telur rebus

Macam-Macam Olahan Telur Rebus

Posted on

Bahan makan yang selalu terus ada pasti telurkan? Karena telur ayam selain harganya murah telur ayam juga sangat mudah diolahnya. Selain itu yelur ayam juga mengandung banyak gizi dan protein. Yang baik untuk pertumbuhan anak.

Biasanya telur ayam diolah dalam bentuk direbus. Telur rebus sendiri juga banyak macamnya untuk diolah seperti telur balado, rendang elur dan lain-lain. Mari kita simak macam olahan-olahan telur rebus di bawah ini!.

  1. Telur Balado

telur balado

Telur bulat dan sambal balado memang sudah menjadi pasangan yang cocok untuk diolah. Terlihat dari kenikmatannya saja sudah banyak diminati orang. Bahkan orang yang tidak suka pedaspun tergiur untuk menyantapnya dengan nasi hangat. Telur balado ini merupakan makanan khas padang, tapi telur balado ini sudah sangat mudah untuk di dapatkan. Di warung-warung makan bahkan bisa dibuat sendiri di rumah.

Kalau mau dibuat di rumah, kamu bisa meracik sambal balado dengan cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, serai dan tomat. Dan untuk telurnya bisa langsung di tuangkan ke sambal balado setelah telur direbus dan digoreng dengan minyak panas sebentar, untuk hasil yang lebih enak dan gurih.

  1. Rendang Telur

rendang telur

Ternyata tidak hanya daging saja yang bisa direndang, tapi telur rebus juga bisa direndang lho! Bahan-bahan yang digunakan tidak ada bedanya dengan rendang daging. Hanya dagingnya saja yang diganti dengan telur rebus. Tapi ada sedikit saran untuk kamu yang mau membuat rendang telur, yaitu goreng telur rebus sebentar dalam api panas. Lalu setelah rendang telur matang, diamkan semalaman sebelum disantap. Karena bumbu rendang akan menempel dan meresap dengan lebih sempurna.

  1. Semur Telur

semur telur

Telur rebus juga dapat diolah menjadi semur telur. Bumbu utama dari semur ini adalah kecap manis. Maka tidak heran kalu masakan ini memiliki cita rasa manis yang kuat. Semur telur ini juga mudah di buat di rumah. Dan sangat pas kalau disantap bersama nasi hangat, bisa juga dengan nasi uduk atau lontong sayur, dengan begitu akan memberikan paduan cita rasa yang mantap!.

Jika ingin semur telurnya lebih gurih dan harum, bumbu halus ditumis dengan sedikit tambahan margarin dan daun salam.

  1. Telur Bumbu Bali

telur bumbu bali

Yang khas di Bali tidak hanya pantai dan budayanya saja. Tapi bumbu masakannya yang pedas, harum, dan gurih juga menjadi khasnya bali. Bumbu ini cocok sekali untuk diolah bersama berbagai bahan makanan, termasuk telur rebus. Kalu dilihat memang tidak jauh beda warnanya dengan telur balado. Tapi rasanya tentu beda, karena telur bumbu Bali ini rasanya lebih dominan dengan rasa gurih dan dari bawang putihnya.

Dalam proses memasak biarkan telur dimasak bersama bumbu hingga airmnya menyusut. Kamu juga bias menambahkan tomat dalam bumbu supaya rasanya lebih segar.

  1. Telur petis

telur petis

Bumbu petis biasanya dibuat dari kepala udang, biasanya dicampur dengan masakan-masakan khas jawa timur, contohnya seperti rujak cingur dan tahu tek. Tapi pengolahan bumbu petis tidak hanya pada masakan-masakan jawa timur saja. Bumbu petis bisa diolah dengan bahan-bahan yang ada di dapur, seperti telur.

Cara membuatnya mudah saja. Yang pertama tumis bumbu halus (bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit bakar dan daun salam) sampai harum. Kemudian masukkan bumbu petis, air asam jawa dan telur rebus kedalam tumisan. Tunggu sampai matang dan kamu bisa menyantapnya bersama nasi hangat.

  1. Pindang Telur

pindang telur

Masakan telur yang satu ini sangat mudah untuk diolah. Bahan utamanya juga mudah didapatkan, sepertikulit bawang merah, kulit bawang putih, dan teh celup. Tinggal dimasukkan saja kedalam rebusan air berisi telur dan rebus hingga telur matang. Pindang telur ini biasanya menjadi camilan, tapi bias juga disajikan bersama nasi hangat.

Leave a Reply