menghitung usia kehamilan
menghitung usia kehamilan

Cara Menghitung Usia Kehamilan untuk Ibu Muda

Posted on

Datangnya sang buah hati tentu sangat di nantikan bagi mereka yang sudah menikah. Apalagi jika proses penantian tersebut termasuk memakan waktu yang cukup lama. Dengan mengetahui kehamilan itu datang, maka penting bagi para ibu muda untuk mengetahui usia kehamilan bayi yang di kandungnya. Karena dengan mengetahui umur kehamilan, para ibu muda menjadi tahu perkembangan apa yang seharusnya terjadi pada sang buah hati.

ibu hamil
ibu hamil

Para ibu muda pun juga tahu asupan gizi yang tepat yang harus diberikan pada janin, dan tentunya apa saja hal yang boleh dilakukan dan tidak dan tidak boleh dilakukan pada umur kehamilan. Untuk mengukur pada usia kehamilan, ada 2 cara yang paling umum yang biasa dilakukan oleh para ibu muda. Ialah dengan metode calendar dan lewat pemeriksaan USG. Sebelum melakukan pemeriksaan ke dokter atau lewat USG, para ibu muda dapat memperhitungkan sendiri berapa umur kehamilan para ibu muda saat ini.

Menghitung dengan kalendar

kalendar hamil
kalendar hamil

Cara yang paling sederhana adalah menghitung dengan metode calendar yang bisa dilakukan oleh para ibu muda di rumah atau di mana pun para ibu muda berada. Dengan metode ini, selain bisa menghitung umur kehamilan, para ibu muda dapat menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL). Para ibu muda cukup mengetahui Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) untuk dapat menghitung umur kehamilan lewat metode calendar ini. Jika siklus haid para ibu muda teratur (per 28 hari atau 30 hari) pada umumnya.

Menghitung dengan USG

USG
USG

Pemeriksaan USG adalah metode yang lebih akurat yang dapat dilakukan oleh para ibu muda. Ada dua cara pemeriksaan USG, yaitu USG transvaginal dan USG transabdominal.

USG transvaginal adalah USG yang biasanya dilakukan pada awal kehamilan melalui jalan lahir. Untuk memastikan pada keberadaan kantong janin dan lokasi janin, bahkan juga dapat melihat kelainan-kelainan pada janin. Sedangkan USG transabdominal dilakukan melalui dinding perut. Biasanya dilakukan ketika usia kandungan sudah cukup besar. Yaitu sekitar usia 12 minggu ke atas atau 3 bulan.

Jika para ibu muda ingin mendapatkan hasil perhitungan yang akurat, kehamilan baru bisa di deteksi lewat USG jika usia kehamilan sudah mencapai usia 4 minggu. Meski terkadang ada ibu hamil yang bisa mendeteksi kehamilan sebelum usianya 4 minggu. Tapi ternyata dokter kandungan baru bisa menyatakan benar-benar hamil saat usia kandungan berumur 4 minggu keatas. Pada umumnya sebelum melakukan pemeriksaan USG, dokter kandungan juga akan menanyakan HPHT para ibu muda, jadii dokter akan membandingkannya dengan hasil USG tersebut. Jadi sekarang sudah tahukah berapa umur kehamilan para ibu muda saat ini?

Selain mengetahui cara menghitung usia kehamilan, apa sih alasannya?

Berikut adalah beberapa alasannya yang telah di rangkum oleh Tim Gedubar :

  1. Memberikan asupan gizi yang tepat yang sedang di butuhkan oleh janin

Supaya janin yang di kandungnya tetap mendapatkan nutrisi yang tepat. Tentu sangat penting bagi para ibu muda untuk mengetahui usia janin yang tengah dikandungnya.

  1. Beraktifitas sesuai yang diperbolehkan

Aktivitas sama dengan hal makanan, harus di sesuaikan dengan usia janin. Pada saat usia kehamilan trisemester pertama, ada beberapa aktivitas yang harus di hindari. Karena dapat memungkinkan terjadinya goncangan yang bisa menjadi bahaya bagi janin. Beberapa hal yang harus dihindari ketika hamil muda biasa di lakukan ketika sudah masuk pada trisemester kedua dan ketiga.

  1. Mempersiapkan kebutuhan bayi

Dengan para ibu muda yang telah mengetahui kapan hari lahirnya, maka kalian bisa mempersiapkan semua kebutuhan bayi dengan matang dan detail sehingga tidak ada yang ketinggalan atau terlewat.

  1. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Para ibu muda, konsumsilah makanan-makanan yang sehat. Memerlukan makanan yang banyak protein, zat besi, asam folat dan kalsium. Sediakan lebih banyak buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran hijau, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak. Makanan yang di makan oleh sang ibu dapat mempengaru pada janin.

Sekian artikel dari saya, bagi para ibu muda dapat mencobanya.

Selamat menikmati kehamilan!

Leave a Reply