Cara Membuat Pakan Ayam Kampung
Cara Membuat Pakan Ayam Kampung

Cara Membuat Pakan Ayam Kampung Murah, Mudah Dan Bernutrisi Tinggi

Posted on

Semua peternak ayam pasti menginginkan ayam yang menghasilkan daging dan telur yang berkualitas. Kualitas daging dan telur itu tergantung dari pakan yang diberikan. Jika pakan yang diberikan memiliki nutrisi tinggi yang dibutuhkan oleh ayam maka daging dan telur yang dihasilkan akan berkualitas bagus, begitu pula sebaliknya.

Cara Membuat Pakan Ayam Kampung
Cara Membuat Pakan Ayam Kampung

Untuk pemberian pakan ayam kalian tidak harus selalu membeli pakan jadi. Kalian bisa membuat pakan ayam sendiri menggunakan bahan yang murah, mudah dan memiliki nutrisi yang tinggi.

Kali ini kami akan memberikan bagaimana cara membuat pakan ayam murah, mudah dan bernutrisi tinggi.

Golongan Pakan.

Pakan adalah asupan makanan yang diberikan pada hewan ternak. Pakan juga sebagai sumber energi dan materi bagi pertumbuhan hewan ternak. Untuk menghasilkan ternak yang berkualitas, pakan yang diberikan harus mengandung nutrisi yang dibutuhkan seperti, protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral.

Tidak semua jenis ayam diberikan pakan yang sama, beda jenis ayamnya beda juga pakan yang diberikan. Bahan pakan ayam itu terdiri dari bahan kering dan air yang diberikan sesuai dengan jenis, kebutuhan dan usia ayam.

Berdasarkan pembuatannya, pakan ternak ungas terbagi menjadi tiga golongan, yaitu;

  1. Bahan nabati, beras, dedak, bekatl, biji- bijian(jagung dan kacang- kacangan) dan sebagainya.
  2. Bahan hewani, bekicot, keong, tepung ikan, tepung kerang dan tepung tulang.
  3. Bahan yang dibuat menggunakan limbah industri dari udang.

Jenis- Jenis Pakan Ayam.

Pakan ternak memiliki banyak jenis mulai dari harga yang murah sampai harga yang mahal. Kalian bisa memilih pakan ayam sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang kalian miliki.

Membeli pakan jadi memang dapat menghemat waktu. Namun, jika jumlah ayam yang kalian miliki banyak maka kalian membutuhkan pakan yang banyak juga. Saat pakan ayam mengalami kenaikan harga dan harga ayam tetap sama maka kalian akan mengalami kerugian.

Untuk mengatasi masalah yang akan terjadi alangkah baiknya kalian membuat pakan ternak sendiri. Selain untuk menghemat pengeluaran, pakan yang kalian buat sendiri juga lebih sehat, aman dan bernutrisi tinggi. Namun, sebelum membuat pakan ayam terlebih dahulu kalian harus tahu pakan seperti apa yang kalian hendaki. Tujuannya agar pakan yang kalian buat tepat sasaran dan hasil produksinya maksimal.

Nutrisi yang terpenting untuk pakan ayam adalah protein. Protein sangat mempengaruhi bobot dan produktivitas ayam. Kalian bisa menggunakan beberapa bahan alternatif berikut sebagai bahan utama pembuatan pakan ayam.

Singkong.

Singkong memiliki kadungan energy metabolism yang cukup tinggi. Namun, kandungan protein pada singkong tergolong rendah hanya 2- 3% saja. Selain itu, singkong juga mengandung zat antinutrien sianogenik glukosida terutama singkong pahit. Untuk menghilangkannya sebelum digunakan singkong terlebih dahulu dijemur ampai menjadi gaplek.

Dedak Padi.

Dedak padi atau bisa juga disebut bekatul merupakan limbah padi. Dedak padi mengandung sumber energi dan amino yang tinggi sehingga sering digunakan sebagai bahan pakan ternak. Namun, pemberian dedak pada ayam muda harus dibatasi karena dedak mengandung 11- 12% serat yang sulit untuk dicerna.

Cara Membuat Pakan Aym Kampung
Cara Membuat Pakan Aym Kampung

Untuk melihat dedak itu berkualitas bagus atau tidak kalian bisa melihat dari kepadatannya. Dengan cara, menggenggam dedak sambal ditekan kuat, lalusaat dilepaskan dedak tetap melekat satu dengan yang lain itu menunjukkan dedak berkualitas bagus, begitupula sebaliknya.

Berdasarkan teksturnya, dedak terbagi menjadi dua. Ada dedak yang berkualitas kasar dan bertekstur halus. Untuk membuat pakan ternak, pilihlah dedak dengan tekstur yang halus. Dedak dengan tekstur yang halus mengandung vitamin dan protein yang tinggi selain itu juga, kandungan seratnya lebih rendah.

Sorgum.

Sorgum memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sorgum juga mengandung xantofil. Namun, sorgum juga mengandung tannin yang menyebabkan protein sulit dicerna, pertumbuhan ayam lambat dan terjadi kelainan pada kaki ayam. Tinggi rendahnya kandungan tannin pada sorgum bisa dilihat dari warnanya. Semakin gelap warnanya berarti semakin tinggi kandungan tanninnya.

Pollard.

Pollard atau dedak gandum adalah hasil limbah dari pengolahan gandum menjadi tepung terigu. Pollard mengandung protein sebanyak 15%, serat kasar 7- 9%, dan lemak 3- 4%. Meskipun kandungan energinya rendah pollard mengandung serat kasar yang cukup tinngi yang menyebabkan ayam mencret. Oleh karena itu pemberian makan pollard pada ayam supaya dibatasi.

Minyak.

Minyak sebagai campuran pakan yang diberikan pada ternak ayam yang membutuhkan energi tinggi. Selain sebagai sumber energy tujuan minyak dicampurkan ke dalam pakan adalah meningkatkan efesiensi pakan, mengurangi debu, memperbaiki warna, tekstur dan rasa pada pakan.

Cara Pembuatan Pakan.

Bahan:

  • Beras dolog ½ kg.
  • Dedak ½ kg .
  • Tepung Tulang 1sdm.
  • Pohon talas 1kg (bisa dipilih salah satu bagian pohonnya atau semuanya).
  • Air (secukupnya).

Cara Pembuatannya:

  • Giling atau cincang pohon talas hingga menjadi potongan kecil, kira- kira berukuran 1cm.
  • Campurkan potongan pohon talas ke dalam bahan lainnya.
  • Tambahkan air secukupnya, lalu rebus hingga semua bahan hancur dan tercampur rata.
  • Setelah itu, angkat pakan lalu dinginkan.
  • Setelah dingin berikan pakan pada ayam dengan cara yang benar.

Itulah beberapa cara pembuatan pakan ayam kampong murah, mudah dan bernutrisi tinggi. Semoga bisa bermanfaat. Selamat mencoba.

Leave a Reply