Gedung Sate, Bangunan Kuno nan Gagah di Kota Bandung!

Posted on

Disebut Gedung Sate karena terdapat tiang yang mirip dengan tusuk sate di bagian atap gedung. Gedung ini dibangun pada tahun 1920 dan baru selesi pada tahun 1924. Dalam proses ppembangunan Gedung sate ini mengerahkan 2000 orang pekerja. Para pekerja yang dipekerjakan bukanlah pekerja Romusha melainkan pekerja yang dibayar. Banguanan gedung ini pun melibatkan sejumlah pekerja asing misalkan dari negeri Cina. Dan adapun arsitek yang berperan dalam proses pembangunan ini adalah Jon Gebet. Dan sungguh bangunan kuno nan gagah ini masih berdiri sampai sekarang.

gedung-sate

Bila anda masuk ke dalam gedung akan terlihat lampu-lampu besar yang menghiasi interior. Lampu-lampu yang menggantung dengan cantiknya sampai sekrang ini. Dan adapun desain gedung ini didominasi dengan warna putih. Tidaklah heran jika Gedung Sate ini juga di kenal dengan Gedung Putih milik kota Bandung karena Gedung ini mirip dengan Gedung Putih yang ada di Amerika. Di bagian tengah menara ini terdapat sirine yang poada jaman Belanda dulu digunakan sebagai pemberi tanda akan adanya perang. Dan katanya bunyi sirine ini dulu santer terdengar sampai radius 20 kilometer.

Gedung Sate ini juga berlokasi di Jalan Diponegoro 22 bandung, saat ini fungsi utama sebagai kantor pusat pemerintahan gubernur Jawa Barat. Dan akantetapi dengan seiringnya perkembangan gedung ini juga menjadi salah satu lokasi wisata yang ada di bandung yang paling popular. Gedung Sate bahkan ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan. Dan pada akhir pekan juga lapangan yang berada tepat di depan gedung pun banyak beralih fungsi, menjadi lokasi Gasebu SunMor Activity atu yang disebut pasr kaget.

Dulu Gedung Sate ini dikenal dengan nama Gb atau Gouvernements Bedrijiven. Mungkin dari namanya diketahui juga bahwa pada jaman Belanda dulu Gedung Sate memiliki fungsi sebagai pusat pemerintahan Belanda. Gedung ini memilki 5 lantai. Lantai 1 sekarang digunakan untuk poliklinik dan basement. Lantai 2 sebagai kantor pemerintahan gubernur Jawa Barat. Lantai 3 terdapat ruang kerja wagub Jawa Barat. Lantai 4 difungsikan sebagai ruang pameran. Dan adapun runag 5 dijadikan pemandangan.

Oke, sekian penjelasan tentang Gedung Sate dari saya. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda para pembaca.

Incoming search terms:

  • gedung sate bandung kartun
Gravatar Image

Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply