Bingung Mencari Jati Diri? Baca Ini

Posted on

mencari jati diriMencari jati Diri – Hai,para remaja!  kini bingung mencari jati dirinya? Banyak hal yang harus dipertanyakan soal jati diri. Jati diri bisa diartikan identitas diri atau mengenal lebih dalam tentang siapa dirinya. Proses mencari jati diri sangatlah penting bagi kalangan remaja. Masa remaja merupakan generasi untuk menentukan bangsa di masa yang akan datang. Maka proses kedua hal tersebut perlu diperhatikan.

Untuk lebih jelasnya baca berikut ini.

Apakah Masa Remaja itu?

Masa remaja, tahukah Anda masa remaja? Sebelum menjelaskan tentang masa remaja, saya membahas masa pubertas terlebih dahulu, masa pubertas dialami ketika berusia kira-kira 12-15 tahun masa ini akan mulai mengalami perubahan hormone, baik terjadi pada laki-laki atau perempuan, kemudian beralih masa yaitu ketika berusia 15-18 tahun. Masa inilah yang disebut masa remaja atau pencarian jati diri. Tetapi perlu Anda ketahui, untuk laki-laki biasanya usia lebih lambat daripada perempuan. Yaitu sekitar 16-20 tahun, dikarenakan pertumbuhan pendewasaan lebih cepat perempuan. Hal inilah yang menunjukkan bahwa usia perempuan lebih muda untuk memasuki jenjang pernikahan dibandingkan laki-laki. Tapi Anda jangan khawatir,tidak semua hal sama seperti itu, tetap tergantung dari didikan dan karakter anak. Maka Masa remaja sangat perlu diperhatikan bagi orang tua.

Bagaimana  Kondisi Remaja?

Perlu Anda ketahui, memasuki dunia remaja berarti dimana memulai mencari jati dirinya. Tetapi hal itu perlahan sudah mulai diabaikan bagi para remaja. Mungkin bagi mereka jati diri hanyalah karakter yang mendasar atau sifat sesungguhnya, maka bagi mereka sekarang hanyalah melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan saja,hanya sekedar ikut-ikutan, mencoba pengalaman baru dimasa muda. Bahkan ada pepatah yang mengatakan “masih muda,bersenang-senanglah terlebih dahulu”. Jika ada remaja yang mengatakan seperti itu, mereka tidak memikirkan kehidupan masa depan. Bangsa Negara juga membutuhkan generasi untuk selanjutnya. Jika remaja seperti itu bagaimana dengan bangsa? Maka pendidikan karakter dan proses pencarian jati diri sangatlah diperlukan. Tetapi mereka melakukan seperti itu sebenarnya menunjukkan eksistensi mereka, agar dianggap bahwa mereka itu mampu dalam melakukan hal. Ingin mendapat apresiasi dari orang sekitar.Tetapi nyatanya yang mereka lakukan itu hal yang negatif karena terpengaruh. Maka baik tidaknya bangsa tergantung dari remaja saat ini. Apakah mereka mau belajar dengan generasi lama atau tidak. Maka bagi remaja perlulah untuk mencari jati diri yang sesungguhnya.

Mengapa Perlu Adanya Pencarian Jati Diri bagi Remaja?

Jati diri dalam Kamus KBBI adalah gambaran,jiwa atau keadaan khusus.
Maksudnya pencarian jati diri atau biasa disebut identitas diri, dimana mereka mencari diri yang sesungguhnya. Jati diri adalah karakter yang mendasar pada diri seseorang yang tumbuh dalam hati nurani.Jati diri sesungguhnya memiliki perilaku yang baik. Untuk mencari jati diri ini ilmu yang sangat luas tergantung kita bagaimana cara memahami jati diri tersebut, jika remaja terpengaruh atau salah pergaulan maka dapat dianggap bahwa yang mereka lakukan itu adalah jati diri mereka. Jadi, jangan sampai terpengaruh terhadap pergaulan yang salah. Kenapa sangat penting?, Karena proses pencarian jati diri ini sangatlah penting untuk membentuk karakter pemuda yang memiliki semangat dalam menentukan masa depannya demi orang tua,keluarga dan bangsa.

Bagaimana Cara Mencari Jati Diri Sebagai Remaja?

cara menemukan jati diri

1. Merenungkan masalah atau kejadian yang ada dalam diri.

Cara ini merupakan proses langkah awal, dengan sering merenungkan kondisi diri kita, cara memecahkan masalah-masalah yang terjadi pada diri kita. Kejadian apa saja yang sudah kita alami coba direnungkan,lalu intropeksi diri. Kemudian jika ada masalah coba diselesaikan dengan baik-baik,minta solusi dan saran dari orang tua. Karena orang tua juga yang berpengalaman terlebih dulu daripada kita. Lalu jangan lupa berdoa,semua yang kita alami harus diserahkan kepada Yang Maha Kuasa.

2. Menutupi segala kekurangan dengan kelebihan yang dimiliki diri sendiri

Para pencari jati diri, harus menerima apapun yang menjadi kekurangankita,tetapi kekurangan kita jangan sampai diketahui orang lain maka supaya kita tutupi dengan kelebihan yang kita miliki. karena dengan hal itu orang lain tidak akan menganggap kita remeh dan dijatuhkan. Kita juga tetap harus bersikap rendah hati dan menolong terhadap orang lain agar nantinya kita dapat dihargai dan dihormati orang lain.

3. Menentukan Teman atau Sahabat

Cara kedua adalah dengan berpandai-pandai dalam memilih teman atau sahabat untuk bergaul jangan sampai terjerumus ke dalam pengaruh yang salah,karena baik tidaknya remaja ditentukan oleh teman bergaulnya. Para pencari jati diri juga harus bisa membedakan mana teman dan mana yang sahabat. Karena mereka dapat berkembang,menentukan pola pikirnya juga berdasarkan sahabat yang tepat.

4.Mengenali Kapan waktunya bersyukur dan bisa menikmatinya

Para pencari jati diri harus bisa mengenali lebih dalam dan supaya membiasakan dirinya untuk selalu bersyukur dalam keadaan apapun. Dengan bersyukur Tuhan akan menambah nikmat yang diberikannya sehingga tidak sadar kita selalu merasakan keadaan dengan penuh kenikmatan. Jika itu cobaan bagi kita,maka tetap supaya bersyukur terlebih dahulu baru kita mengeluh dengan Yang Maha Kuasa. Secara tidak sadar maka YTuhan memberikan jalan yang mudah bagi kita.

5. Selalu mengenali dengan kata “aneh”

Para Pencari jati diri, pasti akan selalu memiliki rasa ingin tahu yang cukup luar biasa, mereka selalu memperhatikan keadaan alam sekitar, senang meneliti-meneliti sesuatu dan harus mendapatkan jawabannya. Maka para pencari jati diri sering dikatakan “aneh” karena mereka sibuk dengan kegiatan dalam menyeleksi alam sekitar untuk mendapat jawaban yang tepat. Jika para pencari jati diri tidak tahan dengan kegiatan yang dilakukan seperti itu,maka mereka akan mudah putus asa tetapi jika mereka semangat dengan pencarian jati diri mereka. Mereka akan terus melangkah walau badai menerjangnya.

6. Berani Tampil dengan langkah yang berbeda

Tidak Seperti kebanyakan orang, Para pencari jati diri akan memiliki karakter yang berbeda daripada orang umumnya. Mereka lebih berani dalam melakukan hal apapun yang membuat itu percaya diri asalkan positif.Para pencari jati diri tidak peduli dengan perkataan atau cemoohan apapun dari orang lain karena mereka lebih focus terhadap tujuan yang ingin dicapainya.

7. Mengikuti hal-hal positif dimana saja.

Dengan merutinitas hal positif dimana saja, seperti di sekolah,masyarakat dll. Maka karakter akan terbentuk wujud rasa solidaritas terhadap sesama dan menumbuhkan rasa kasih saying terhadap orang lain. Dengan hal seperti itu maka pencari jati diri akan sadar,bahwa sebagian hal yang dilakukan dengan mengikuti hal positif akan menemukan jati diri sesungguhnya.

Bagaimana, Anda sudah membaca artikel di atas? Maka pencari jati diri sangatlah penting bagi remaja untuk menjadi lebih baik dan penentuan masa depan. Kini Anda tidak perlu khawatir,bingung dalam mencari jati diri Anda.
Sekian semoga bermanfaat.

Leave a Reply