Makna Sumpah Pemuda
Makna Sumpah Pemuda

Makna Sumpah Pemuda

Posted on

 

Sumpah pemuda adalah salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakkan kemerdekaan Indonesia.Ikrar ini dianggap  sebagai semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya Negara Indonesia.

Makna Sumpah Pemuda

Sebagai warga Negara republic Indonesia , kita sudah mengenal tentang sumpah pemuda . Sumpah Pemuda telah dirumuskan oleh pemuda dan pemudi bangsa Indonesia pada tanggal 28 oktober  1928 yang pada saat berlangsungnya Kongres  pemuda Indonesia II yang berlangsung diBatavia (pada saat itu Jakarta masih bernama Batavia). Perlu anda ketahui , kongres pemuda II merupakan lanjutan dari kongres pemuda I yang dilaksanakan dari sebelumnya yaitu pada tanggal 30 april sampai 2 mei 1926.

Kongres Pemuda Indonesia II ini dilahirkan sebuah sumpah yang menunjukkan tentang eksistensi negara Indonesia pada saat itu. Bunyinya yaitu terkandung pada Sumpah Pemuda mempunyai makna yang mendalam bagi pemuda dan pemudi dalam mencintai dan mengakui tanah air Indonesia . Sebetulnya, sebutan dari Sumpah Pemuda tidak dibahas dalam jalannya Kongres Pemuda II itu sendiri, tepi diberikan setelah kongres tersebut  sudah selesai. Kehadiran  dalam Sumpah Pemuda merupakan titik awalnya sejarah kemerdekaan indonesia sendiri. Adapun bunyi  dari Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut.

                                     Sumpah Pemuda

Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu , tanah air Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu ,

bangsa Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan ,

bahasa Indonesia.

Makna yang terdapat dari sumpah pemuda merasa sangat mendalam karena berisi dari cita-cita pemuda dan pemudi pada saat itu untuk mempersatukan rakyat dalam bangsa Indonesia. Mulai adanya  Sumpah Pemuda, segenap pemuda-pemudi diajak untuk saling menjaga tanah air Indonesianya dalam hal apapun itu . Semenjak Indonesia menyatakan kemerdekaannya, maka dari situlah setiap tanggal 28 Oktober Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda.

Sebetulnya , Dari isi dari Sumpah Pemuda ini menyasarkan  kepada pemuda dan pemudi di Indonesia tanpa terkecuali. Seseorang dianggap masih layak disebut sebagai pemuda dan pemudi ketika masih  usia produktif yaitu 15-65 tahun yang dikriteriakan oleh WHO (World Health Organization). Di Indonesia sendiri, pemuda dan pemudi mempunyai batasan usia yaitu dari 16-30 tahun menurut UU Nomor 40 Tahun 2019 tentang Kepemudaan. Namun, perbedaan batasan usia tidak menjadi penghalang untuk menanamkan makna Sumpah Pemuda kepada masyarakat dengan usia produktif khususnya bagi para pelajar. Sumpah Pemuda memberikan makna yang mendalam bagi para siswa dan siswi di Indonesia.  Adapun makna tersebut dari Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut.

  1.Menghargai Perjuangan Indonesia

Adanya Sumpah Pemuda merupakan awalnya  perjuangan Indoneseia  untuk mencapai kemerdekaan dari penjajahan. Awalnya penjajahan merupakan langkah yang tidak bias dibilang main-main. Ada yang perlu kita ketahui dalam Sumpah Pemudadi lahirkan pada  beberapa puluh tahun sebelum sistem pemerintahan orede lama dimulai. Pemuda dan pemudi pada saat itu telah rela berkorban waktu, tenaga, pemikiran, bahkan berkorban secara materiil dan moral untuk membuat Indonesia bersatu.

   2.Memberikan Semangat Untuk Yang Sudah Berjuang          

Sumpah Pemuda yang diutuskan dengan semangat  yang berkobar oleh pemuda dan pemudi saat itu memberikan semangat untuk para generasi penerus khususnya para pelajar. Semangat yang ditunjukkan melalui bunyi Sumpah Pemuda dapat menjadi contoh bagi pelajar untuk semangat dalam melakukan sesuatu.

3.Memberikan Makna Untuk Mencintai Indonesia Dengan Sepenuh Hati

Yang sudah kita ketahui, kemerdekaan Indonesia diperoleh bukan dari belas kasihan dari negara lainnya, maupun dari perjuangan dan pengorbanan para pahlawan, termasuk pemuda dan pemudi Indonesia kita. Perlu diketahui bahwa pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, jumlah pemuda yang telah  gugur sudah tidak dapat terhitung. Perjuangan para pemuda saat itu merupakan cerminan bagaimana rasa cintanya kepada Indonesia. Sebetulnya, latar belakang dari cinta Indonesia adalah Sumpah Pemuda itu sendiri. Bisa diperhatikan bahwa salah satu bunyi Sumpah Pemuda adalah pengakuan diri untuk mencintai bangsa Indonesia.

4.Bangga Menjadi Bagian Dari Indonesia

Salah satu makna dari  bunyi Sumpah Pemuda  adalah bangga menjadi bagian dari Negara Indonesia. Adapun pemuda dan pemudi pada saat itu sangat bangga bias mejadi bagian Negara Indonesia. Melalui semboyannya Bhikena Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tapi satu, sudah dapat mewakili alasan mengapa kita bangga menjadi bagian dari negara Indonesia. Alasan yang dapat dijabarkan mengapa kita patut bangga sebagai bangsa Indonesia. Melalui semboyan Bhikena Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tapi satu, sudah dapat mewakili alasan mengapa kita bias  bangga menjadi bagian dari negara Indonesia. Alasan yang dapat dijabarkan mengapa kita patut bangga sebagai bangsa Indonesia , antara lainnya yaitu :

  • Negara Indonesia merupakan negara yang banyak memiliki ribuan pulau.
  • memiliki ragam bahasa yang sangat banyak yaitu Negara Indonesia.
  • Negara Indonesia memiliki kebudayaan yang banyak ragamnya.

 5.Mencintai dan Bangga menggunakan Bahasa Indonesia

Semenjak diikrarnya Sumpah Pemuda ,maka dari situlah bahasa Indonesia merupakan bahasa yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berkomunikasi satu sama lain. Bahasa Indonesia ditetapkan  sebagai bahasa resmi bagi Negara Indonesia dan tercantum pada UUD 1945 pasal 36.

 

 

Leave a Reply