5 Perubahan Pada Bayi Umur 3 Bulan

Posted on

Pertumbuhan bayi adalah suatu hal yang dinanti oleh banyak orang tua, dari mulai bayi itu lahir sampai masa masa pertumbuhannya menuju masa balita, pasti akan banyak hal yang akan mengejutkan anda karena perubahannya.

Mamun taukah anda, jika diumur bayi yang menginjak 3 bulan akan mengalami perubahan apa saja? Berikut adalah penjelasan mengenai perubahan bayi diusia 3 bulan.

1. Prilaku

Hasil gambar untuk bayi 3 bulan bergerak

Menginjak usia 3 bulan pertamanya bayi mulai bisa mengangkat kepalanya, baik saat digendong maupun saat tengkurap. Ini merupakan reflek dari ototnya yang mulai kuat untuk menggerakkan tubuhnya. Tidak hanya mengangkat kepala bayi juga bisa mengangkat dada, menendang nendangkan kakinya dengan kencang. Saat bayi tengkurap berilah ia mainan dan cobalah untuk mengulurkan mainan itu untuk membuktikan apakah ia akan mencoba meraihnya atau tidak.

Dan cobalah untuk menegakkan tubuh bayi pada posisi berdiri,ia akan senag kegirangan dengan aktivitas ini. Perkembangan juga terlihat dari tangan, selain bisa  menyatukan tangannya dan memegang benda dengan kedua tangannya.

Sebagian besar bayi diusia 3 bulan sudah bisa menggulingkan tubuhnya sendiri tanpa bantuan siapapun, namun perlu disadari bahwa hal ini tugas untuk orang tua untuk tidak membiarkan buah hati sendirian.

2. Mengoceh

Gambar terkait

Anda akan sering mendengar bayi anda mengoceh setiap hari, itu adalah perubahan dalam hal komunikasidan berekspresi. Seing serinlah anda mengajak bayi anda berbicara seperti mengenalkan orang orang yang ada dirumah atau benda benda yang ada disekitarnya. ini merupakan cara agar bayi anda bisa mengembangkan IQ nya saat besar nanti.

Meskipun bayi tidak bisa meniru apa yang anda ucapkan namun bayi sudah bisa menyimpan pada apa apa yang ia dengar dengan baik. Cobalah juga untuk melatih linguistiknya seperti menggunakan dua bahasa yang digunakan sejak lahir, hal ini akan bisa memperluas linguistiknya dan saat bermanfaat saat ia sudah dewasa.

3. Waktu Tidur

 

Hasil gambar untuk bayi 3 bulan tidur

Bayi akan lebih efektif dalam masalah tidur, mungkin ia akan sesekali bangun saat tengah malam karena minta susuan dari ibu. Ia akan tidur malam lamanya sekitar 6-8 jam dan tidur disiang hari lamanya sekitar 2-4 jam.

4.  Kemampuan Indra

Gambar terkait

Dalam hal ini bayi akan lebih peka terhadap perubahan lingkungannya, saraf saraf pada tubuhnya mengkoordinir indranya untuk merasakan apa yang diketahui oleh indra bayi tersebut sehingga bayi bisa mengenali benda atau seseorang yang ada disekitarnya. Bayi juga mulai tertarik melihat bayangannya di cermin dan tersenyum bahagia saat melihat wajah ibunya.

Pada usia 3 bulan, bayi juga menyukai pada sentuhan, kenalkan anak pada benda benda yang memiliki tekstur yang berbeda beda seperti kasar dan halus, seringlah mengajak ia bermain dengan mengulurkan mainan pada bayi anda, mungkin akan melihat bagaimana cara ia mencoba meraihnya. Saat mendengar suara yang ia kenal seperti suara ayah dan ibunya ia akan merespon dan menoleh kearah suara itu dan juga mulai menyukai suara musik.

5. Perubahan Fisik

Gambar terkait

Pada Baby Boy

  • Berat: 5,1-7,5 kg
  • Panjang: 57,6-65,3 cm
  • Lingkar Kepala: 38,3-42,7 cm

Pada Baby Girl

  • Berat: 4,6-7,4 kg
  • Panjang: 55,3-66,8 cm
  • Lingkar Kepala: 37,2-47,9 cm

Jangan khawatir jika bayi sering haus,dan kelihatan lapar namun ia terlihat agak kurus, ini merupakan percepatan pertumbuhan pada tubuh bayi. Ini dibuktikan pada peregangan pada otot ototnya pada tubuhnya.

Anda meski waspada jika bayi anda tidak mengalami perubahan seperti yang disebut diatas seperti:

  1. Kepala belum tegak
  2. Belum bisa menggenggam benda
  3. Belum bisa memehartikan  benda bergerak
  4. Belum bisa tersenyum
  5. Tidak bereaksi terhadap suara keras
  6. Tidak memerhatikan suara baru
  7. Rewel saat bertemu orang baru atau lingkungan baru
  8. Jari masih mengepal

Jika anda menemukan keterlambatan silahkan anda konsultasi kedokter spesialis anak atau bawa sikecil keklinik tumbuh kembang anak.

Itulah beberapa penjelasan tentang perkembangan bayi usia 3 bulan, semoga arikel ini bermanfaat.

Leave a Reply