Wow.. Inilah Perubahan Drastis Tubuh Saat Hamil

Posted on

Taukah mom’s, seorang wanita akan mengalami banyak perubahan saat hamil baik itu dari perubahan fisik maupun emosionalnya. Hamil adalah suatu peristiwa besar yang sangat mempengarui diri seorang wanita, itu terjadi karena suatu adaptasi menyesuaikan diri terhadap perkembangan janin didalam kandungan. Namun jangan takut ya mom’s itu wajar terjadi pada ibu hamil. Berikut adalah beberapa perubahan tubuh ibu hamil yang harus mom’s ketahui.

1. Perut

Gambar terkait
Perut Ibu Hamil

Memasuki trimester kedua, perut akan terlihat mengalami perubahan dan disitu anda mulai mengetahui bahwa diperut anda ada janin. Wanita akan merasa senang perutnya semakin membesar hanyalah saat kehamilan. Terkadang ibu akan merasa sakit perut karena tekanan pada uterus yang bertambah besar ini yang membuat sakit maag pada perut datang. Perkembangan bayi juga akan membuat lambung dan usus tertekan.

2. Tumbuh Organ Baru

Gambar terkait
Plasenta

Selain perut yang semakin membesar, tubuh akan mempunyai organ baru. Organ ini tumbuh pada rahim yaitu plasenta. Plasenta adalah organ sementara dalam tubuh yang mulai terbentuk saat sel telur mulai dibuahi. Tugasnya adalah sebagai penghalang antara darah ibu dengan darah bayi agar tidak tercampur.

3. Rambut

Gambar terkait
Rambut Ibu Hamil

Jika rambut anda yang dulunya lembut dan mudah diatur, maka akan berbeda saat anda mengalami kehamilan. Rambut anda sulit diatur, cenderung kaku, mudah kusut dan mulai menipis, halini terjadi karena perubahan hormon yang tak menentu saat kehamilan.

4. Kulit

Hasil gambar untuk kulit ibu hamil
Kulit Ibu Hamil

Perubahanpun juga terjadi pada kulit, kulit yang tadinya cerah kemudian berubah bmenjadi lebih kusam, lebih gelap, berjerawat, strech mark, berminyak dan kering. Ini terjadi karena pengaruh hormonal dimana menambah pigmen warna pada kulit, biasanya akan hilang setelah melahirkan namun ada juga yang membutuhkan waktu yang lama untuk hilang.

5. Payudara

Gambar terkait
Payudara Ibu Hamil

Sebagai salah satu ciri kehamilan, sering seseorang akan mengalami nyeri pada puting, selain itu warna puting akan semakin gelap dan sensitif. Begitu juga payudara, payudara akan semakin membesar, cairan susus sudah mulai keluar.

6. Berat Badan

Hasil gambar untuk berat badan ibu hamil
Berat Badan Ibu Hamil

Berat badan adalah perubahan yang paling menonjol bagi ibu hamil. Kenapa tidak, karena nafsu makan ibu hamil akan terus meningkat saat masa kehamilannya. Jangan kaget jika perut tambah buncit, bentuk tubuh ituakan semakin ,melebar dan membesar. Berikut adalah rincian pertambahan berat badan:

  • Berat Janin : sekitar 3 kg
  • Berat Plasenta : sekitar 0,5 kg
  • Berat Cairan Ketuban : sekitar 0,5 kg
  • Berat Rahim Payudara Darah dll pasca hamil sekitar 4 kg

7. Sering Kencing

Gambar terkait
Ibu Hamil Buang Air Kecil

Hal ini juga dirasakan oleh ibu hamil karena bayi yang semakin membesar dan menekan otot besar kandung kemih, uretra dan panggul. Bahkan anda tidak sengaja ngompol ketika sedang tertawa terbahak bahak, batuk ataupun bersin.

Perubahan tubuh ibu hamil itu memang tidak bisa dihindari karena itu merupakan sistem hormon dan reaksi tubuh seorang ibu untuk mempersiapkan diri di masa kehamilan. Selamat menjalani masa kehamilan semoga mom’s dan bayinya sehat selalu ya.. semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

 

 

Incoming search terms:

  • gambaran tubuh ibu hamil
  • gambat badan ibu hamil
  • tete perawan ged

Leave a Reply