berbagai jenis mineral
berbagai jenis mineral

Berbagai Jenis Mineral Serta Fungsinya Bagi Tubuh

Posted on

Apakah anda pernah mendengar kata mineral? Tentunya pernah dong, kata mineral sudah tidak asing lagi terdengar oleh telinga kita. Apakah mineral selalu identik dengan air putih? Tentu tidak, sebab mineral tidak hanya berbentuk air putih.

Mineral merupakan suatu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mengaktifkan ratusan enzim yang ada di dalam tubuh kita. Mineral ini adalah zat yang diperlukan untuk mendukung proses tumbuh dan berkembangnya tubuh dalam jumlah sedikit maupun banyak.

Sebenarnya tubuh kita sangat membutuhkan mineral yang cukup sama halnya dengan tubuh membutuhkan vitamin. Sama-dibutuhkan tubuh tetapi vitamin berbeda arti dengan mineral, dikarenakan vitamin dalah senyawa yang terbagi dalam berbagai unsur seperti karbon dan oksigen.

mineral
mineral

Mineral merupakan salah satu unsur kimia individu. Dan zat yang terkandung pada mineral sendiri tidak bersifat merusak.  Pada tubuh manusia, mineral membentuk jumlah kurang lebih empat persen dari berat tubuh orang dewasa. Mineral memiliki banyak jenis, berikut ini adalah penjelasan jenis-jenis mineral yang dibutuhkan tubuh beserta fungsinya bagi tubuh kita.

  1. Kalsium (Ca)

Kalsium merupakan salah satu jenis mineral yang sangat penting untuk melindungi kesehatan tulang dan gigi. Kalsium juga sangat berperan untuk membantu proses kontraksi san relaksasi otot, sistem rutinitas serta pembekuan darah. Salah satu contoh kalsium adalah susu. Dengan mengkonsumsi dua gelas susu perhari, itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh anda. Contoh lain yang mengandung kalsium adalah sayuran berdaun hijau seperti daun pepaya, daun singkong, kacang panjang, kangkung, bayam, serta brokoli.

  1. Fosfor (P)

Fosfor merupakan salah satu jenis mineral yang bertanggung jawab pada proses mineralisasi tulang serta gigi. Fosfor juga memiliki fungsi lain yaitu mengatur keseimbangan pH darah pada tubuh. Apabila tubuh kekurangan fosfor maka berakibat pada otot, otot akan terasa lemah. Dan jika mengkonsumsi makanan yang mengandung fosfor secara berlebihan maka akan mengakibatkan terjadinya proses pengerasan pada organ-organ tubuh yang tidak semestinya terjadi, seperti pengerasan pada ginjal. Makanan yang mengandung zat fosfor yaitu daging, ikan, unggas, serta telur. Makan makanan yang mengandung fosfor sangat baik, tapi ingat jangan berlebihan.

  1. Natrium atau Sodium (Na)

Natrium bisa juga disebut dengan Sodium berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Fungsi yang lain dari mineral jenis ini adalah melindungi serta mengaturtekanan osmotik agar cairan tidak keluar dari darah serta masuk ke dalam sel tubuh. Natrium sangat berperan dalam transmisi saraf, kontraksi otot, absorpsi glukosa. Natrium juga memiliki fungsi sebagai alat-alat angkut zat gizi lewat membran-membran sel dalam tubuh.

  1. Kalium atau Potasium

Kalium atau potasium memiliki fungsi yang sama dengan nutrium yaitu memelihara keseimbangan cairn serta eletrolit dan keseimbangan asam maupun basa di dalam tubuh. Kalium atau potasium ini juga berperan dalam tranmisi saraf serta relaksasi otot. Jeruk, semangka, pisang, tomat, kacang polong, wortel kentang dan sayuran hijau merupakan contoh buah serta sayur-sayuran yang mengandung zat kalium atau potasium.

  1. Zat Besi (Fe)

Zat besi merupakan salah satu jenis mineral yang memiliki fungsi mengatur molekul hemoglobin sel-sel darah merah. Hemoglobin sendiri yang berperan mendistribusikan oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh. Zat besi juga berperan dalam metabolisme energi, termasuk dalam sistem kekebalan tubuh. Makanlah makanan yang mengandung mineral jenis zat besi ini, antara lain bayam, kangkung, daun singkong dan lain-lain yang termasuk dalam sayuran hijau.

  1. Yodium (I)

Yodium sangat berperan untuk pertumbuhan normal, seperti membantu dalam membakar lemak tubuh, melindungi kesehatan rambut, kuku, gigi dan kulit. Bawang merah adalah salah satu contoh sayuran yang mengandung yodium. Dan masih banyak lagi tanaman yang ditanam di daerah dekat pantai yang mengandung yodium tinggi.

  1. Sulfur (S)

Salah satu jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh adalah sulfur. Kandungan sulfur memiliki berbagai fungsi, diantaranya membantu melindungi keseimbangan oksigen untuk fungsi otak. Selain itu kandungan sulfur memiliki fungsi yang sama dengan vitamin B yaitu membantu memperlancar metabolisme pada tubuh dan juga membantu melawan infeksi akibat bakteri. Kacang-kacangan merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan sulfur.

  1. Mangan (Mn)

Mangan berperan sebagai kofaktur berbagai enzim yang membantu berbagai proses metabolisme. Enzim yang terkandung pada mangan berfungsi mencegah peroksidasi lemak oleh radikal bebas. Selain itu mangan juga berfungsi mengontrol gula darah, fungsi hormon tiroid, fungsi otak serta mengontrol metabolisme energi. Sayur-sayuran yang mengandung mangan adalah sayuran berdaun hijau serta gandum.

  1. Magnesium (Mg)

Magnesium memiliki peran sebagai kofaktor berbagai enzim pada tubuh. Selain itu magnesium juga berperan dalam sintesis degradasi dan stabilitas gen DNA. Biji-bijian atau kacang-kacangan merupakan sayuran yang mengandung banyak kandungan magnesium.

  1. Kronium

Kandungan Kronium ini merupakan kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Karena kandungan kronium berhubungan dengan metabolisme karbohidrat serta lemak. Buah dan sayur-sayuran yang mengandung zat kronium diantara lain kentang, apel, pisan dan bayam.

  1. Molibdenum (Mo)

Molibdenum memiliki fungsi sebagai kofaktor beragam enzim serta penawar racun alkohol metabolisme sulfur. Mengkonsumsi sayur-sayuran seperti kacang polong, kembang kol, jagung dan kubis dapat mencegah anemia karena makanan tersebut mengandung zat molibdenum.

  1. Selenium (Se)

Selenium memiliki fungsi sebagai anti-oksidan dalam sistem enzim. Selain itu selenium juga berperan mencegah terjadinya radikal bebas serta membantu reaksi oksigen serta hidrogen. Salah satu contong sayur yang mengandung selenium adalah tomat.

  1. Boron (Bo)

Kandungan boron berdampak positif terhadap pencegahan osteoporosis dan osteoartritis. Boron juga memiliki fungsi sebagai sinergis penguat tulang. Kandungan boron lah yang membantu memelihara fungsi saraf pada tubuh kita. Banyak mengonsumsi jamur, kacang-kacangan serta asparagus akan membantu meningkatkan kandungan boron pada tubuh kita.

  1. Seng (Zn)

Seng merupakan salah satu diantara banyak jenis kandungan mineral yang dibutuhkan tubuh. Gandum dan kacang-kacangan merupakan contoh makanan dari kandungan seng. Dengan kita mengonsumsi makanan yang banyak mengandung seng tubuh kita akan menjadi lebih kebal, karena seng memiliki fungsi menjaga kekebalan tubuh, memelihara kesehatan mata, manghalangi virus yang akan masuk pada tubuh, mengurangi resiko kanker dan juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Banyak sekali bukan penyakit yang disebabkan karena kurang mengonsumsi makanan dengan kandungan mineral. Agar tidak terkena berbagai macam penyakit seperti diatas, cukupilah kebutuhan mineral pada tubuhmu. Dengan mengonsumsi mineral yang cukup otomatis tubuh akan menjadi lebih kebal.

Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis mineral beserta fungsinya bagi tubuh kita. Jangan lupa untuk mengonsumsi mineral secara teratur ya guys. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply