diet
diet

Ingin Tubuh yang Ideal? Lakukan Diet secara Efektif

Posted on

Mempunyai tubuh yang ideal, merupakan keinginan pada sebagian besar manusia. Ada sebagian yang merasakan bahwa menurunkan berat badan itu sesuatu hal yang cukup mudah, namun ada juga yang merasakan bahwa menurunkan berat badan itu hal yang sulit. Bagi mereka yang sulit untuk menurunkan berat badan kadang mereka merasa percuma saja melakukan hal tesebut. Namun, menyerah itu bukanlah jalan keluarnya. Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan secara alami dengan mudah, sederhana, tanpa harus menguras kantong dan merasa stress. Kuncinya dalam menurunkan berat badan adalah dengan konsisten dan penuh komitmen.

konsisten
konsisten

Harus di ingat bahwa bentuk tubuh ideal tidak selalu sama dengan berat badan yang ideal. Bentuk tubuh adalah pandangan yang subjektif. Makan berat badan adalah hal yang objektif. Apakah Anda menganggap bahwa bentuk tubuh yang Anda miliki tidak ideal? Tapi tunggu dulu, mungkin Anda merasa tubuh bentuk Anda tidak ideal. Tapi bagi ukuran berat badan Anda, bisa saja ideal.

Ada sebagian besar orang yang telah berjanji pada dirinya sendiri untuk menjalani penurunan berat badan. Dengan tujuan tidak lain adalah untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

Banyak sebagian besar manusia yang telah berhasil menurunkan berat badan mereka, tentu dengan metode yang berbeda. Namun tak sedikit pula orang yang belum berhasil. Mungkin Anda termasuk salah satunya.

Pernahkah Anda mengalami menurunkan berat badan tapi Anda malah merasa tidak fit? Mungkin diet yang Anda lakukan kurang tepat. Agar dapat memiliki berat badan yang ideal, tanpa harus melalui jalan medis misalnya, ke dokter, sedot lemak, mengkonsumsi pil pelangsing, dan lain sebagainya. Anda dapat mencoba cara menurunkan berat badan secara alami. Melakukan diet secara alami adalah solusi paling tepat dan aman umtuk menurunkan berat badan. Cara untuk menurunkan berat badan yang tergolong sederhana dan tidak menekan tubuh dengan secara berlebihan menjadikannya lebih aman untuk menuju bentuk tubuh yang Anda impikan.

tubuh ideal
tubuh ideal

Ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan untuk menurunkan berat badan :

  1. Perbanyak Minum Air Mineral

Air mineral sangat penting bagi organ tubuh Anda. Air mineral membantu pada metabolisme tubuh, membuang racun yang masuk ke dalam tubuh, meningkatkan kinerja ginjal, membuat kulit Anda tampak lembut dan cerah, dan juga membantu meningkatkan pada kinerja otak. Selain manfaat tersebut, air mineral dapat menurunkan berat badan. Sebelum makan minumlah satu gelas mineral, karena dapat mengurangi pada porsi makan.

  1. Konsumsi makanan kaya serat

Makanan yang mengandung banyak serat juga dapat mengurangi berat badan lho. Makanan kaya serat, contohnya kacang polong, alpukat, pisang, papaya, kubis, bkoli, pir, jagung, dan beras merah. Selain bermanfaat untuk mengurangi berat badan, makanan kaya serat juga bermanfaat untuk membantu proses detoksifikasi dalam tubuh, menurunkan korestorel yang tinggi, membersihkan saluan pencernaan, dan masih banyak lagi.

  1. Perbanyak frekuensi makan, kurangi porsi makan

Banyak orang yang berfikir bahwa mengurangi frekuensi makan berat dalam sehari dapat mengurangi berat badan. Tapi ternyata, anggapan ini sangat salah besar. Orang yang makan dengan porsi makan besar meski hanya sekali akan menambah masalah baru. Anda cukup dengan mengurangi porsi makan, seperti makan 3 sendok makan nasi dan lauknya. Namun tetap pada frekuensi yang sama atau lebih sering. Jadi, Anda tetap makan 3 kali sehari dengan porsi yang kecil.

  1. Hindari makan lebih dari jam 6 sore

Makan pagi atau di sebut dengan sarapan tentu membutuhkan porsi yang lebih banyak sabagai asupan energy Anda selama seharian penuh. Begitu juga dengan makan siang, namun porsi makan siang harus lebih sedikit daripada sarapan. Makan malam pun, juga begitu. Karena aktivitas telah selesai. Anda tidak perlu  mengkonsumsi makanan yang berat lagi. Nasi dapat diganti dengan sebuah apel. Atau jika Anda hendak makan malam, jangan langsung tidur setelah makan ya.

  1. Tidur yang cukup

Siapa yang bilang, jika aktivitas dapat menurunkan berat badan hanya dengan olahraga? Ini persangkaan yang salah lho. Tidur pun salah satu bagian dari diet alami. Tubuh memang membutuhkan olahraga, namun jangan lupa untuk memulihkan tenaga kembali dengan tidur yang cukup. Bayak penelitian yang mengatakan bahwa kebiasaan kurang tidur dapat menimbulkan banyak kerugian untuk tubuh. Resikonya diabetes misalnya. Hal ini tentu dapat menjadi penghambat metabolisme tubuh untuk hasil yang tidak maksimal. Agar tubuh Anda mendapat regenarasi yang maksimal, perbaiki gaya hidup Anda. Tidur dengan cukup, minimal 6 hingga 8 jam sehari. Dengan begitu, metabolisme tubuh Anda akan ikut untuk di perbaiki dan siap untuk menyambut berat badan yang ideal.

  1. Minum air jeruk nipis setiap di pagi hari

Jeruk nipis sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Minum segelas air hangat dengan jeruk nipis selama masa diet, dapat membantu menurunkan berat badan yang lebih cepat. Karena jeruk nipis kaya dengan vitamin C. Yang bekerja menyerap kalsium dalam sel-sel lemak sehingga berat badan Anda akan turun.

Diet dengan cara alami dan sehat memang tidak terlalu ketat dan menyiksa. Namun tetap saja membutuhkan komitmen tinggi agar berat badan dapat turun secara berkala dan memiliki efek jangka lama. Butuh kesabaran ya.

  1. Olahraga

Bagi Anda yang benar-benar tidak suka dengan olahraga, jangan menyerah dulu. Anda tidak harus melakukan olahraga yang berat. Untuk menurunkan berat badan dengan banyak latihan yang tidak terlalu menguras tenaga. Baik untuk laki-laki maupun perempuan. Olahraga merupakan salah satu cara yang terbukti ampuh. Sebagai cara untuk menurunkan berat badan secara alami dengan cepat dan praktis.

Sekian dari artikel yang kami sampaikan

Semoga Anda tertarik dengan melakukan diet secara alami

Leave a Reply