kue bolu kukus pelangi
kue bolu kukus pelangi

Cara Membuat Kue Rainbow Steamed Sponge yang Lembut

Posted on

Hay guys kali ini saya akan mengajak kalian untuk membuat kue Rainbow Steamed Sponge yang lembut sekali, atau bisa di sebut dengan kue bolu kukus pelangi yang tekstur kue nya yang sangat lembut dan warnanya juga menarik.

Cara membuat bolu kukus pelangi ini sangatlah mudah seperti halnya membuat bolu kukus lainnya. Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat bolu kukus pelangi ini pun juga cukup sederhana. Sehingga buat siapa saja bisa membuat bolu kukus pelangi ini. Selain itu, dalam membuat bolu kukus pelangi ini juga perlu diperhatikan beberapa hal supaya hasil kuenya nanti bisa lembut dan rasanya juga enak.

Mungkin bagi sebagian orang, mungkin membuat bolu kukus pelangi yang mempunyai tekstur yang lembut mungkin agak susah dan sering gagal. Ya, memang benar untuk membuat kue bolu ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat kue ini, seperti halnya komposisi bahan yang digunakan, kemudian saat mengukus kue bolu ini pada bagian tutupnya juga arus dilapisi oleh kain, tujuannya agar air dari uapan tersebut tidak mengenai loyangnya. Tidak hanya itu, saat mengocok adonan pun juga harus benar-benar tercampur rata agar tidak ada gumpalan yang akan membuat tekstur kuenya nanti menjadi tidak lembut. Supaya lebih jelas lagi langsung aja lihat resep cara membuat kue bolu kukus pelangi dibawah ini.

cara membuat kue bolu kukus pelangi
cara membuat kue bolu kukus pelangi

Bahan bahan kue bolu kukus pelangi

  1. Tepung terigu 50 gram
  2. Telur 4 butir
  3. Santan kental kurang lebih 150ml
  4. Cake emulsifier 1 sendok the
  5. Gula pasir kurang lebih 150-160 gram
  6. Pewarna makanan 1 sendok the, untuk pewarna bisa sesuai selera masing-masing
  7. Vanilla bubuk atau esense(tidak wajib, boleh pakai boleh juga tidak, sesuai kesukaan)
  8. kertas roti

Cara membuatnya

  1. Untuk membuat adonan, ambil satu wadah dengan ukuran sedang, kemudian masukan gula pasir, cake emulsifer, dan telur.
  2. Selanjutnya, kocok bahan yang sudah dimasukan kedalam wadah tadi menggunakan mixer dengan kecepatan yang tinggi sampai benar-benar kecampur rata(sampai berwarna putih dan mengembang)
  3. Setelah mengembang, kecilkan mixernya dengan kecepatan rendah kemudian masukan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil dikocok agar tidak menggumpal
  4. Kemudian masukan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk terus sampai rata dengan adonan yang lain. Lalu matikan mixernya.
  5. Setelah semua slesai, siapkan Loyang atau panci untuk mengukus bolu tersebut, kemudian masukan air lalu panaskan sampai airnya mendidih.
  6. Selanjutnya ambil dua wadah lagi atau lebih sesuai dengan warna yang akan digunakan, kali ini ukurannya agak kecil. Kemudian bagi adonan tersebut menjadi tiga bagian yang sama rata.
  7. Ambilah pewarna makanan yang telah disiapkan tadi kemudian tuangkan pada masing-masing adonan yang akan diberi warna. Aduk rata dengan spatula sampai tercampur rata
  8. Setelah itu, ambil Loyang yang akan digunakan jangan lupa diberi alas kertas roti dan olesi dengan margarin sedikit agar tidak lengket jika sudah matang dan akan diangkat nanti.
  9. Masukan adonan yang pertama ke loyang sebagai lapisan dasarnya dan kukus kurang lebih 15 menit. Oh iya, jangan lupa lapisi tutup pancinya menggunakan kain serbet agar uap air tidak mengenai atau jatuh kedalam adonan yang di kukus.
  10. 15 meit sudah, adonan pertama siap di angkat dan tuangkan adonan warna yang kedua kemudian kukus lagi. Ulangi seperti itu sampai adonan terakhir.
  11. Jika semua adonan sudah masuk kedalam loyang, kemudian masak atau kukus lagi kue bolu tersebut sampai kue benar-benar matang dan tanak(mengukusnya kurang lebih 25 menit).

Itu tadi cara membuat kue bol kukus pelangi, cukup mudah bukan. Bahan-bahannya pun mudah didapat dan hanya sedikit. Dalam membuat kue bolu kukus pelangi ini yaitu dalam pengukusannya jangan sering-sering dibuka tutupnya agar hasilnya lembut dan tidak bantet. Sekian resep membuat kue dari saya, se,oga bermanfaat. See you

Leave a Reply