beragam agama
beragam agama

6 Agama di Indonesia yang Diakui oleh Masyarakat Indonesia

Posted on

Indonesia adalah Negara demokratis. Kebanyakan penduduk Indonesia memeluk agama Islam. Konstitusi Negara Indonesia menjamin pada kebebasan beragama kepada semua orang. Masing-masing menurut agama atau sesuai dengan keyakinan sendiri. Konstitusi pada Negara Indonesia menetapkan bahwa Negara Indonesia harus didasarkan pada keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kondisi tesebut merupakan prinsip pertama pada Pancasila, yaitu filosofi Negara Indonesia yang dibeberkan oleh presiden Soekarno pada tahun 1945.

Meski di Negara Indonesia bukanlah Negara Islam, namun prinsip pada islam memang mempengaruhi pada kebijakan politik. Selain itu, kelompok muslim radikal tertentu terbukti bahwa kadang mempengaruhi pada kebijakan politik dan yudisial dengan ancaman kekerasan.

Pemerintah di Indonesia hanya mengakui pada enam agama saja. Yaitu islam, Kristen, Khatolik, Hindu, Budha, dan Kong hu chu ini merupakan sebuah keganjilan dari sikap pemeintah Indonesia terhadap kebebasan agama. Setiap orang yang berada di dalam Negara Indonesia wajib untuk merangkul pada salah satu agama tersebut yang merupakan data pribadi yang di sebutkan dalam dokumen resmi seperti paspor dan kartu identitas lainnya.

Ateisme sendiri tidak merupakan suatu pilihan dalam Negara Indonesia. Bahkan ateisme ini merupakan filsafat yang pada umumnya tidak diterima oleh masyarakat. Pada beberapa tahun terakhir ini pernah terjadi kasus pada salah satu orang Indonesia yang mengumumkan pandangan ateisme di media social. Kemudian berujung pada ancaman dari masyarakat setempat dan penangkapan oleh polisi atas dasar penghinaan Tuhan.

Indonesia adalah Negara yang memiliki banyak kekayaan. Tidak hanya kaya dari sumber daya alam dan budaya, Indonesia juga memiliki keberagaman agama yang di anut oleh masyarakat setempat. Meski di Indonesia ini agamanya cukup beragam,  tapi tetap masyarakatnya tidak terpecah belah. Justru dengan adanya agama yang beragam dapat menumbuhkan rasa toleransi antar masyarakat yang berbeda agama.

6 Agama dan Tempat Ibadahnya di Indonesia:

  1. Agama Islam

tempat ibadah agama islam
tempat ibadah agama islam

Agama islam ini merupakan agama yang paling banyak di anut oleh masyarakat Indonesia. Sebagian besar pada berbagai wilayah yang tersebar merupakan umat muslim. Agama Islam mulai menyebar dan masuk ke Indonesia pada abad ke 13. Agama islam tersebar di seluruh wilayah Indonesia di karenakan atas peran dari berbagai tokoh pengembang agama islam di Indonesia. Tokoh penyebar agama islam di Indonesia dikenal dengan sebutan walisongo. Yaitu terdiri dari Sunan Gresik, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Giri, Sunan Kudus, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Djati. Untuk tempat ibadah agama Islam yang dimilikinya disebut dengan Masjid. Kitab nya adalah kitab suci Al Quran. Hari rayanya adalah Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha.

  1. Agama Hindu

agama hindu
agama hindu

Agama hindu merupakan agama yang sudah diakui sejak lama. Tempat ibadah agama Hindu disebut dengan Pura. Mulainya agama hindu di Indonesia sudah dimulai sekitar 3000 tahun yang lalu. Kitab sucinya adalah kitab suci Weda, dan untuk hari rayanya terdapat 3 hari raya. Yaitu Hari Raya Nyepi, Hari Raya Pagerwesi, dan Hari Raya Sagerwesi.

  1. Agama Budha

agama budha
agama budha

Agama budha termasuk salah satu agama yang di akui di Indonesia dan cukup banyak pengikutnya. Kitab suci yang di gunakan adalah Tri Pitaka. Tempat ibadahnya dinamakan Vihara. Pembawa agama budha ini adalah Siddharta Gautama. Permulaan pada agama budha ini dimulai sejak 2500 tahun yang lalu. Untuk nama hari rayanya adalah Hari Raya Waisak, Hari Kathina, dan Hari Asadha.

  1. Agama Kristen Protestan

agama kristen
agama kristen

Agama Kristen Protestan termasuk ke dalam agama agama yang telah diakui di Indonesia dan memiliki jumlah penganut yang cukup banyak. Nama kitab suci ini disebut dengan Alkitab. Tempat ibadahnya adalah Gereja. Agama Kristen Prostestan memiliki hari besar yaitu Hari Natal, Hari peringatan Yesus Kristus atau Isa Almasih, Hari Jumat Agung, dan Hari Paskah.

  1. Agama Khatolik

agama khatolik
agama khatolik

Agama Khatolik ini menggunakan kitab suci Alkitab dan memiliki tempat ibadah yang sama dengan agama Kristen Protestan yaitu Gereja. Hari besar agama Khatolik ini sama seperti agama Kristen Protestan.

  1. Agama Kong Hu Cu

agama kong hu chu
agama kong hu chu

Agama ini memegang kitab suci yang disebut dengan Si Shu Wu Ching. Tempat ibadahnya dinamakan dengan Li Tang atau biasanya dikenal dengan sebutan Klenteng. Hari besar keagamaanya adalah Cap Go Meh, dan Tahun Baru Imlek.

Penyebaran agama di Indonesia sudah sejak lama di lakukan. Hasil penyebaran di Negara Indonesia tersebut adalah 6 agama yang diakui di Indonesia. Dengan jumlah pengikut yang beragam. Namun di Indonesia ini hampir 80 % nya menganut agama Islam.

Sekian artikel dari kami. Semoga menambah pengetahuan dan wawasan bagi Anda.

Incoming search terms:

  • agama islam
  • perayaan hari besar khong hu chu

Leave a Reply