Tips Menarik dan Mudah Agar Anak Hafal Alquran

Posted on
Orang tua mengenalkan pada alquran
Orang tua mengenalkan pada alquran

Memiliki anak menjadi seorang penghafal alquran,merupakan keinginan bagi setiap orang tua. Bagaimana tidak? Jika anak hafal alquran maka akan mulia disisi Allah dan orang tua mendapatkan mahkota mulia dari sang anak.  Dari riwayat Hadist bahwa Nabi bersabda : Orang yang hafal Alqur’an dan Alqur’an datang dan berkata : “Wahai tuhan,pakaikanlah dia dengan pakaian yang baik lagi baru.” maka dia diberi mahkota  penghormatan.  Alqur’an berkata lagi : “Wahai Tuhan tambahkanlah pakainannya”. Kemudian orang itu diberi pakaian kehormatannya. Kemudian Alqu’ran berkata lagi : “Wahai Tuhan, ridhoilah dia.” Maka kepadanya dikatakan, “Baca dan Naiklah”.  Maka jika orang tua mempunyai pendapat yang sama,maka generasi ini akan lebih baik dan cinta Alquran dan akan menjadi sebaik-baiknya makhluk di muka bumi. Bahwa ada dalil menerangkan : “Sebaik-baik kalian adalah orang yang membaca Alqur’an dan mengajarkannya”. Maka bagi para orang tua yang ingin anaknya menjadi seorang penghafal alquran, berikut tips yang saya berikan bagi Anda !

Memiliki Niat yang Ikhlas Karena Allah

Jika orang tua ingin mempunyai anak penghafal alquran, maka mulailah dengan niat ikhlas semata-mata mencari pahala untuk meningkatkan derajat surga orang tua di surge nanti. Jangan sampai orang tua memiliki niatan lain, agar Allah juga memudahkan jalan agar anak selalu diberi petunjuk dalam menghafal.

Memulai dari Semua yang Halal

Para orang tua supaya memperhatikan pola makan, berusaha memberikan makanan bersifat halal agar anak menjadi sholeh/sholehah terutama menjadi penghafal alquran. Serta orang tua juga selalu mendoakan anaknya agar anak mudah untuk dididik. Hal ini juga diriwayatkan oleh hadits Nabi :“Wahai Sa’ad perbaikilah makananmu,makanlah dari makanan yang baik-baik. Niscaya kamu akan menjadi yang mustajab doanya”.

Memulai Mendidik Sejak Bayi/Sedini Mungkin

anak penghafal alquran
anak penghafal alquran

Orang tua jika memiliki anak yang masih diusia sangat dini atau masih bayi maka itu lebih baik. Karena dengan mengajarkan alqur’an sedini mungkin maka sang anak akan cepat merespon pendengarannya,sehingga ketika diajarkan alqur’an otak akan mengolah apa yang didengar pada bayi atau balita dan bisa saja pengucapannya otomatis dapat meniru apa yang didengarnya. Maka orang tua mulailah selalu mengenalkan alqur’an pada sang anak,mengenal huruf-huruf hijaiyyah,membacakan alquran dan mendengarkan murottal.

Selalu Membacakan Alquran atau Mendengarkan Murottal dalam Setiap Waktu

Sama halnya seperti yang saya bahas di atas, para orang tua juga mendidik anak mulai dari masa kehamilan,seringlah membaca alquran,di kesempatan lain juga harus sering mendengarkan murottal alquran. Lalu ketika usia bayi-balita selalu ajarkan anak dalam membaca dan menghafal alquran. Karena diusia balita inilah perkembangan sel otak anak lebih cepat sehingga ingatan sang anak lebih kuat daripada ketika memasuki usia sd. Ketika usia sd maka sel otak anak akan berkurang berapa persen sampai seterusnya. Maka seseringlah mengajarkan Alquran kapanpun dan dimanapun. Selain itu, ketika anak sudah dapat berbicara maka perkataan yang terucap terlebih dahulu adalah ayat suci alqur’an.

Memberikan Contoh yang Baik Bagi Sang Anak

Orang tua juga harus memberikan teladan bagi anak,karena anak akan melihat tingkah laku kita dalam kehidupan sehari-hari. Jika orang tua melakukan hal-hal yang baik secara otomatis anak akan mengikutinya. Jika orang tua menginginkan anaknya menjadi penghafal alquran maka orang tua juga memberi teladan seputar alquran kepada anaknya.

Mencari Metode Mengajar yang Unik

Diusia balita memang anak lebih cenderung untuk bermain. Maka para orang tua supaya mencari metode yang unik bagi sang anak agar tidak mudah bosan, menentukan strategi anak dalam mengajarkan menghafal alquran,memberikan arahan-arahan yang baik. Orang tua jangan terlalu memaksimalkan waktu atau menuntut pada anak untuk menghafal alquran,karena tidak bisa dipaksakan memang usia anak adalah masa-masa bermain.

Memberikan Hadiah/Penghargaan Kepada Anak

Setiap anak pasti memiliki rasa jenuh ataupun bosan dalam menghafal,maka orang tua harus memberikan dukungan dan motivasi kepada anak agar selalu semangat dalam menghafal,ceritakanlah contoh-contoh seseorang atau para ulama yang menjadi penghafal alquran atau kerabat-kerabat yang telah mampu dalam menghafal. Jangan lupa orang tua juga selalu memberikan hadiah/penghargaan kepada sang anak ketika berhasil mencapai hafalan pada tiap juz atau beberapa surat,karena hadiah juga penting untuk diusia anak-anak agar selalu semangat dan termotivasi dalam menghafal.

Selalu Konsisten dan Istiqamah dalam Menghafal Meski Ada Hambatan

orang tua mendidik dalam menghafal alquran
orang tua mendidik dalam menghafal alquran

Kesemangatan dalam mencari pahala ada kalanya naik turun,maka para orang tua harus sabar dan selalu konsisten dalam mendidik anaknya agar menjadi penghafal alqur’an, lebih baik mengajarkan untuk menghafal ayat sediki demi sedikit, tetapi terus istiqamah karena itu hal yang lebih baik. Apapun hambatan yang dialami para orang tua tetap tabah, tekun dan berdoa kepada Allah agar selalu dimudahkan jalannya. Bahwa di Hadist dijelaskan : Dari Aisyah RA,Nabi bersabda yang artinya :
Orang yang membaca dan menghafal Alqur’an, dia bersama para malaikat yang mulia. Sementara orang yang membaca Alqur’an,dia berusaha menghafalnya, dan itu menjadi beban baginya maka dia mendapat dua pahala. (HR.Bukhari 4937).

Tetap Selalu Sabar,Khusnudhan dan Memohon kepada Allah

Terakhir,setelah orang tua berusaha mendidik seperti yang sudah dibahas tadi, kemudian orang tua supaya tawakal kepada Allah,serahkan semuanya,selalu sabar dan khusnudhan yakin bahwa orang tua berusaha semaksimal mungkin jika anak yang didiknya pasti akan berhasil  sesuai apa yang didambakannya. Tidak mudah putus asa dan selalu berdoa kepada Allah agar jalannya dimudahkan dan tetap selalu istiqamah dalam menghafal alqur’an. Ada Imam yang mengatakan:
“Barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil”. (Imam Al Ghoziy). Salah satu kunci keberhasilan adalah istiqamah,ikhtiar,berdoa dan tawakal kepada Allah, karena Allah juga bersama persangkaan hambanya. Allah juga berfirman : “Berdoalah kepadaku niscaya akan aku kabulkan doamu”. (QS Al Mu’min 60).

Demikianlah tadi beberapa tips menarik dan mudah agar anak hafal Alqur’an. Orang tua yang menginginkan anaknya agar menjadi hafidz Alqur’an sangatlah mulia disisi Allah. Sekian semoga bermanfaat.

Leave a Reply