men greeting sun. Stands on hill, ocean and yellow sunset

Bebas Itu Tetap Ada Aturannya

Posted on

Arti hidup bebas menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah:

Kita hidup seakan-akan lepas sama sekali tidak terhalang,tidak terganggu sehingga dapat membuat kita bergerak, berbicara, berbuat dengan leluasa. Kita lepas dari kewajiban, tuntutan, perasaan takut tidak teriat atau terbatas dengan aturan-aturan. Orang ingin hidup itu bebas dari masalah, yang dimaksud masalah di sini seperti bebas dari masalah keuangan,bebas dari beban pikiran yang bisa menjadikan penyakit, bebas melakukan apapunyang disukai kepanpun yang diinginkan, bebas dari ikatan, batasan, tekanan dan lain-lain.

Hidup

Sulit Bahagia?

Hidup bebas itu sulit kalau dipikir sulit. Kalau dipikir tidak sulit ya tidak sulit. Berani maju untuk hidup bebas dan merdka harus pelan-pelan, ada jalurnya dan tidak perlu melanggar aturan. Harus berani memulai sendiri dan tidak tergantung pada orang lain. Bebas itu saat menjadi diri sendiri. Percaya diri itu penting untuk kenyamanan diri sendiri.

Tujuan utama orang ingin hidup bebas adalah agar bisa hidup bahagia. Semua orang berhak bahagia. Namun, saat ini bebas bagi anak remaja tidak boleh dibiarkan begitu saja. Masuk pada era kehidupan yang serba teknologi mejadikan pelanggaran moral semakin menjadi. Melalui teknologi ditambah dengan kebebasan dikuranginya moral dan tata karma sama dengan menghancurkan masa depan. Dengan semakin mudahnya mengakses informasi hanya dengan media ponsel tentu saja memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan kita. Tapi, semua itu tidak menghindarkan kita dari dampak positif maupun dampak negatif. Semua itu tergantung dengan pola piker masing-masing individu. Ada orang yang mudah terpengaruh ada juga yang berpengaruh. Dilengkapi dengan layanan internet yang mampu menerobos seluruh dunia dengan jaringannya menjadikan orang berpikir bahwa dunia sekakan-akan ada digenggaman kita karena internet.

Dampak negatif yang lebih banyak terjadi akibat salah memanfaatkan teknologi menjadikan pemerintah hampir tidak sanggup menanggulangi bencana teknologi ini bagi kalangan remaja terutama. Rokok, narkoba, seks bebas dan AIDS yang semakin menjadi dan jangan sampai jadi tradisi. Banyak pengakuan remaja jaman sekarang kurang mendapat pendidikan seks sejak kecil, sehingga terbiasa melakukan itu karena sudah menjadi tren. Ada juga yang rela menjual dirinya kerana alasan cinta bahkan harta. Toleransi seperti apa lagi yang harus dilakukan pemerintah? Jika dibiarkan tidak menyelesaikan dan bertindak selalu dihiraukan.

Jaga diri kalian, tetap jaga pergaulan, jangan mudah terpengaruh tapi berpengaruh baiklah terhadap sesamamu. Jauhkan maksiat dan manfaatkan sebaik mungkin teknologi yang kamu miliki sekarang. Jadi diri sendiri itu bebas tapi tetap ada aturannya. Hidup adalah aturan, patuhilah…

 

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply