Inilah Hewan Terbesar Didunia Masih Hidup Sampai Saat Ini

Posted on

Hewan adalah salah satu makhluk tuhan yang hidup didunia ini, mereka adalah makluk yang mempunyai paling banyak macam, bentuk dan jenis. Itulah yang membuat manusia terkadang lebih tertarik memburu hewan daripada tumbuhan. Namun taukah anda jika ternyata hewanpun juga ada yang mempunyai ukuran yang tidak wajar loh atau mungkin melebihi ukuran species itu, simak yuk artikel berikut:

1. Paus Biru

Gambar terkait
Paus Biru

Paus biru ini adalah hewan terbesar sepanjang sejarah, buktinya berat satu itu setara dengan manusia sebanyak 2.227 orang dengan masing masing beratnya badannya 70 kg,waw nggak kebayangkan beratnya. Selain itu panjang paus itu sendiri setara dengan lapangan basket dengan panjang 28.7 meter atau bahkan lebih panjang hingga mencapai lebih dari 30 meter. Benar benar besar bukan..

2. Gajah Afrika

Gambar terkait
Gajah Afrika

Yang seperti yang kita ketahui gajah adalah hewan terberat dan terbersar dibanding hewan darat lainnya, namun taukah anda ternyata gajah afrika berat maupun ukurannya tidak sama seperti pada gajah pada umumnya contohnya pada jantan berat badannya berkisaran 6-7 ton dan mempunyai tinggi mencapai 6 – 7,5 meter, sedangkan betinanya memiliki ukuran lebih kecil daripada jantannya yaitu mempunyai berat 3 ton dan mempunyai tinggi mencapai 5,4 sampai 6,9 meter.

3. Beruang Kutub Dan Beruang Coklat

Gambar terkait
Beruang Kutub Dan Beruang Coklat

Dua hewan ini mempunyai kesamaan baik bentuk maupun besarnya, namun taukah anda kalau beruang kutub dan beruang kutub mempunyai berat badan terbesar yang pernah dicatat sebelumnya yaitu beruang kutub seberat 1.003 kg dan beruang coklat seberat  1.135 kg.

4. Buaya Air Asin

Gambar terkait
Buaya Air Asin

Asal anda tahu reptil ini adalah reptil terbesar dari semua jenis reptil yang masih hidup. Biasanya seekor reptil dewasa berukuran kurang lebih  4,1 – 5,5 meter, namun jantan dewasa ukurannya bisa mencapai 6 meter. Dan berat buaya air asin mempunyai berat kira kira 409-1000 Kg namun pada buaya jantan mempunyai berat hingga 100 Kg.

5. Salamender Cina

Gambar terkait
Salamender Cina

Salamender cina ini memang salamender yang memiliki ukuran terbesar diantara salamender yang lainnya, besar hewan ini bisa mencapai  180 cm, namun hewan ini jarang ditemukan berkeliaran karena ia akan berkeliaran hanya diwaktu malam saja atau bisa disebut hewan nokturnal.

6. The Ocean Sunfish

Gambar terkait
Mola Mola

Ocean sunfish atau bisa disebut mola mola ini dalah termasuk hewan terbesar karena hewan bisa memiliki berat badan hingga 1000 kg, sekilas hewan tampak kecil dan imut namun jika perhatikan perkembangan berat badannya benar benar tidak bisa dipungkiri. Hewan ini biasanya hidup secara berkelompok dan bergerombol, ikan ini juga memiliki species yang cukup banyak yakni mencapai 29.000 species yang tersebar di seluruh dunia.

7. Anakonda Hijau

Gambar terkait
Anakonda Hijau

Yap anakonda hijau penghuni sungai amazon ini memang termasuk hewan terbesar karena ular ini bisa memiliki panjang 7.5 meter dan berat 250 Kg. Namun jangan tertipu dengan yang ada difilm ya.. tentu saja kalu itu berbda dengan aslinya.

8. Penyu Belimbing

Gambar terkait
Penyu Belimbing

Penyu ini merupakan penyu terbesar didunia, dan satu satunya penyu rakasasa seberat 220 kg dengan cangkang berdiameter 1.3 meter dari suku Dermochelyidae yang sampai saat ini masih dijumpai keberadaannya.  Perlu diketahui bahwa penyu belimbing ini merupakan reptil terbesar keempat di dunia. Namun species ini hampir punah karena telurnya yang diburu, daging penyu dewasa yang diambil, dan pengrusakan tempat bertelurnya mereka.

9. Hiu paus

Gambar terkait
Hiu Paus

Memang kebanyakan hiu itu terkenal akan keganasannya, namun berbeda halnya dengan hiu paus ini karena ia hanya memiliki gigi berukuran 6mm saja dan tidak tajam seperti gigi hiu pada umumnya. Namun tanpa disadari hiu ini termasuk hewan raksasa karena pernah dijumpai  hiu ini dengan berat 10 ton. Dinusantara, hiu ini terkenal dengan sebutan hiu totol atau gurano bintang hal itu karena seluruh fisik hiu ini dipenuhi pola totol totol.

10. Ubur-ubur Surai Singa

Gambar terkait
Ubur Ubur Surai Singa

Ubur-ubur surai singa (Lion’s mane jellyfish) adalah salah satu jenis ubur ubur beracun dan terbesar dengan panjang 36 meter. Meski beracun dan berbahaya, para penyelam masih banyak yang ingin melihatnya, pernah ada seorang penyelam mengatakan bahwa hewan merupakan invertebrata paling cantik yang pernah ada.

Itulah beberapa hewan terbesar yang mungkin anda harus tau kalau hewan itu benar benar ada dan memiliki berat yang super, semoga bermanfaat.

Leave a Reply