Metamorfosis Sempurna Kupu- Kupu
Metamorfosis Sempurna Kupu- Kupu

Metamorfosis Sempurna Kupu- Kupu

Posted on

Kupu- kupu termasuk salah satu dari beberapa hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Metamorfosis sempurna adalah metamorphosis yang mempunyai empat tahap dalam daur hidup hewan. Metamorfosis kupu- kupu bisa dibilang panjang dan lama. Mulai dari telur, larva, pupa, dan akhirnya menjadi kupu- kupu.

Metamorfosis Sempurna Kupu- Kupu
Metamorfosis Sempurna Kupu- Kupu

Mungkin dari kalian ada yang penasaran bagaimana sih, metamorfosisny kupu- kupu? Jangan khawatir kali ini kami akan menjelaskan bagaimana metamorposis sempurnanya kupu- kupu. Kami juga akan menjelaskan tentang perilaku dari kupu- kupu.

Telur.

 

Proses pertama dari metamorfosis kupu- kupu adalah telur. Setelah masa kawin, Kupu- kupu betina biasanya memilih bagian bawah daun favoritnya untuk meletakkan telurnya. Setelah 3 sampai 5 hari telur kupu- kupu akan menetas. Ketika menetas mereka akan membuat lubang pada telurnya.

Larva/ Ulat.

Metamorfosis Sempurn Kupu- Kupu
Metamorfosis Sempurn Kupu- Kupu

Setelah telur menetas, metamorphosis kupu- kupu yang selanjutnya adalah larva. Biasanya larva yang baru menetas memakan cangkang telurnya sebagai makanan pertamanya. Namun, ada juga larva yang langsung menuju ujung daun dan memulai untuk memakannya.

Fase larva adalah fase yang paling berat bagi kupu- kupu. Karena pada fase ini, larva membutuhkan banyak sekali daun sebagai makanannya. Namun bagi beberapa orang terutama para petani hal ini sangatlah merugikan. Sehingga banyak petani yang membunuh larva tersebut.

Ulat mengalami pergantian kulit 4 sampai 6 kali. Hal ini karena ulat akan mengalami pertumbuhan yang mana ukuran tubuh akan lebih besar daripada ukuran kulitnya.

 Pupa/Kepompong.

Metamorfosis Sempurna Kupu- Kupu
Metamorfosis Sempurna Kupu- Kupu

Setelah menjadi larva, metmorfosis selanjutnya adalah menjadi kepompong. Biasanya kulit kepompong itu berwarna hijau atau coklat. Warna kepompong sesuai dengan lingkungannya ini sebagai bentuk kamuflase dengan lingkungan.

Kepompong saat dilihat dari luar terlihat sedang beristirahat padahal di dalamnya berlangsung proses perubahan dari ulat menjadi kupu- kupu. Saat menjadi kepompong biasanya membutuhkan waktu selama 7 sampai dengan 20 hari tergantung spesies kupu- kupunya.

Kupu- Kupu/ Imago.

Metamorfosis Sempurna Kupu- Kupu
Metamorfosis Sempurna Kupu- Kupu

Setelah beberapa hari menjadi kepompong, kupu- kupu muda akan keluar. Biasanya kupu- kupu yang baru keluar sayapnya masih kecil, kusut, basah, dan masih menempel pada kulit kepompong. Menurut penelitian, cairan yang menyelimuti kupu- kupu itu akan membantu pertumbuhan sayapnya ketika keluar dari kepompong.

Kupu- kupu yang baru keluar dari kepompong biasanya akan berjalan ke dahan untuk mengeringkan tubuhnya. Selain itu juga untuk memastikan sayap berfungsi dengn normal. Sebagai penunjang pertumbuhan, biasanya kupu- kupu dewasa akan mencari bunga pada siang hari untuk menghisap nektarnya.

Itulah metamorfosis sempurna kupu- kupu. Selanjutnya kami akan memberikan beberapa perilaku kupu- kupu.

Perilaku Kupu- Kupu.

Metamorfosis sempurna Kupu- Kupu
Metamorfosis sempurna Kupu- Kupu

Kupu- kupu mencari makan sendiri- sendiri. Namun, jika terlihat kupu- kupu bergerombol saat mencari makan itu pertanda kupu- kupu akan memulai fase reproduksi. Setelah fase reproduksi kupu- kupu betina akan bertelur dan terjadilah daur hidup kupu- kupu.

Kupu- kupu betina baru siap untuk fase reproduksi saat memasuki hari ke-5 sampai ke-6 setelah keluar dari kepompong. Kupu- kupu aktif pada siang hari dan pada malam hari kupu- kupu beristirahat. Kupu- kupu hanya bisa terbang dengan tinggi sekitar 2m tergantung besar sayap yang dimiliki oleh kupu- kupu.

Itulah proses panjang dari metamorphosis smpurna kupu- kupu. Yang dimulai dari telur lalu menetas menjadi larva kemudian menjadi pupa dan akhirnya menjadi kupu- kupu yang indah, yang digemari oleh banyak orang.

Leave a Reply