Penyakit Penyebab Kaki Kram dan Kesemutan

Posted on

Biasanya kram dan kesemutan datangnya tiba tiba dan akan sangat menyiksa ketika terjadi secara teus menerus atau sering. Kram adalah sebuah kondisi dimana kontraksi terjadi secara tiba tiba, walau hanya sebentar rasa sakit akan terjadi di bagian otot maupun di sebuah kelompok. Kram pada umumnya dialami oleh oran orang sehat, terutama ketika sesudah atau saat sedang melakukan aktivitas.

penyakit-penyebab-kaki-kram-dan-kesemutan

Kesemutan dan kram kaki berpotensi muncul sewaktu kita duduk atau tidur pada posisi tertentu dalam waktu lama atau posisi yang kurang nyaman. Untuk menghilangkannya kebanyakan orang akan memilih untuk memberi pijatan atau menggerakkan kaki.

Kira kira bila kaki terlali sering karm yang juga diikuti kesemutan, gejala penyakit apakah yang sedang dialami? Berikut ini beberapa informasi terkait  yang kiranya dapat membantu anda tentang penyakit penyebab kaki kram dan kesemutan :

  1. Diabetes

Kaki yang sering kesemutan dapat menjadi gejala dari penyakit diabetes mellitus. Kram dan kesemutan di bagian kaki ini dapat disebabkan oleh tingginya gula darah sehingga timbul kerusakan di bagian saraf saraf tepi.

  1. Herpes zoster

Kram dan kesemutan bisa juga menjadi tanda bahwa kita tengah mengindap herpes zoster dimana penyebabnya sama seperti cacar air. Hanya saja, setelah herpes ini sembuh virus akan menetap di dalam jaringan saraf. Tidak hanya di bagian kaki saja yang akan menderita karena kram, nyeri dan kesemutan, rupanya seluruh tubuh pun dapat berpotensi mengalaminya sehingga akan sangat tidak nyaman.

  1. Malnutrisi

Kaki kram dan kesemutan dapat menjadi gejala adanya masalah kekurangan gizi atau malnutrisi. Biasanya kedua kakilah yang sering mengalaminya.

  1. Saraf Terjepit

Bisa saja kaki yang terkena kram atau kesemutan secara sering terjadi apabila saraf yang diketahui pada posisi sedang terjepit. Yang umumnya terjadi adalah saraf sciatic yang terjepit dimana saraf ini terbentang dari pinggul sampai tugkai kaki sehingga sebagai gejalanya adalah sering terjadi kram dan kesemutan.

  1. Ketidakseimbangan hormone

Sering merasakan kram dan kesemutan di bagian kaki atau juga di bagian tubuh tertentu lainnya dapat menandakan adanya gangguan hormon. Gangguan hormone ini meliputi adanya ketidakseimbangan sehingga biasanya orang yang tidak seimbang hormonnya cenderung lebih mudah sakit.

  1. Stroke

Kaki yang mudah kram dan kesemutan dapat menjadi salah satu gejala dari adanya penyakit stroke. Apabila kram dan kesemutan tidak cepat cepat mendapatkan perawatan yang benar, kelumpuhan adalah resikonya dimana itu artinya penderita tidak mampu lagi menggerakkan anggota tubuhnya secara nyaman dan bebas.

  1. Dehidrasi

Kaki yang sering kram maupun kesemutan jangan dianggap remeh karena itu bisa jadi karena dehidrasi. Dehidrasi sendiri diketahui sebagai keadaan saat tubuh kekurangan banyak cairan.

  1. Tumor otak

Salah satu gejala dari tumor otak adalah kram dan kesemutan di organ kaki, walaupun memang gejala dari tumor otak sendiri tidaklah sama antara satu denagn yang lainnya.

Demikian artikel di atas tentang penyakit penyebab kaki kram dan kesemutan. Semoga bermanfaat, bila ada gejala yang mencurigakan dan tak seperti biasanya jangan tunda untuk memeriksakannya ke dokter. Terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply