13 Tips&Trik Menghafal Alquran dengan Mudah dan Cepat

Posted on

Menghafal Alqur’an, merupakan dambaan bagi setiap orang yang memahami keutamaannya dalam menghafal alqur’an. Jika dalam diri sudah berniat untuk menghafal alqur’an pasti Allah memudahkan jalan baginya dan Allah juga memberikan pahala terhadap hamba tersebut.
Bagaimana? Belum menghafal baru memiliki niat saja sudah tertulis pahala,apalagi jika proses menghafal  ataupun sudah hafal alqur’an. Pasti banyak keutamaan yang luar biasa di dalamnya.
Nah,bagi Anda yang memiliki niat untuk menghafal alqur’an tetapi masih bingung, berikut tips yang saya berikan untuk Anda. Mari simak metode ini !

gambar menghafal alquran
gambar menghafal alquran

1. Memulai Dengan Hati dan Niat yang Ikhlas

Jika Anda ingin memulai menghafal alqur’an, maka harus memiliki hati dan niat yang ikhlas. Semata-mata hanya untuk mendapat pahala agar masuk surga dengan derajat tinggi dan ingin memberikan mahkota kepada kedua orang tua. Jika Anda sudah memiliki niat seperti itu,insyallah Allah akan membuka jalan bagi Anda dalam menghafal alqur’an,jangan sampai kita sombong,maka Allah akan menjauh kepada kita dan sulit untuk mencoba menghafal alquran kembali.

2. Memulai Dari Sekarang

Setelah Anda memiliki niat ikhlas maka,mencoba menghafal dari sekarang,tidak perlu ditunda-tunda,karena tidak ada kata terlambat untuk menghafal alquran. Allah senang terhadap hambanya yang mau berusaha. Maka dimulailah dari sekarang.

3. Meminta Ridho Orang Tua dan Berdoa Kepada Allah Agar dimudahkan dalam Proses Menghafal

Jangan lupa,walaupun menghafal alquran kegiatan sangat positif Anda harus tetap meminta ridho kepada orang tua agar proses dalam menghafal nanti dimudahkan,karena ridho Allah juga terletak kepada ridho orang tua,sebagaimana yang disabdakan Nabi dalam Hadist. Anda juga berdoa memohon kepada Allah untuk dimudahkan dalam proses menghafal alquran. Karena jika Anda sudah memasuki tahap menghafal banyak rintangan-rintangan yang terjadi pada Anda, Agar tidak putus asa di pertengahan,maka dimulailah berdoa dari sekarang dan selalu tetap meminta dukungan serta motivasi agar Anda selalu semangat dalam proses menghafal.

4. Menggunakan Cetakan Alquran Hanya Satu Mushaf Saja

gambar alquran
gambar alquran

Jika Anda sudah memulai untuk menghafal alquran,sebaiknya Anda menggunakan satu mushaf saja. Karena ini akan mempengaruhi hafalan Anda,jika Anda sering mengganti-ganti mushaf maka hafalan Anda kurang maksimal dan terasa bingung dalam mengingat hafalan. Semua mushaf Alqur;an tidak sama letaknya contoh ada yang setiap sudut diakhiri ayat,ada yang setiap sudut masih melanjutkan ayat atau setiap halaman jumlah baris berbeda-beda. Saya sarankan,sebaiknya Anda menggunakan mushaf yang terdiri 15 baris dan setiap sudut diakhiri ayat.Hal ini mempermudah proses menghafal.

5. Membaca dan Dihafal Secara Berulang-ulang

Setelah Anda menggunakan satu mushaf maka Anda segera mulai menghafal ayat, diurut dari yang paling mudah, lalu Anda membaca Alquran dulang-ulang sebanyak 15-20 x atau tergantung kekuatan Anda dalam menghafal. Kemudian setelah dibaca lalu dihafal tanpa melihat mushaf. Semakin banyak pengulangan ayat yang Anda hafal, maka semakin kuat pula ingatan Anda dalam ayat yang dihafal.

6. Menyetorkan Hafalan Kepada Guru atau Qori yang Lebih Ahli

Setelah Anda menghafal ayat tersebut, supaya disetorkan kepada guru Anda yang lebih Ahli dalam menyimak hafalan,sekiranya yang bacaannya lancar,bagus dan telah faham dalam ilmu tajwid,seperti imam-imam masjid,guru ngaji,atau guru tahfidz. Hal ini bertujuan agar hafalan Anda untuk kedepannya lebih bagus dan sempurna. Upayakan menyetorkan minimal satu kali dalam sehari tidak harus menunggu satu halaman atau satu lembar. Sesuai kemampuan Anda dalam menghafal agar dapat menambah hafalan baru dan bisa menjadi semangat dan motivasi untuk terus menghafal alquran.

7. Melakukan Metode Menghafal yang Pas Untuk Anda

Ketika Anda,telah mengetahui cara proses menghafal dan bertemu para penghafal alqur’an, maka Anda pasti menemukan banyak metode dari mereka. Maka Anda jangan kaget,karena setiap orang memiliki metode yang berbeda-beda. maka supaya memilih metode yang pas untuk Anda jangan dipaksakan sama dengan orang lain,karena kemampuan seseorang dalam menghafal berbeda-beda.

8. Komitmen dan Istiqamah dalam Menghafal Tidak Perlu Banyak

Jika Anda dalam menghafal tidak perlu terburu-buru atau banyak ayat yang dihafal,hal ini akan menjadi lebih sulit untuk mengingatnya. Bahkan mudah lupa ayat yang telah dihafal. Anda cukup komitmen dan selalu istiqamah. Misalnya,jika Anda menghafal hanya satu atau dua ayat saja dalam sehari tetapi terus istiqamah maka itu lebih baik dan hafalan Anda jauh lebih kuat daripada menghafal banyak tetapi tidak komitmen dan istiqamah.

9. Mencari Waktu Terbaik Untuk Menghafal

Bagi Anda jika ingin hafalan lebih kuat coba untuk mencari waktu tepat untuk menghafal, seperti waktu 1/3 malam yang akhir,ketika setelah solat subuh, di waktu dhuha, atau sore hari. Dengan Anda komitmen dalam memilih waktu menghafal maka itu lebih baik. Tapi bukan berarti selain waktu itu tidak baik,Anda tetap boleh-boleh saja menghafal.

10. Selalu Menjaga Hafalan dan Konsisten Dalam Murojaah

Setelah Anda mempunyai hafalan alqur’an, maka Anda harus ingat berarti Anda telah memiliki tanggungan untuk menjaga hafalan tersebut. Anda harus memiliki waktu-waktu khusus untuk mengulang/murojaah hafalan Anda seperti ketika waktu luang, disaat mau tidur, atau berjalan kaki saat keluar. Anda juga dapat membiasakannya dalam waktu sholat, baik sholat fardhu atau sunnah. Terutama diwaktu 1/3 malam,Anda dapat menggunakannya karena di 1/3 malam tersebut memiliki waktu cukup panjang.

11. Jangan Memperbanyak Berbicara,Memiliki Waktu Luang atau Tidur

Jika Anda mengetahui metode dalam menghafal,sebaiknya Anda juga melakukan hal yang berkaitan dengan bantuan dalam menghafal. Walaupun Anda belum menjadi seorang hafidz qur’an, tetapi 50% Anda telah menjadi seorang tahfidzul quran,maka perlu hati-hati dalam melakukan hal,tidak sembarangan. Seperti mengurangi untuk berbicara yang tidak penting,mengurangi waktu tidur,jika Anda memiliki waktu luang gunakan sebaik mungkin untuk menghafal ataupun murojaah,karena pada dasarnya seorang tahfidzul quran akan sibuk dengan alqurannya,tidak memiliki waktu luang sedikitpun.

12. Menjaga Pola Makan dan Selalu Memiliki Adab Sesuai Tuntunan Dalam Alqur’an

Anda juga perlu menjaga pola makan, seorang tahfidzul qur’an harus makan-makanan yang halal,dan tidak mengandung zat yang dapat mengurangi hafalan, seperti micin,penyedap rasa,harus membeli daging yang disembelih dengan nama Allah, dsb. Anda juga harus bertingkah yang baik sesuai dengan tuntunan Alqur’an, karena jiwa kita telah menyimpan firman Allah,jadi perlu dijaga tingkah lakunya, tidak pantas bukan,seorang penghafal alquran tetapi tingkah lakunya tidak sesuai dengan Alqur’an,

13. Memperbanyak Mendengarkan Murottal/Ayat Suci Alquran

Satu hal lagi yang perlu diketahui, Anda juga harus menjauhi mendengarkan musik,karena musik dengan alqur’an saling bertolak belakang. Lebih baik Anda mendengar murottal bukan? Hal itu juga dapat membantu Anda dalam menguatkan hafalan selain itu,Anda juga mendapatkan pahala.

Itulah beberapa metode dalam menghafal alquran bagi Anda, bagaimana, apakah Anda termotivasi dalam menghafal?, Tunggu apa lagi, Mulailah dari sekarang, jangan disia-siakan waktu Anda.

Sekian,semoga bermanfaat.

Leave a Reply