wajah

Penjelasan dan Pengertian Bagian Wajah Manusia

Posted on

Wajah atau disebut dengan muka adalah bagian dari kepala yang posisinya berada di depan. Wajah menjadi ciri khas utama seseorang. Terutamanya wajah digunakan untuk ekspresi wajah, penampilan, serta identitas. Wajah pada manusia meliputi wilayah dari dahi hingga dagu. Termasuk rambut, dahi, alis, mata, hidung, mulut, bibir, gigi, kulit, dan dagu. Wajah bagian luar memiliki kulit yang menjadi pelindung utama. Pelindung dari berbagai rangsangan dari luar.

tulang wajah
tulang wajah

Dalam wajah pun terdapat berbagai jenis tulang yang menyusun dan memiliki peran masing-masing. Tulang membentuk kesempurnaan dan keindahan wajah. Serta memastikan setiap fungsi pada bagian wajah yang menjalankan tugasnya dengan baik. Tulang membentu pada garis wajah dan membentuk pada karakter seseorang.

ekspresi wajah
ekspresi wajah

Tulang pada bagian wajah seseorang  bukan hanya terdiri dari satu bagian. Melainkan di susun oleh berbagai bagian yang mendukung dan berhubungan satu sama lain. Tulang pada bagian wajah memiliki peran penting untuk seluruh proses dan aktivitas yang dilakukan seseorang. Seperti makan dan minum, bernafas, tersenyum dan tertawa, serta tumpuan utama untuk melindungi organ yang ada di dalam nya. Tim Gedubar akan memberi pengertian dan penjelasan nya.

  1. Tulang Mata

Tulang mata merupakan bagian wajah yang berada di antara rongga mata. Berjumlah 2 buah kanan dan kiri. Berbentuk pipih, dan agak menjorok ke dalam. Fungsinya untuk tempat melekatnya bola mata dan pelindung bola mata dari berbagai trauma dari luar. Seperti berbagai serangan atau pukulan.

  1. Tulang Air Mata

Tulang air mata ini merupakan bagian berongga. Yang menjadi tempat penyimpanan air mata sebelum di alirkan. Bentuknya seperti celah. Di dalamnya terdapat syaraf, otot bagian mata, serta kelenjar air mata. Fungsinya sangat berkaitan dengan proses terjadinya pembentukan dan pengeluaran air mata seseorang.

  1. Tulang Rongga Mata

Tulang rongga mata yaitu tulang yang berbentuk empat sisi dan membentuk rongga mata itu sendiri. Letaknya di di sekitar bola mata. Pada tulang ini, system saraf manusia dan otot mata melekat. Fungsinya sebagai penyangga bola mata manusia serta melindungi dari berbagai rangsangan dari luar.

  1. Tulang Hidung

Tulang hidung ini, merupakan tulang yang berbentuk lonjong dan berukuran  kecil. Tergantung dari ukuran tubuh setiap individu. Tulang berperan untuk perlindungan dari bagian hidung yang mempunyai fungsi sebagai penyangga, dan memberikan bentuk yang indah pada hidung.

  1. Tulan Rawan dan Tulang Nasal

Tulang ini merupakan tulang kering yang terpisah dan terletak dalam tulang hidung. Tulang rawan ini berada di ujung hidung yang berbentuk lunak dan dapat di gerakkan, sedangkan tulang nasal berada di antara tulang rawan dan dahi. Kedua tulang ini berfungsi sebagai indra pembau dan jalan pertukaran udara dalam system pernafasan.

  1. Tulang Pipi

Tulang pipi ini berada di bagian rangka wajah yang berperan untuk menentukan pada garis wajah seseorang. Tulang pipi ini ada 2 bagian di kiri dan kanan. Di atasnya terdapat tulang lengkung pipi yang membentuk wajah dan pipi seseorang. Tulang pipi ini menjadi bagian yang penting dari wajah, sebab berpengaruh pada kecantikan atau ketampanan seseorang.

  1. Tulang Rahang Atas

Tulang rahang atas yaitu tulang bagian wajah yang berada di bawah hidung manusia. Berfungi untuk menyokong gigi yang berada di bagian atas mulut serta menjaga pada bentuk hidung agar tetap ideal. Ini merupakan penyusun dari tulang langit-langit mulut yang menjadi bagian atas atau atap dari rongga mulut seseorang.

  1. Tulang Rahang Bawah

Tulang rahang bawah yaitu tulang yang membentuk pada dagu manusia. Dapat bergerak dengan bebas dan menempel pada sisi belakang tulang bagian kepala manusia. Perannya sebagai alat bantu bicara, berperan dalam proses mengunyah, dan mengatur pada letak makanan ketika proses pengunyahan pada makanan. Di dalamnya melekat pada tulang bagian lidah yang berperan sebagai alat bentu dan proses pada pengunyahan makanan.

Pada bagian wajah manusia, terbentuk juga ekspresi wajah atau mimik pada seseorang. Ekspresi wajah adalah hasil dari satu atau lebih pada gerakan wajah seseorang. Ekspresi wajah merupakan salah satu bentuk komunikasi nonverbal. Dan dapat menyampaikan keadaan emosi, bahagia atau lainnya dari seseorang kepada orang yang mengamatinya. Ekspresi wajah merupakan salah satu cara penting dalam menyampaikan pesan social dalam kehidupan manusia. Namun juga terjadi pada mamalia lain dan beberapa spesies hewan lainnya.

Seseorang dapat mengalami ekspresi wajah tertentu secara sengaja, tapi umumnya ekspresi wajah dialami secara tidak sengaja. Akibat perasaan atau emosi pada manusia. Biasanya sangat sulit untuk menyembunyikan perasaan atau emosi tertentu dari wajah seseorang. Ekspresi wajah dapat diketahui dengan mudah, bahkan oleh anggota wajah spesies yang berbeda, misalnya kepuasan dan kemarahan. terkadang suatu wajah pun dapat disalahartikan. Karena susunan otot wajah seseorang tersebut secara alami menyerupai wajah seseorang yang mengalami ekspresi tertentu. Misalnya wajah seseorang yang tampak selalu tersenyum.

Demikian apa yang kami sampaikan. Semoga menjadi wawasan yang bermanfaat untuk Anda.
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel dari Tim Gedubar ini. Salam hangat dari sang penulis.

Leave a Reply