bulu tangkis
bulu tangkis

5 Atlit Bulutangkis Yang Telah Mendunia

Posted on

Bulutangkis adalah olahraga yang dimainkan oleh orang tunggal atau ganda yang saling berlawanan. Cara bermain bulu tangkis ini menggunakan raket dan kok, yaitu bagaimana caranya anda menjaga shuttlrcock agar tidak menyentuh tanah.

Olahraga bulutangkis ditemukan pertama kali di India. Olahraga ini diciptakan oleh petugas Tentara Britania pada abad ke-19 di Pune. Sebab itu lah sebelum mendapatkan nama bulutangkis olahraga menggunakan raket dan shuttlecock ini dinamakan Poona.

Pada tahun 1850-an para tentara Britania itu membawa permainan poona kembali menuju Inggris. Olahraga menggunakan raket dan shuttlecock ini akhirnya mendapatkan nama badminton atau bulutangkis ini pada tahun 1860-an dalam sebuah pamflet oleh Isaac Spratt.

Bulu tangkis tergolong sebuah permainan olehraga terpopuler di dunia, terutama di wilayah Asia Timur dan Asia Tenggara. Di negara-negara Skandinavia lah yang saat ini mendominasi olahraga ini.

Telah diakui oleh dunia bahwa olahraga bulutangkis memiliki daya tarik yang tinggi hingga dijadikan salah satu olahraga yang diperlombakan, mulai dari tingkat rendah bahkan hingga tingkat Internasional. Dari permainan ini banyak atlet bulutangkis yang memiliki kemampuan hingga diakui dunia sebagai legenda yang masuk dalam jajaran atlet bulutngkis terbaik. Berikut ini adalah atlet bulutangkis terbaik yang diakui seluruh dunia sebagai atlet bulutangkis terbaik sepanjang sejarah.

taufik hidayat
taufik hidayat
  1. Taufik Hidayat

Taufik hidayat merupakan salah satu atlet bulutangkis terbaik. Atlet yang satu ini merupakan atlet bulutangkis dari Indonesia. Taufik dilahirkan pada tanggal 10 Agustus 1981 di Bandung.

Pemain bulutangkis dari Indonesia ini memulai karirnya pada usia 15 tahun. Dengan semangat yang tinggi dan mau terus berusaha akhirnya 2 tahun kemudian ia berhasil dan menjadi nomor 1, yaitu pada usia 17 tahun.

Taufik Hidayat dan Lin Dan mendapat julukan sebagai saingan sejati atau musuh bebuyutan, dikarenakan keduanya sama hebatnya. Lin Dan mendapat bantuan fasilitas terbaik dalam meningkatkan kemampuannya berbeda dengan Taufik Hidayat yang hanya mendapatkan fasilitas yang biasa-biasa saja. Kedua atlet bulutangkis tersebut memiliki kemampuan yang tinggi hingga tercatat  sebagai fantastis four badminton bersama dua atlit yang hebat yaitu Lee Chong Wei dan Peeter Gede.

Dengan tampilan yang memukau Taufik Hidayat berhasil memenangkan berbagai ajang perlombaan bulutangkis, dalam Indonesia Open dari tahun 1999 sampai 2009 Taufik Hidayat meraih 6 kali emas berturut-turut. Atlet bulutangkis yang ini juga berhasil meraih piala emas dalam ajang Asian Games 2002 dan 2006. Ia juga mendapatkan piala emas pada Olimpiade 2004 dan Word Championship tahun 2005. Dengan sifat kesabarannya Taufik Hidayat mendapat julukan Mr. Backhand.

Sejak tahun 2012 Taufik Hidayat memasuki masa pensiun, dan saat itu pula ia mendirikan pusat pelatihan bulutangkis yang berada di Ciracas, Jakarta Timur dengan nama Taufik Hidayat Arena.

lin dan
lin dan
  1. Lin Dan

Lin Dan merupakan salah satu atlet bulu tangkis dengan kelahiran di Logyan, China pada tanggal 14 Oktober 1983. Super Dan adalah nama julukan oleh Peter Gede untuknya.

Lin Dan menjuarai sembilan gelar utama dalam dunia bulutangkis. Atlet bulutangkis ini juga bisa menyelesaikan Super Gland Sam pada usia 28 tahun. Sampai saat ini Lin Dan menjadi satu-satunya atlet bulutangkis nomor tunggal putra. Ia juga meraih medali emas yang mampu bertahan dari Olimpiade 2008 sampai 2012.

Tony Gunawan
Tony Gunawan
  1. Tony Gunawan

Atlet bulutangkis Tony Gunawan ini berasal dari Indonesia. Tony gunawan adalah salah satu atlet ganda terbaik dalam sejarah olahraga bulutangkis sampai saat ini. Dengan keahliannya dalam bermain bulu tangkis akhirnya ia menjadi pelatih bulu tangkis sejak tahun 2001 di Amerika Serikat.

Tony Gunawan pernah menjuarai pertandingan gelar ganda campuran diantranya yaitu Puerto Rico Terbuka. Sepanjang karirnya Tony telah mendapatkkan 35 gelar tingkat Internasional. Selain itu atlet bulu tangkis yang satu ini meraih medali emas pada Olimpiade Sydney tahun 2000 dan World Champioship 2001 Seville dengan tiga patner yang berbeda.

liem swie king
liem swie king
  1. Liem Swie King

Atlet bulu tangkis profesional yang satu ini bernama Liem Swie King berasal dari Indonesia. Liem Swie King lahir pada tanggal 28 Februari 1956 di kudus, Jawa Tengah. Atlet bulutangkis ini merupakan salah satu pemain tunggal putra pada tahun 1980-an.

Pada awalnya di usia 15 tahun Liem swie king sudah berhasil menjuarai kejuaraan bulutangkis Jawa Tengah. Pada November 1972 Liem menorehkan prestasinya pertama kali dalam ajang Djakarta Badminton Open Tournament. Ia juga pernah berhasil menjuarai ajang Gubernur Jawa Tengah Championship. Film anak bangsa yang berjudul King merupakan cerita yang menunjukkan prestasi serta jalan hidupnya.

Peter Hoeg Gade
Peter Hoeg Gade
  1. Peter Hoeg Gade

Peter Hoeg Gade adalah pebulutangkis yang menjadi rival sekaligus sahabat dekatnya Taufik Hidayat. Atlet bulutangkis yang satu ini berasal dari Denmark. Ia lahir di Aalborg, Denmark pada tanggal 14 Desember 1967. Peter Hoeg Gede memiliki istri bernsms Camilla Hoeg yang berprofesi sebagai mantan pemain handball internasional. Kini mereka hidup bersama di Holte, Hopenhagen.

Peter meraih beberapa kejuaraan dar tahun 1999 sampai 2006. Diantaranya yaitu peter menjuarai Kejuaraan Eropa Tunggal putra berturut-turut sebanyak 5 kali. Peter juga meraih emas pada kejuaraan All England Open Badminton Champship tahun 1999.

Itulah beberapa atlet pebulu tangkis yang populer dan nyata diakui oleh seluruh dunia karena kehebatannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply