Penasaran? Ini Fakta Menakjubkan Seputar Keajaiban Air Zam-Zam

Posted on
Air zam-zam
Air zam-zam

Air zam-zam, mungkin Anda sering mendengar kata tersebut? Ya bagaimana tidak, air zam-zam  adalah sumber mata air murni dari Arab Saudi yang dibawakan oleh para jemaah haji atau umroh ketika meninggalkan Mekkah menuju Negara masing-masing. Tahukah Anda? Darimana air zam-zam muncul, kenapa telah berabad tahun tidak pernah habis, apa khasiatnya. Semua pertanyaan tersebut akan kita bahas di artikel ini. Mari simak tentang keajaiban air zam-zam.

Sejarah Air Zam-Zam

Air zam-zam muncum ketika di zaman Nabi Ibrahim. Kala itu Siti Hajar bersama Nabi Ismail berada di padang pasir dan Nabi Ismail menangis karena kehausan. Ibu Hajar merasa bingung, berlari-lari antara Buki Shafa dan Marwah mengharap untuk mendapatkan air demi sang anak. Tidak lama kemudian Nabi Ismail menghentakkan kakinya sehingga muncul pancuran air dari tanah. Ibu Hajar pun berkata : “zam-zam” artinya (berkumpulah) lalu memberikan air tersebut kepada Nabi Ismail. Sejak itulah air tersebut muncul dan diberi nama zam-zam.

Ketika Mekkah sudah banyak penduduknya maka masyarakat pun membuatkan sumur agar mudah untuk diakses secara manual, yaitu mengunakan timba. Saat itu pusat lokasi sumur zam-zam berada di dalam masjidil haram dan setimbang dengan pintu kakbah. Lokasi nya dapat dijumpai di lorong bawah Masjidil Haram sehingga kala itu, para masyarakat bisa mengambil air zam-zam sepuasnya dan dijual di pinggir jalan.

Para Ilmuwan Geologi Meneliti Zat Terkandung dalam Air Zam-Zam

Ketika masyarakat bebas menjual air zam-zam di pinggir jalan. Maka Raja Arab Saudi Abdullah, menetapkan peraturan tidak boleh mengambil sembarangan air zam-zam karena belum dijamin untuk dikonsumsi. Pada tahun 1953, dibuatkan pompa air untuk menyalurkan ke dalam bak penampungan air,sembari tetap melakukan pengujian lebih lanjut. Ternyata ketika diketahui,air yang ada di dalam sumur zam-zam mengalami penyusutan sedalam 3,23 meter pada pemompaan 8000 liter perdetik selama 24 jam. Dalam waktu 11 menit permukaan sumur kembali ke asalnya ketika pemompaan dihentikan. Lalu beberapa pertanyaan muncul dikalangan para ilmuwan darimana sumber mata air ini berasal,karena di Mekkah ke Laut jaraknya kira-kira sejauh 75 km. Setelah diketahui lebih lanjut ternyata muncul dari celah bebatuan arah hajar aswad, dari bukit Shafa Marwah,dari bawah tempat tawaf dan bukit-bukit lain disekitar Mekkah. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak tersimpan air yang berada di dalam celah bebatuan kemudian berkumpul ke dalam sumur air zam-zam.

Pada tahun 2010 Raja Arab Saudi melakukan penelitian terhadap sumur zam-zam apakah ada bakteri di dalam air tersebut. Faktanya tidak ada sedikitpun bakteri jahat yang terkandung di dalamnya. Ini merupakan bukti kekuasaan Allah atas keajaiban air zam-zam tersebut. Kemudian pemerintah Arab Saudi menutup sumur air zam-zam dan melakukan pengemasan air zam-zam seperti membuatkan pipa saluran air disekitar wilayah Mekkah dan para ilmuwan lain tetap melakukan penelitian laboratorium dan geologi terhadap air zam-zam agar selalu terjaga kualitas dan kemurniannya. Lalu ada ilmuwan lain datang dari Jepang yaitu DR masaro imoto meneliti menggunakan teknik nano bahwa air zam-zam mempunyai keistimewaan yang luar biasa tiada tertandingannya dengan air biasa. Beliau menyimpulkan bahwa air zam-zam tidak dapat diserupai butiran kristalnya dengan jenis air lain. Air zam-zam adalah air yang sangat diberkahi. Seluruh laboratorium pun tidak mampu untuk mengubah karakterisktiknya.

Lalu apa khasiat-khasiat dan keajaiban yang ada di dalam air zam-zam ?

Gambar keajaiban air zam-zam
Gambar keajaiban air zam-zam

Air Zam-Zam Tidak Pernah Kering

Setelah muncul dari zaman Nabi Ibrahim,telah kita ketahui bahwa setelah berabad-abad tahun zaman manusia, air zam-zam tidak pernah habis dalam sumbernya. Selalu muncul terus di permukaan tanah karena setiap menitnya air zam-zam bisa mengeluarkan kurang lebih 660 liter air.

Air Zam-Zam Merupakan Air yang Bebas dari Bakteri

Membuat ahli ilmuwan yaitu Dr Yahya Koshak mengatakan, bahwa air zam-zam adalah air terbaik di dunia karena setelah diteliti tidak ada bakteri satupun yang ada di dalam air tersebut,jadi sebenarnya sudah bersih tanpa diolah terlebih dahulu. Tidak itu saja, beliau meneliti lagi dengan melakukan penyorotan menggunakan sinar oltraviolet dan pengemasan Faktanya tidak  ada bakteri jahat,dan hanya ada bakteri baik standar saja.

Salah Satu Air paling Murni di Dunia

Setelah melakukan uji riset, bahwa air zam-zam termasuk memiliki tingkat kemurnian paling tinggi, karena air zam-zam mengalahkan pegunungan Alpen yang disebut-sebut bahwa pegunungan Alpen salah satu air termurni di dunia,yang memiliki senyawa bikarbonat 357 miligram per liter. Ternyata air zam-zam mengandung lebih banyak senyawa bikarbonat yaitu 366 miligram perliter. Bagaimana, Menakjubkan bukan?.

Melancarkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme adalah proses pembakaran lemak menjadi tenaga dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Selain berolah raga, minum air zam-zam dapat memperlancar metabolism tubuh dalam kehidupan sehari-hari sehingga lebih bertenaga dalam menjalankan aktivitasnya.

Minum Air Zam-Zam Sesuai Niat dan Doanya

Minum air zam-zam merupakan salah satu perantara terkabulnya doa,ketika kita meminum dengan niat baik dan meminta doa sesuai keinginannya, maka perut akan terasa kenyang, dahaga hilang dan jika Anda meminum disertai doa yang baik maka insyallah perantara meminum air zam-zam doa Anda dikabulkan. Tapi ingat, meminum air zam-zam hanya hitungan ganjil saja yaitu 3x saja.

Dapat Mengobati Berbagai Penyakit

Jika Anda miliki kelainan penyakit,tentu rasanya tidak nyaman,dan terasa sakit. Ada hadis sohih yang menyebutkan bahwa air zam-zam mujarab untuk mengobati berbagai penyakit. Nah,Jika Anda memiliki jenis kelainan penyakit Anda dapat merutinkan minum air zam-zam,tapi jangan lupa untuk berdoa,karena perantara penyakit dapat sembuh melalui dengan doa. Dalam riwayat hadis juga mengatakan bahwa Ibn Abbas berkata Rasulullah bersabda: “Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zam-zam. Air zam-zam merupakan makanan yang mengenyangkan dan penawar bagi penyakit”. (HR dari Ibn Abbas). Semoga Allah memberikan kesembuhan dan dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik.

Bagimana, menakjubkan bukan? itulah fakta seputar keajaiban air zam-zam yang sudah kita ketahui,masih banyak lagi keajaiban-keajaiban yang lain tetapi paling utamanya adalah yang saya bahas di atas.

Sekian,semoga bermanfaat.

Leave a Reply