Ada Beberapa yang Wajib Anda Ketahui Tentang Planet Neptunus

Posted on
Neptunus (2)
Neptunus (2)

Pada kesempatan kali ini saya menulis artikel yang berjudul “Anda Wajib Mengetahui Tentang Planet Neptunus”,Pasti kalian ada yang mengetahui dan ada juga yang belum mengetahui apa itu planet neptunus? Planet neptunus merupakan planet terjauh(ke-8) jika ditinjau matahari. Ada yang bilang planet neptunus dinamai dari dewa lautan Romawi. Neptunus merupakan planet terbesar ke-4 berdasarkan diameter(49,530 km) dan terbesar ke-3 berdasarkan massa. Planet neptunus juga dikenal dengan warnanya yang biru elektrik yang indah dengan goresan awan yang bermotif di permukaan planet ini. Planet ini mungkin banyak orang yang mengabaikannya jadi disini mari kita telusuri tentang planet neptunus.

  1. Planet neptunus tidak bisa dilihat dengan teleskop dan juga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

 

  1. Penemuan Planet Neptunus

Neptunus merupakan salah satu planet yang ditemukan para ahli dengan melakukan perhitungan matematis. sebelum melakukan          perhitungan otomatis, para ahli melihat langit menggunakan teleskop selama beberapa tahun. Pada saat itulah, planet neptunus           ditemukan karena memiliki gerakan yang lamban berbeda dengan bintang. Karena para ahli masih kurang yakin, para ahli                       melakukan perhitungan matematis yang dimaksud dengan agar dapat memprediksi.

 

  1. Planet Neptunus merupakan planet yang memiliki gravitasi terkuat ke-2 setelah planet Jupiter.

 

  1. Planet neptunus ditemukan oleh Jean Joseph Le verirer & Johann Galle. Karena pada zaman dahulu tidak tahu planet ini karena tidak dapat dilihat dengan mata telanjang ataupun menggukan dengan teleskop.

 

  1. Cincin Planet Neptunus

Planet neptunus ada kesamaan dengan planet saturnus, neptunus memiliki sistem cincin yang tipis,sedangkan planet saturnus                memiliki cincin yang hamper seluruhnya terbuat dari air es, hal ini ditemukan pada tahun 1960-an.

  1. Planet neptunus dulu dinamai dengan nama planet Le Verrier menurut dari nama penemunya,dan itu langsung ditolak dan diganti Neptunus.

7. Neptunus memiliki angin terkuat di tata surya tecatat di neptunus yaitu pada kecepatan hingga 2.000 km/jam.

 

8.Planet neptunus memiliki bintik hitam mirip seperti Great Red Spot di Jupiter. Ini merupakan daerah tekanan atmosfer tinggi yang         memaksa awan gas metana tinggi ke atmosfer seperti cirrus awan di bumi. Akan tetapi, tempat ini akan menghilang dan kembali           lagi pada bagian yang berbeda pada planet ini, ini tidak seperti planet Jupiter.

9. Sejak penemuan planet ini pada tahun 1846, Neptunus telah menyelesaikan satu orbit penuh dari matahari. Ini memerlukan 165           tahun untuk pergi mengelilingi matahari.

 

  1. Iklim yang di miliki planet neptunus sangat aktif, Di atmosfer atasnya, badai menyapu apapun yang melintasinya dan angin matahari berkecepatan tinggi hingga meluncur megelilingi planet ini hingga mencapai kecepatan 1.340 km/detik.

Leave a Reply