cara menghasilkan uang dari internet
cara menghasilkan uang dari internet

Mendapatkan Uang dari Internet

Posted on

Internet zaman sekarang ini sudah mulai berkembang dengan sangat pesat. Internet tidak hanya sekedar untuk menyediakan informasi maupun bersosialisasi dengan orang lain atau bahkan hanya untuk hiburan atau kesenangan saja. Namun juga menjadi ladang uang bagi mereka yang sudah mengetahui caranya. Dengan mendapatkan uang dari internet memang bukan hal yang baru. Namun hanya sedikit atau beberapa saja yang mengetahui bagaimana caranya mendapatkan uang dari internet. Beberapa di antaranya sangat menjanjikan dan lebih dari sekedar untuk uang jajan, atau bahkan bisa menjadi sebagai penghasilan yang tetap.

uang hasil dari internet
uang hasil dari internet

Kali ini Tim Gedubar akan membahas lebih dalam pekerjaan apa saja yang mendapatkan uang dari Internet. Apalagi mendapatkan uang dari internet tanpa modal bakal susah-susah gampang. Ada beberapa alasan yang membuat Anda ingin mencari uang dari internet di antaranya adalah Anda ingin memperoleh penghasilan tambahan di samping, pendapatan utama, atau Anda ingin mencoba pekerjaan baru setelah mundur dari jabatan yang lama. Apapun alasannya, internet menjadi bagian dari kehidupan seseorang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Bisa kami tebak, Anda yang membaca artikel ini ingin mencari tahu lebih lengkap cara mendapatkan uang dari internet.

Anda penasaran? Berikut ulasannya.

Bagi Anda yang masih pemula dan belum mengetahui bagaimana caranya mendapatkan uang dari internet, kali ini Tim Gedubar akan memberikan informasi yang menarik. Anda tidak perlu khawatir karena di sini Anda akan sangat dimanjakan sebagai pemula. Berikut adalah cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal untuk pemula:

Blogging

blogger
blogger

Anda jangan pernah meremehkan blog ya. Karna, dengan blogging Anda dapat meraup keuntungkan yang lumayan. Ini merupakan salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet yang paling mudah. Kebanyakan dari orang-orang memanfaatkan blog sebagai sarana untuk mengekspresikan pendapat atau platform yang memuat seni dan kreativitas mereka. Tapi ternyata, ada juga sebagian orang yang mengubah blog menjadi mesin uang untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari atau untuk tambahan. Huffington Post merupakan perusahaan online yang besar yang berhasil mengantarkan blog atau situsnya.

Yang paling utama dalam blog, minat Anda adalah menulis dan tentukan niche blog yang akan Anda kelola. Misalnya teknologi, resep makanan, lifestyle, ataupun kesehatan.

Hanya dengan menyediakan konten berharga secara regular. Anda menarik prospek atau orang yang di ajak terhadap seseorang yang berfikiran tertarik dengan informasi dan produk yang terkait dengan niche Anda. Untuk mendapatkan traffic blog dan mendapatkan uang melalui berbagai cara, seperti iklan ADSense, link afiliasi, dan sebagainya.

Anda telah menyediakan konten gratis yang sangat berguna. Mereka datang untuk mengetahui, menyukai, dan mempercayai pada tulisan Anda.

Kerja keras dan ilmu SEO memang sangat diperlukan. Jika Anda berhasil maka keuntungan yang Anda dapatkan tiada batasnya. Blogging sendiri mempunyai kelebihan yaitu tidak memiliki resiko apapun. Jadi, Anda tidak perlu takut untuk mencoba menjadi blogger. Namun blogging juga tidak dapat dilakukan dengan cara instan. Karena membuat sebuah blog adalah hanya bagi mereka yang hobi. Untuk membangun pada website ada tahapan-tahapan yang harus Anda pelajari agar menjadi seorang blogger yang professional.

YouTube

youtubers
youtubers

Di Indonesia, perkembangan YouTube bisa dikatakan sangat pesat. Jejaring social berbagai video dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet yang cukup popular. Hanya dengan membuat channel YouTube kemudian membuat konten yang menarik dan mengunggahnya. Mulai dari konten video yang banyak disukai, misalnya video tutorial memasak, video listikal, bermain game, tutorial make up,  dan sebagainya.

Akan tetapi, Anda dalam mungunggah video harus dengan konsisten. Buatlah jadwal sehingga Anda dapat membangun audiens. Perlu di perhatikan dan di pastikan untuk mendeskripsikan konten secara khusus dalam deskripsi video. Pastikan bahwa video Anda berkualitas baik dan berisi konten bagus yang akan dinikmati audiens. Anda tidak perlu memerlukan kamera yang bagus atau mewah. Hanya dengan smartphone Anda dapat menggunakannya.

Jangan lupa untuk menulis Twitter, Instagram, atau social media lainnya yang Anda miliki ke daftar pemasaran Anda. Bahkan Anda dapat berbagi video di media social atau menyematkannya di blog atau situs web Anda. Pastikan Anda menanggapi pada komentar pemirsa. Buatlah Anda terlibat untuk menciptakan penggemar. Dengan Anda mengizinkan YouTube menyertakan iklan di video Anda, dan saat pemirsa mengklik iklan, Anda akan dibayar ( Anda membaginya dengan Google). Semakan banyak yang melihat atau views maka akan lebih banyak pendapatan untuk Anda. Ketika Anda telah berhasil memiliki banyak viewers dan subscribers dari konten yang sudah dibuat, Anda dapat mengembangkan dengan cara lain. Seperti affiliate, marketing, sponsorship hingga berjualan merchandise loh

Menjual Stok Foto atau Video

fotografi
fotografi

Kalau Anda jago soal fotografi ataupun videografi jangan anggurin kameranya ya. Anda dapat menjual berbagai stok foto atau video di situs. Seperti shutterstock.com, Dreamstime.com, iStockphoto.com, dan masih banyak lagi. Menjual stock foto merupakan cara mendapatkan uang dari internet dengan cara yang mudah dan menjanjikan. Rajin-rajinlah untuk berburu foto di alam lingkungan sekitar. Kemudian upload foto milik Anda ke situs penyedia stock foto. Jika foto Anda keren, bukan tidak mungkin lagi akan ada yang menggunakannya untuk keperluan bisnis. Tentu mereka harus membayar hak cipta.

Mungkin yang pasti Anda pertimbangkan adalah hasil foto dan video yang dijual dipastikan bisa dipakai secara universal dalam berbagai media. Untuk komisinya, berbagai situs jual foto stock ini menawarkan tariff dan persentase yang cukup bervariasi. Anda tinggal pilih sesuai yang Anda pilih.

Menyediakan Ruang Periklanan

periklanan
periklanan

Saat ini sudah banyak sekali yang memasang iklan di konten mereka. Terkadang iklan tersebut terdengar tidak natural dan terkesan dipaksa. Tapi juga ada iklan yang mengalir secara alami sesuai konten. Jika situs Anda menerima traffic dengan jumlah yang cukup banyak, maka sangat mudah untuk membuat penghasilan online. Maka dari itu, pastikan untuk terus memposting konten yang berkualitas. Agar traffic semakin naik dan situs Anda bisa berada di peringkat satu mesin pencari.

Biasanya, besaran uang dapat tergantung pada jenis network, tapi tidak menutup kemungkinan dipengaruhi oleh jumlah klik. Pilihlah ad network sesuai kebutuhan Anda.

Google Adsense pasti sudah familiar, kan. Untuk menggunakannya,  buka ad network dan buatlah akun. Setelah akun Anda berhasil didaftarkan, Anda mulai sekarang dapat memulai memasang iklan di situs. Perlu Anda ketahui, bayaran untuk iklan Adsense tidak begitu besar. Kecuali situs Anda sudah ramai pengunjung atau di akses oleh jutaan visitor perbulannya.

Ad network lainnya yang bisa di gunakan adalah Ezoic dan Media.net. Keduanya dapat digunakan setelah Anda melalui proses pendaftaran dan evaluasi situs. Ezoic dan Media.net dapat dimanfaatkan untuk mengoptimasi pendapatan dari iklan.

Jika Anda tidak begitu familiar atau tidak suka bekerja dengan ad network, maka yang harus Anda kerjakan adalah berusaha untuk mengiklankan situs dengan cara manual. Jika situs Anda mentargetkan visitor tertentu. Anggaplah situs yang Anda kelola saat ini difokuskan untuk membahas manfaat dan optimasi tidur. Alih-alih mengaktifkan pada ad network, seperti yang Anda sebutkan sebelumnya. Anda menawarkan ruang atau space bagi perusahaan matras untuk mengiklankan produk mereka yang dimilikinya.

Pilihan terakhir Anda, jika tidak ingin memanfaatkan ad network dan menyediakan pada ruang iklan adalah menulis konten bersponsor atau konten berbayar. Dalam hal ini, suatu perusahaan akan membayar Anda untuk konten bersponsor yang telah Anda tulis. Kemudian konten ini akan di publish di situs Anda. Situs yang menerapkan metode ini adalah Buzzfeed dan Millo.

Sekian dari artikel kami. Dengan adanya artikel ini, kami Tim Gedubar berharap Anda bisa mengetahui cara menghasilkan uang dari internet yang tepat dan efektif. Sebagian cara menuntut Anda harus memiliki website, sedangkan dengan cara yang lain memberi kesempatan bagi Anda untuk memanfaatkan berbagai platform yang sudah tersedia.

Jika Anda pertama kali menjalankan bisnis ini akan susah-susah gampang buat Anda yang hendak menjadikan sebagai penghasilan utama. Maka dari itu, sangat disarankan untuk menjadikan cara ini sebagai penghasilan samping dulu, sembari belajar mengenai seluk beluk dunia internet. Selamat mencoba!

Leave a Reply