan. Seperti merasakan kehilangan,kegagalan, kekecewaan, stress, atau mengalami rasa patah hati. Orang yang sedang mengalami rasa sedih biasanya akan muncul tetesan dari air matanya. Menangis lah yang akan di lakukan seseorang untuk meluapkan rasa sedihnya. Akan tetapi orang yang menangis belum tentu bersedih. Karena ada juga orang yang menangis disebabkan oleh perasaan senang atau terharu.

menangis sebab perasaan
menangis sebab perasaan

Bersedih merupakan sesuatu hal yang diperbolehkan dan memiliki dampak baik bagi tubuh. Yakni dapat membersihkan racun dan meluapkan rasa emosinya yang terpendam. Akan tetapi, rasa sedih juga dapat berdampak buruk bagi tubuh jika terjadi secara terus-menerus.

Adakalanya, seseorang tidak bisa menghindari pada kesedihan yang di alaminya. Perasaan ini sangatlah manusiawi. Biasanya muncul sebagai reaksi terhadap perubahan dan pengalaman hidup tertentu.

Menurut agama Islam, kesedihan yang berlarut-larut tidak di perbolehkan. Contohnya, kesedihan yang berlarut-larut adalah menangis berhari-hari tanpa henti karena ditinggal oleh orang yang di cintainya. Menangis dalam waktu yang lama, sehingga melupakan beribadah kepada Allah dan bersedih hingga melukai pada dirinya sendiri.

Setiap orang memiliki kemampuan untuk membahagiakan dirinya sendiri dan ada berbagai cara agar dapat mengembangkan kemampuannya.

  1. Menemukan kebahagiaan di dalam diri

Penelitian membuktikan bahwa memiliki sifat yang mudah tertawa dan tersenyum dapat memperbaiki suasana hati dan membuat perasaan menjadi bahagia. Selain itu, di saat sedang tertawa otak akan melepaskan hormon endorfin, senyawa kimia yang bisa memperbaiki suasana hati.

  1. Memahami kesedihan yang di rasakan

Kesedihan bisa timbul karena adanya berbagai pengalaman duka . kesedihan adalah emosi yang tidak menyenangkan yang biasanya bersifat sementara. Pada umunya, berasal dari faktor eksternal seperti putus cinta, pertengkaran, kehilangan orang yang di cintainya, dan lain sebagainya. Kesedihan adalah emosi normal yang akan di alami oleh setiap manusia pada berbagai situasi dalam kehidupan mereka. Kesedihan yang timbul merupakan reaksi atas pengalaman duka dan akan mempengaruhi pada konsentrasi, nafsu makan, dan pola tidur.

  1. Melakukan kegiatan yang menyenangkan

Salurkan emosi negative atau perasaan tertekan yang sedang di alaminya melalui berbagai kegiatan. Lakukanlah hal-hal yang membuat hati dan dirinya menjadi senang dan rileks. Seperti belajar fotografi, melukis, menulis puisi, dan lain sebagainya. Carilah kegiatan yang memberikan pada rasa damai. Dan membebaskan dari masalah sehari-hari. Bukan berarti “melarikan diri” dari kesedihan, tapi dengan cara inilah membuat lebih kuat untuk menghadapi kesedihan dengan memberikan waktu bagi diri sendiri untuk melakukan apa yang di sukainya. Carilah kegiatan baru untuk bisa di lakukan. Melakukan hal-hal yang baru bisa menyemangati lagi pada hidup Anda. Melakukan suatu kegiatan atau hobi merupakan kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang yang pola pikirnya sama.

  1. Menjalani kehidupan social

Faktor penting dalam meraih kebahagiaan adalah kontak dan dukungan. Bercerita dengan teman tentang apa yang sedang dialaminya bisa mengurangi kesedihan. Sebab, Anda akan tahu bahwa ada seseorang yang peduli kepada Anda. Mengeluarkan suara dan mengungkapkan kesedihan adalah cara menyalurkan pada emosi. Anda pun juga bisa menjelaskan dengan tepat apa yang di rasakannya sebab perasaan harus di wujudkan melalui ucapan.

Interaksi sosial juga dapat membebaskan pada pikiran dari kesedihan selama beberapa jam. Berbicara dengan orang lain bukan hanya sekedar basa-basi namun juga dapat mengubah suasana yang bisa memperbaiki pada suasana hati.

Dalam agama Islam pun ada beberapa cara yang dapat merubah hati yang sedang sedih :

menangis
menangis
  1. Ingatlah bahwa Allah bersama kita

Seberat apapun kesulitan dan kesedihan yang di alami dan di rasakannya kita tidaklah sendirian. Karena Allah selalu bersama kita. Tidak perlu di khawatirkan lagi. Dialah pemilik segalanya di dunia ini, Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Allah Maha Penyayang dan Maha Pengasih, Allah tidak akan membiarkan hambanya berlarut-larut dalam kesulitan. Dalam kesulitan pasti ada kemudahan. Dengan mengingat Allah akan membuat hati dan fikiran menjadi tenteram.

  1. Berdzikir

Memuji Allah dengan berdzikir tidak hanya mendapatkan pahala karena merupakan Sunnah Rasul. Berdzikir juga dapat membuat hati menjadi tenang. Sehingga kesedihan akan mereda dengan berjalannya waktu.

  1. Istighfar

Pada umumnya, apabila terjadi sesuatu yang bersangkutan dengan emosi biasanya sesama agama Islam disarankan untuk beristighfar. Karena dengan membaca istighfar, dapat menenangkan hati yang sedang kacau seperti bersedih.

  1. Shalat Sunnah

Shalat emrupakan bentuk komunikasi hambanya kepada Allah SWT. Ketika sedang mengalami masalah, mengadulah kepada Allah. Hal ini merupakan solusi yang tepat bagi umat Islam. Meski tidak berkomunikasi kepada Allah selayaknya kepada manusia, percayalah bahwa Allah mendengar dan melihat kita. Allah akan selalu memberi solusi atas permasalahan yang sedang kita hadapi dengan caranya sendiri. Shalat dapat membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang.

  1. Membaca Al Quran

Membaca Al Quran merupakan salah satu cara yang dapat menghilangkan kesedihan menurut agama Islam. Al Quran dapat dibaca kapan saja, dan bagaimana pun keadaannya baik ketika merasa senang atau sedih, maupun saat merasa lapang atau sulit. Al Quran memiliki mukjizat yang sangat luar biasa, selain itu mendapatkan pahala. Membaca pada kitab suci Al Quran dapat membuat hati menjadi tenang.

Segala sesuatu yang terjadi di dunia ini semua atas kehendak Allah SWT. Penilaian baik dan buruk pada sutu peristiwa yang menimpa pada kita adalah dari kita sendiri. Maka dari itu, percayalah bahwa Allah senantiasa memberikan kebaikan kepada kita.

Demikianlah cara-cara menghilangkan kesedihan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply