tanaman hidroponik

Cara Membuat Tanaman Hidroponik Di Rumah Dengan Mudah

Posted on

Hidroponik merupakan metode penanaman yang ramah lingkungan. karena tidak perlu memakai pestisida atau semacamnya. Bercocok tanam dengan cara hidroponik kini semakin banyak diminati. Karena dengan cara ini tidak membutuhkan  lahan dan tanah yang luas. Apalagi kalau rumahnya berada di perkotaan. Cara menanam tanaman hidroponik tidak memerlukan media tanah tapi menggunakan air. Tanaman yang di hasilkan lebih aman serta sehat. Tanaman hidroponik hanya cocok pada beberapa tanaman dan buah antara lain yaitu sawi, tomat, selada, paprika, dan masih banyak yang lain.

Cara membuatnya sangat mudah asalkan kamu mau merawatnya. Bagaimana sih cara membuat tanaman hidroponik yang mudah dan sederhana? Simak artikel berikut ini. Contoh yang akan dipakai yaitu menanam sawi.

Hal yang harus dipersiapkan adalah:

  • Benih sawi, sesuai selera karna ada banyak macamnya
  • Air
  • Media, bisa dengan botol, paralon, atau yang lain
  • Rockwool
  • Arang sekam dan sabut kelapa
  • Nutrisi hidroponik
  • Sumbu dari kompor, kain bekas, kain flanel, atau kapas

Yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah penyemaian atau pembibitan, pembuatan medianya, penanaman, lalu perawatan. Berikut ini penjelasannya.

  1. Penyemaian atau pembibitan

Sebelum di tanam menggunakan hidroponik, sebaiknya benih disemaikan terlebih dahulu dengan menggunakan rockwool. Rockwool memiliki daya serap yang tinggi, dan juga bebas dari penyakit dan hama. Adapn caranya sebagai berikut:

  • Potong rockwool menjadi beberapa bagian. Kemudian semailah 1 sampai 2 benih ke 1 bagian rockwool.
  • Basahi benih menggunakan air bersih. Kemudian simpanlah di tempat yang gelap.
  • Tunggulah bibit sampai berkecambah.
  • Ketika bibit sudah berkecambah, letakkan di tempat yang terang tetapi tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Kemudian semprot pakai air rockwoolnya setiap pagi dan sore.
  • Setelah 2 minggu dan sudah terlihat cukup umur barulah pindahkan di media tanaman.
  1. Pembuatan medianya

cara menanam hidroponik

Potong botol menjadi 2 bagian. Bawah dan atas. Bagian atas dilubangi tepat pada tutup botolnya. Lalu pasang sumbunya di bagian tutup botolnya. Setelah sumbu sudah terpasang letakkan arang sekam dan sabut kelapanya di bagian botol yang atas. Kemudian bagian bawah diisikan 2/3 nutrisi hidroponik yang cair. Lalu pasangakan ke dua bagian botol dengan posisi tutup botol di bawah. Dan sumbu sudah terkena nutrisi hidroponik

Atau kamu bisa dengan menggunakan paralon besar yang sudah di bolongi lalu langkahnya sama seperti memakai botol.

  1. Penanaman

Setelah media tanam dan bibit sawinya sudah siap pindahkan dari tempat penyemaian. Lubangi media tanam 1-2 cm dari permukaan kemudian tanam benih.

  1. Perawatan

Cara merawat tanaman hidroponik tidak bebeda jauh dengan merawat tanaman biasa. Dengan melakukan penyiraman setiap pagi dan sore, memberi pupuk secara berkala, dan membersihkan gulma dari tanaman sudah cukup untuk merawat tanaman hidroponik.

Gimana? Mudah bukan membuat tanaman hidroponik sendiri tanpa harus beli. Ternyata membuatnya tidaklah sulit, hanya perlu mengikuti langkah-langkah di atas. Semoga artikel ini akan menjadi pelajaran baru khususnya untuk kamu yang belum memahami cara membuat tanaman hidroponik. Jangan lupa di praktekkan di rumah ya!.

Leave a Reply