buah tin dan buah zaitun
buah tin dan buah zaitun

Pengertian dan Manfaat Buah Tin dan Buah Zaitun

Posted on

Pada al-quran terdapat surat yang bernama surat At Tiin. Dinamkan surat itu karena diambil dari kata At Tiin yang terdapat pada ayat pertama surat ini yang artinya buah tin. Selain buah Tin terdapat juga buah Zaitun, menurut para sebagian ahli tafsir yang dimaksud buah Tin adalah tempat tingal nabi Nuh, yaitu damaskus yang terdapat banyak pohon Tin, dan Zaitun adalah Baitul Maqdis yang banyak sekali tumbuh pohon Zaitun.

Allah SWT berfirman yang artinya: “Demi buah Tin dan buah Zaitun” (Q.s:At-tiin:1). Dengan allah menyatakan seperti itu bahkan allah bersumpah dengan menyebut “Demi buah Tin dan buah Zaitun” tentu saja hal ini mengandung hikmah yang dalam sekali seperti yang sudah dinyatakan ole sebagian ahli tafsir.

Berikut kami akan membahas tentang pengertian dan manfaat buah Tin dan buah Zaitun.

Pengertian Buah Tin

buah tin
buah tin

Buah Tin ialah buah-buahan yang mengandung zat yang sejenis alkalin yang mampu menghilangkan keasaman pada tubuh. Zat-zat aktif yang terdapat pada buah Tin ialah bisa dikatakan sejenis zat-zat pembersih yang bisa dipakai untuk mengobati luka-luka luar dengan cara melumuri pada luka itu.

Unsur-unsur yang terkandung dalam buah Tin ialah karbohidrat, protein, dan minyak. Selain itu, buah Tin juga mengandung yodium, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, belerang(fosfat), chlorin, dan asam malic dan nicotinic.

Penelitian menyebutkan bahwa buah Tin itu termasuk buah yang dapat merangsang pembentukan hemoglobin darah yang cocok untuk obat penyakit anemia. Bukan itu saja, buah Tin juga mengandung kadar glukosa yang cukup tinggi.

Pengertian Buah Zaitun

buah dan zaitun
buah dan zaitun

Para ilmu pengetahuan menyatakan bahwa pohon zaitun itu merupakan pohon sebangsa seperti yang berumur panjang untuk masa yang lebih dari seratus tahun. Buah Zaitun ini menghasilkan buah yang terus-menrus tnapa harus menguras tenaga manusia, sebagaimana buah Zaitun yang selalu saja tampak hijau dan indah jika dipandang.

Beberapa peneliti ilmiah telah menyatakan bahwa buah zaitun itu tergolong zat makanan yang sangat bagus. Didalam buah zaitun terdapat kadar protein yang besar, seperti ia memiliki kadar garam yang mengandung kalsium, zat besi, dan fosfat. Itu merupakan zat-zat yang sangat penting dan vital ang dibutuhkan oleh tubuh manusia, tidak itu juga buah zaitun juga mengandung vitamin A dan B.

Tidak hanya itu saja, buah zaitun juga bisa mengeluarkan minyak yang biasa disebut dengan minyak zaitun yang sangat bermanfaat bagi system pencernaan dan system peredaran darah atau jantung. Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk memasak dan membuat salat sayur. Dan selain itu juga, minyak zaitun bisa dipakai sebagai bahan dasar kosmetik dan sabun dengan kualitas yang sangat tinggi, karena sifatnya yang mampu menghaluskan kulit.

Minyak zaitun dengan secara keseluruhan dapat mengungguli segala jenis minyak nabati maupun hewani. Karena minyak zaitun tidak mengakibatkan penyakit pada saluran darah dan urat nadi, tidak seperti yang diakibatkan oleh jenis minyak-minyak lainnya.

Manfaat atau Khasiat Buah Tin

  1. Kandungan Kalium , Omega 3 dan Omega 6 pada buah Tin atau Ara dapat membantu untuk menjaga tekanan darah tinggi dan serangan Jantung koroner. 2. Buah Tin atau Ara merupakan buah yang kaya akan serat makanan, yang membuat mereka sangat efektif untuk program penurunan berat badan( Obesitas). 3. Bahkan daun dari tanaman Tin ini memiliki sifat penyembuhan. Rebusan daun pohon Tin atau ara dapat membantu pasien yang mempunyai diabetes bisa mengurangi jumlah asupan insulin. 4. Mengkonsumsi buah tin atau ara dengan rutin bisa membantu mengurangi resiko Kanker Payudara dan Kanker Kolon. 5. Kandungan Coumarin yang terdapat pada buah Tin , juga dapat mengurangi resiko Kanker Prostate. 6. Kandungan Kalsium dan Kalium pada buah Tin atau ara bisa mencegah penipisan tulang ( Osteoporosis) , dan membantu untuk meningkatkan kepadatan tulang. Dalam 100 gram buah Tin mengandung 241mg Calsium , dan 2 X lebih tinggi dari pada kandungan Calsium pada susu( 118mg per 100 gram) . 7. Tryptophan, dalam buah Tin atau ara, dapat menginduksi tidur yang baik dan membantu menyingkirkan gangguan tidur seperti insomnia. 8. Mengkonsumsi buah Tin atau ara bisa mengurangi kelelahan , meningkatkan daya memori otak dan mencegah Anemia. 9. Karena efek laksatif, mengkonsumsi buah ini itu sangat membantu untuk mengobati sembelit kronis. 10. Konsumsi harian buah Tin atau ara yang direndam ( 2-3 buah ) merupakan obat yang sangat efektif untuk terapi penyembuhan wasir. 11. Serat larut yang terdapat dalam buah Tin ini disebut Pektin, didalam buah Tin bisa membantu dalam mengurangi kolesterol darah. 12. jika diterapkan pada kulit, buah Tin atau ara yang dipanggang ini bisa menyembuhkan radang seperti abses dan bisul. 13. Karena kadar air dari buah Tin yang tinggi, tumbuk buah ara yang berfungsi sebagai pembersih kulit yang sangat baik dan bisa membantu dalam mencegah dan menyembuhkan jerawat . 14. Buah Tin kaya akan kalsium dan kalsium alternatif yang baik sekali untuk terapi pengobatan orang yang terkena alergi terhadap produk susu . 15. Buah Tin kaya akan Phenol dan Benzaldehid yang alami sebagai Zat Anti Tumor serta bisa membunuh Micro-organisme Pathogen, Jamur dan Virus pada tubuh manusia

 

Leave a Reply