Korupsi

Korupsi Yang Ada Di Indonesia

Posted on

Korupsi adalah suatu tindakan kriminal yang banyak merugikan pihak-pihak, baik negara maupun perorangan dan bahkan merugikan pelaku korupsi itu sendiri, jika terbukti bahwa perbuatan nya benar-benar diketahui oleh badan penindak korupsi yang berwenang maka dia akan dikenakan hukuman dan sanksi.
dan di indonesia, kasus korupsi digolongkan dengan beberapa golongan dan khusus yang instansi yang mengerjakan administrasi penerimaan (revenue administration) yang biasanya meliputi instansi pajak an bea cukai,dll. Tindakan korupsi dibagi dalam beberapa jenis :

Korupsi yang ada di Indonesia
Korupsi yang ada di Indonesia
  1. Petty Corruption atau korupsi kecil-an dan Grand Corruption atan korupsi besar-besaran

Korupsi ini biasanya dilakukan sehari-hari ketika pelaksanaan suatu kebijakan pemerintah, dan biasanya cenderung terjadi ketika seorang petugas bertemu langsung dengan masyarakat. Dan sering orag mengatakan bahwa korupsi ini adalah korupsi rutin (routine corruption)atau juga korupsi untuk mempertahan hidup (survival corruption) dan biasanya korupsi ini dijalankan  oleh pejabat junior sebagai pelaksana fungsional.

Contoh :

Adanya pungutan untuk mempercepat nya proses pencairan dana yang ada di KPPN.

Dan sedangkan korupsi besar-besaran pada umumnya dijalankan oleh pejabat level senior dan proses ini melibatkan uang dalam jumlah yang terbilang sangat besar. Dan korupsi ini terjadi karena adanya pembuatan, perubahan dan pengecualian dari sebuah peraturan.

Contoh :

Pemberian pembebasan pajak bagi perusahaan besar.

Korupsi adalah Kriminal
Korupsi adalah Kriminal
  1. Penyuapan (Bribery)

Dalam birokreasi pemerintahan di Indonesia khususnya dibidang atau instansi yang mengadministrasikan penerimaan negara (revenue administration) dibagi menjadi empat, antara lain :

  1. Pembayaran untuk menunda / mengurangi pajak dan cukai
  2. Pembayaran untuk meyakinkan petugas agar tutup mata dengan kegiatan ilegal
  3. Pembayaran kembali (kick back) setelah adanya mendapatkan pembebasan pajak, supaya di masa mendatang mendapatkan perlakuan yang lebih ringan daripada administrasi normal
  4. Pembayaran untuk lancar nya proses pembuatan perizinan (license) dan pembebasan (clearance)
    Penyimpangan/ penyalahgunaan (misappropriation)

Ini bisa terjadi bila pengendalian administrasi (check and balances) dan pemeriksaan serta supervisi transaksi keuangan tidak berjalan dengan baik.

Contoh :

Pemalsuan catatan, klasifikasi barang yang salah, serta kecurangan.

  1. Penggelapan (embezzlement)

Korupsi ini sering terjadi dengan cara menggelapkan atau mencuri uang negara yang dikumpulkan, menyisakan sedikit atau bahkan tidk sama sekali

  1. Pemerasan (extortion)

Pemerasan terjadi Ketika masyarakat tidak mengetahui tentang berlakunya suatu peraturan yang berlaku maka pemerasan pun sering terjadi dan dari celah inilah para petinggi negara melakukan pemerasan dengan cara menakut-nakuti masyarakat untuk membayar lebih mahal atau bahkan hingga berlipat-lipat dari harga normal.

      5. Perlindungan (patronage)

Usaha perlindungan yang dilaksanakan tergolong dalam hal pemilihan, mutasi atau promosi staf berdasarkan suku, kinship dan hubungan sosial lain nya tanpa mempertimbangkan prestasi nya dan kemampuan nya.

 

 

Gravatar Image
Beauty Army Of Allah

Leave a Reply