Mantap! Membangun Investasi dengan Mudah

Posted on

Investasi, Pernahkah Anda mendengar istilah tersebut? Tentunya istilah itu tidak asing bagi kita terutama dalam zaman modern ini,istilah investasi sangat penting di bidang ekonomi atau keuangan bagi seseorang atau pengusaha yang ingin memulai bisnisnya untuk masa yang akan akan datang atau sederhananya ingin menanamkan sebagian modalnya kepada perusahaan guna mendapatkan keuntungan dalam waktu ke depannya.

Untuk lebih jelasnya,mari kita simak yuk !

Pengertian Investasi

pengertian investasi

Kata Investasi berasal dari kata investire yang artinya memakai/menggunakan.
istilahnya adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan atau perorangan untuk menanamkan asset atau memberikan modal kepada orang/perusahaan lain, sehingga berkembang asset tersebut dalam jangka ke depan, lalu dibagi sesuai perjanjian untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Dalam istilah sederhananya adalah penanaman asset atau modal untuk mendapat keuntungan dalam masa depan untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam berinvestasi dapat memulai sejak dini agar investasi tersebut dapat digunakan sebagaimana mestinya. Contoh digunakan untuk membangun rel kereta api,membuat-gedung-gedung perusahaan atau mendapatkan kehidupan yang layak di masa tua dll. Jika Anda ingin melakukan investasi,maka hal-hal yang perlu diperhatikan.

Sikap yang harus Anda Lakukan Ketika Mulai Berinvestasi :

  1. Mengenali dan memulai jenis usaha yang akan dilakukan
  2. Tentukan asset/modal yang akan diinvestasi
  3. Hitung pendapatan yang Anda miliki
  4. Hitung utang-piutang yang Anda miliki sebelum berinvestasi
  5. Tentukan jenis investasi
  6. Tentukan target yang dicapai
  7. Berapa lama ingin berinvestasi

Jenis-jenis Investasi :

1. Tabungan

Dengan Anda menabung,hal tersebut sama saja Anda melakukan berinvestasi dalam jangka panjang. Karena pada tabungan tersebut akan memberikan bunga berapa persen sesuai uang yang ditabungkannya.

2. Reksa Dana

Reksa dana adalah wadah/pengelolaan dana yang digabungkan dengan investor lain dalam investor-investor lain kemudian dikelola oleh manager investasi yang ada di Pasar Modal dengan membeli unit penyertaan Reksada. Manager Reksada yaitu suatu pihak yang mengelola dana dan menggabungkan dengan investor lain dan dikelola dengan secara khusus.Reksa dana sanagt cock dilakukan bagi seseorang.

3. Saham

Saham adalah Menyertakan modal atau kepemilikan modal dalam suatu perusahaan.Dengan kita memberikan saham berarti sebagian modal kita berada di perusahaan tersebut.maka kita berhak memiliki hak klaim atas pendapatan perusahaan,asset dll. Dengan membeli saham maka kita membeli pada perusahaan tersebut.Saham sebenarnya hanya berupa selembaran kertas berbentuk sertifikat yang menjelaskan kepemilikaan saham atau  disebut surat berharga. Saham memiliki resiko keuntungan dan kerugian yang tinggi.tergantung dari pola kerja perusahaan tersebut.

4. Properti

Properti di Indonesia berupa tanah,rumah ruko gedung dan bangunan-bangunan lain.
kata property : “berarti sesuatu yang dimiliki seeorang”.Istilahnya suatu kepemilikan seseorang yang berupa benda yang diakui secara sah oleh pihak lain. Maka jika melakukan investasi properti dapat dilakukan secara mudah. Keuntungan dari investasi properti ini harga tiap tahun cenderung bertambah.

5. Obligasi

Investasi obligasi ini cukup terkenal di Indonesia setelah investasi saham.Dengan melakukan obligasi berarti Anda telah meminjamkan uang kepada perusahaan atau pemerintah.Kemudian instansi tersebut akan mengembalikan modal beserta jumlah bunga yang bertambah berdasarkan tempo yang telah ditentukan.

6.Emas

Emas atau logam mulia adalah suatu benda yang berharga apabila dijual.Kadang setiap tahunnya pun harga jualnya berbeda,tergantung dari pihak pemerintah yang menyatakan dollar naik atau tidaknya.Karena asset investasi emas ini sangat mudah dijual.Akan tetapi resiko nya sulit dalam menyimpannya.

7. Valuta Asing (Forex Trending)

Valuta Asing adalah kegiatan yang memperdagangkan transaksi jual beli mata uang asing pada suatu Negara terhadap Negara lain.Dengan melakukan invesatsi valuta asing maka membeli mata uang asing. Maka suatu ketika nilai tukar uang menjadi naik dan dijual kembali, maka kuntungannya jika nilai tukar mata uang rupiah menurun,maka nilai tukar mata uang yang Anda punya meningkat.

 

Manfaat yang Anda dapatkan jika berinvestasi :

 

Sejak dini telah mempelajari bisnis

Bagi Anda yang sudah berinvestasi sejak dini,tentunya Anda memulai bisnis juga sudah sejak dini.Dengan melakukan investasi maka Anda mendapatkan keuntungan yang berlebih dalam mengembangkan bisnis Anda tersebut.

Mempersiapkan untuk masa tua kelak nanti

Dengan Anda berinvestasi berarti Anda telah mempersiapkan diri ketika masa tua nanti.Tidak perlu susah untuk melakukan pekerjaan yang berat untuk mendapatkan biaya dalam memenuhi kebutuhan hidup Anda.Karena generasi muda sekarang banyak yang tidak memikirkan masa tua nanti,ketika dihari tua nya maka mereka stess memikirkan kehidupannya.

Waktu jangka panjang memiliki tabungan

Jika Anda berinvestasi,maka Anda memiliki tabungan dalam jangka panjang. Anda dapat membuat rancangan kehidupan dalam jangka panjang. Dengan melakukan investasi pada tabungan Anda mendapatkan keuntungan dari tabungan tersebut.Bisa saja,sewaktu-waktu terjadi hal yang mendesak,Anda dapat menggunakannya.

Nah,bagi Anda yang memiliki modal,Tunggu apa lagi? Sekarang mulailah berinvestasi untuk masa depan.

Sekian penjelasan dalam membangun Investasi,semoga bermanfaat.

Leave a Reply