bola volly
bola volly

Mempelajari Aturan Permainan Bola Voli

Posted on

Sudah tidak asing lagi kan mendengar olahraga bola voli? Olahraga bola voli adalah salah satu permaianan olahraga jenis bola besar. Permainan bola voli ini dimainkan oleh dua grup yang berlawanan. Masing-masing grup memiliki empat sampai enam orang pemain.

Olahraga bola voli tingkat nasional di Indonesia dinaungi oleh PBVSI yaitu persatuan bola voli seluruh Indonesia, sedangkan untuk tingkat Internasional dinaungi oleh FIVB yaitu Federation Internationale de Volleybal.

Olahraga bola voli sendiri sudah sangat mendunia, yaitu menjadi salah satu cabang olahraga permainan yang banyak diminati banyak orang. Tidak hanya orang dewasa yang mempermainkan olahraga bola voli ini, bahkan banyak anak kecil yang sudah faham akan permainan ini dikarenakan olahraga ini dimasukkan ke kurikulum pendidikan jasmani. Seperti cabang permainan olahraga yang lain, bola voli ini memiliki beberapa syarat main dan peraturan main, diantaranya seperti ukuran net, ukuran lapangan, lamanya bermain, formasi permainan dan lain lain. Berikut ini penjelasannya.

Ukuran net

Untuk ukuran dalam permainan bola voli antara putra dan putri memiliki perbedaan ukuran tinggi net.  Tentunya lebih tinggi aturan net untuk putra daripada putri, yaitu 2,34 meter untuk putra dan 2,24 untuk putri.

Untuk lebar net dimulai dengan panjang satu meter. Pita tepian samping net sepanjang lima centimeter sampai satu meter, pita tepian atas net sepanjang lima centimeter, mata jala net sepanjang sepuluh centimeter.

Ukuran lapangan

Ukuran lapangan bola voli yang umum itu dengan panjang lapangan 18 meter, lebar lapangan 9 meter, lebar garis serang daerah di dekat net 3 meter, lebar daerah clerance/penghalau bola bagian belakang  3-8 meter sedangkan untuk bagian samping 3-5 meter. Jarak tiang net dengan garis samping lapangan bola voli sekitar 0,5 sampai satu meter.

Ukuran bola

Ukuran bola tersebut memiliki keliling lingkaran 65 hingga 67 centimeter, dengan berat mencapai 260 hingga 280 gram.

Lamanya permainan

Setiap regu memiliki hak menang dengan point satu kali kemenangan, jika bisa mengumpulkan angka sampai 25 dalam satu set permainan. Untuk regu pemenang dapat juga digunakan sistem two winning set, yaitu pertandingan akan berakhir apabila salah satu regu memperoleh dua kali set kemenangan secara berurut-turut. Dapat juga digunakan sistem yang kedua  three winning set, yaitu pertandingan akan berakhir  apabila salah satu egu memperoleh tiga kali set kemenangan secara berturut-turut.

Formasi permainan

Dalam permainan bola voli terdapat formasi permainan, formasi tersebut memiliki nama sebutan tersendiri dan memiliki tugas tersendiri. Berikut ini sebutan nama formasi permainan bola voli beserta tugasnya.

  • Tosser, tosser biasa disebut dengan pengumpan. Tugas seorang tosser yaitu mengumpankan bola kepada rekan yang lain untuk membentuk serangan kepada lawan. Tosser yang mengatur jalannya permainan bola voli, jadi otak dari pemain bola voli tergantung pada tosser.
  • Spiker/smasher, bertugas untuk memukul bola agar bola jatuh pada pertahanan lawan.
  • Libero, tugas pemain libero adalah bertahan bisa bebas keluar dan masuk tetapi tidak boleh memukul bola ke seberang net.
  • Defender adalah pemain yang bertahan untuk menerima serangan dari lawan.
  • Blokker, tugasnya membendung bola lawan. Seorang blokker biasanya berposisi di depan net.

Jenis pelanggaran permainan bola voli

Dalam permainan bola voli terdapat larangan-larangan yang sering dilakukan oleh pemain diantaranya sebagai berikut.

  • Dilarang mempengaruhi wasit.
  • Dilarang berbicara tidak sopan terhadap lawan maupun wasit.
  • Dilarang terlalu sering menegur wasit.
  • Dilarang menerima petunjuk dari luar lapangan di waktu pertandingan sedang berlangsung.
  • Dilarang meninggalkan lapangan tanpa izin wasit.

Sistem permainan dalam lapangan

  • Pada saat bola sudah di servis, bola melewati lapangan maka satu poin baginya. Tapi jika servis itu keluar maka satu poin bagi lawan.
  • Seluruh bagian tubuh boleh memantulkan bola kecuali dengan kaki atau menendang.
  • Saat bola sudah diservis, kaki atau bagian tubuh dilarang memasuki daerah lawan. Jika itu terjadi maka satu poin bagi lawan.
  • Melakukan servise harus dibelakang garing servise, jika menginjak garis maka dianggap gagal servis.
  • Servis dilakukan harus dipantulkan tidak boleh hanya didorong menggunakan tangan saja.
  • Jika bola yang ditujukan pada daerah lawan keluar dari garis maka satu poin bagi lawan.

Sistem pertandingan permainan bola voli

  • Setiap regu meliputi 10 pemain yang terdiri dari 6 pemain inti dan 4 pemain cadangan.
  • Pergantian pemain inti dan cadangan tidak dibatasi.
  • Jumlah pemain yang akan bermain dilapangan minimum ada 4 pemain, jika yang berada di dalam lapangan kurang maka tim yang bersangkutan tersebut akan dianggap kalah secara otomatis.
  • Setiap pertandingan berlangsung 3 babak, kecuali jika pada 2 babak tersebut salah satu regu pemain sudah ada yang menang secara berturut-turut maka tidaklah perlu diadakan babak ketiga tersebut. Dan tiap masing-masing babak menggunakan hitungan 25 poin.
  • Setiap tim diwajibkan bertukar sisi lapangan jika babak pertama sudah berakhir.
  • Time out hanya dilakukan sekali dalam setiap satu babak, dan satu kali time out dibatasi waktu maximum hanya satu menit.

Peraturan diatas adalah peraturan standar Internasional yang harus anda perhatikan jika anda bermain bola voli. Mudah sekali kan mempelajari aturan-aturan olahraga permainan bola voli. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply