capcay goreng
capcay goreng

Cara Membuat Capcay Goreng yang Praktis dan Lezat

Posted on

Capcay termasuk makanan yang di anggap sebagai makanan Indonesia yang berasal dari Tiongkok. Dikenal dengan chinese food. Secara harfiah berarti aneka ragam sayur mayur, ada yang mengatakan  sepuluh sayur. Karena cap artinya sepuluh, sedangkan cay berarti sayur.

sayuran dalam capcay
sayuran dalam capcay

Jumlah sayuran pada masakan capcay ini tidak tentu dan tidak harus 10 macam sayur, namun kebanyakan orang mengira bahwa capcay harus mengandung 10 macam sayuran. Pengertian lain dari masakan capcay adalah masakan sederhana yang terdiri dari aneka sayuran yang dipotong kecil-kecil dan terkadang juga dimasak dengan bakso ikan, bakso sapi, udang, dan daging ayam. Di Negara Amerika, capcay disebut ‘chop-suey’ dan konon diakui sebagai bagian ciptaan kuliner para imigran Cina di Amerika. Dan merupakan salah satu ciptaan masakan Chinese-American. Mugkin Anda penasaran bagaimana bisa capcay berkelana begitu jauh dari Amerika hingga Indonesia.

Jangan bingung, ya bisa saja. Sejarah capcay memang terdiri dari banyak variasi. Variasi yang terpopuler adalah ketika di saat duta besar Cina Li Hung mengunjungi kota New York pada tanggal 29 Agustus 1896, kokinya berusaha untuk menciptakan masakan yang bisa di terima oleh diplomat Cina dan Amerika. Menurut sejarah, capcay goreng terhidang sebagai salah satu menu.

Capcay bisa dibilang makanan yang bergizi karena terdiri dari beberapa sayur. Tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beraneka ragam sayuran ini ditambah dengan rasa dari bumbu capcay yang lezat yang membuat masakan capcay memiliki banyak penggemar.

Meski terdiri dari beragam sayur mayur, membuat capcay tetap mudah dan praktis loh. Kalau dilihat dari berbagai bahan dan bumbunya seperti Anda membuat ssayur sop bukan? Ya, sekilas memang mirip sop namun tentu saja berbeda. Capcay menggunakan kecap dan saus tiram, sedangkan sayur sop tidak menggunakannya.

jual capcay
jual capcay

Makanan capcay ini sudah sangat umum dan lazim ditemui dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Tak hanya di restoran yang menjualnya, di penjual mie dan nasi goreng yang ada di pinggiran jalan pun menu capcay ini bisa kita jumpai.

Makanan capcay ini mempunyai 2 variasi yaitu capcay kuah dan capcay goreng. Di sini Tim Gedubar akan memberi tahu cara bagaimana membuat capcay goreng.

Bahan:

  1. Bunga kol 1 buah
  2. Brokoli 1 buah
  3. Sawi putih 1 ikat
  4. Wortel 1 buah
  5. Bakso sapi 3 buah, iris tipis
  6. Bawang bombay 1 buah, iris halus
  7. Bawang putih 3 siung, iris halus
  8. Saus tiram 1 sdm
  9. Merica bubuk sdt
  10. Gula pasir 1 sdt
  11. Margarin 2 sdm
  12. Penyedap rasa sapi sdt
  13. Garam sdt
  14. Air 100 ml

Cara membuat:

  1. Semua sayuran di cuci bersih kemudian iris sesuai dengan selera.
  2. Siapkan penggorengan dengan menggunakan api yang sedang.
  3. Masukkan margarin ke dalam penggorengan. Kemudian tumis bawang Bombay dan bawang putih. Tumislah hingga beraroma yang harum.
  4. Tuangkanlah air dan tunggu hingga air mendidih.
  5. Masukkan sayuran dan tunggu hingga empuk atau matang.
  6. Setelah itu masukkan bakso yang sudah diiris.
  7. Masukkan garam, gula, saus tiram, merica bubuk, dan penyedap rasa. Aduklah hingga rata.
  8. Masaklah capcay hingga air menguap.
  9. Matikan api, kemudian letakkan capcay ke dalam wadah yang telah di siapkan.

Sekian dari apa yang kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Silahkan mencoba dan menikmatinya.

Leave a Reply