Macam-macam Kerajinan Tangan dari Kertas yang Unik dan Lucu

Posted on

Saat ini karya seni berupa kerajianan tangan sangat banyak diminati oleh banyak orang dan sangat banyak macamnya. Nah kali ini saya akan membahas kerajinan tangan dari kertas, kerajinan dari kertas ini biasa dibuat menjadi tugas sekolah yaitu tentang seni dan budaya. Entah itu dari Koran bekas, dari kerdus, dari kertas origami, dan masih banyak lagi.

Kerajinan dari kertas ini biasanya sih hanya melipat-lipat kertas menjadi bentuk burung, binatang kaki empat, atau bentuk-bentuk yang lainnya. Nah,kerajinan tangan dari kertas kali ini tidak seperti kerajinan kertas yang mungkin sudah biasa kalian lihat. Berikut ini beberapa kerajinan tangan dari kertas yang berbeda dari biasanya, dari bentuk dan tingkat kesulitannya jauh lebih tinggi.

Papercraf

contoh papercraft
contoh papercraft

Papercraft ini merupakan kerajinan dari kertas yang lebih modern, karena kertas tersebut digambar dengan gambar-gambar yang lucu dan unik. Dalam membuat ini sangat bermacam-macam tingkat kesulitannya. Mulai dari bentuknya yang sederhana sampai ke tingkat yang sangat rumit lagi.

Untuk membuat papercraft sederhana caranya cukup mudah. Pertama kalian harus cari pola gambar yang akan dibuat menjadi papercraft terlebih dahulu. Kemudian prin pola gambar tersebut pada sebuah kertas, usahakan kertasnya menggunakan kertas yang agak tebal. Kemudian potong kertas tersebut mengikuti pola yang sudah ada tadi. Kemudian yang terakhir tinggal menyatukan kertas yang sudah dipotong menggunakan lem.

Angsa dari kertas

angsa dari kertas
angsa dari kertas

Kerajinan angsa dari kertas ini dibuat dengan cara melipat kertas menjadi bentuk segitiga. Kemudian dirancang menjadi bentuk angsa atau sesua kreatifitasnya masing-masing.

Seni Kertas Origami

origami burung
origami burung

Nah, kalau kerajinan dari kertas yang satu ini banyak orang yang bisa. Bisa dibilang namanya ini seni melipat kertas atau origami. Dalam seni kertas origami ini banyak yang sering membuat burung, atau ada juga yang membuat bentuk naga.

Pop-up Book

Pop-up Little Pony Industry Standards
Pop-up Little Pony Industry Standards

Pop-up merupakan karya seni kertas 3d, kenapa bisa disebut karya seni 3d karna karya seni ini menapilkan bentuk gambar yang muncul dari kertas. Jadi jika kamu membuka buku pop-up ini, maka akan muncul gambar yang timbul seperti pada gambar di atas.

Pop-up Card

Night-Before-Christmas-Pop-Up-Card
Night-Before-Christmas-Pop-Up-Card

Pop-up cart ini hamper sama dengan pop-up book. Hanya saja bedanya Cuma dari bantuknya. Jika pop-up book berbentuk buku tapi kalau pop-up card ini berbentuk kartu saja. Pop-up card ini biasanya bisa digunakan untuk kartu ucapan yaitu, seperti kartu ucapan selamat ulag tahun, pernkahan, dan bisa juga digunakan untuk memberi hadiah pada kawan terdekat. Selain yang diatas tadi pop-up juga bisa digunakan untuk kartu undangan suatu acara dan lain-lain.

Seni menggulung kertas

Paper_Quilling
Paper_Quilling

Seni kertas yang satu ini terlihat sangat indah sekali karena berbagai macam warna. Gulungan-gulungan kerts yang di susun segingga menjadi bentuk-bentuk yang unik dan keren.

Anyaman

anyaman dari kertas
anyaman dari kertas

selain karya-karya seni yang seperti diatas, kertas juga bisa dibuat menjadi anyaman dengan berbagai bentuk yang indah. Kalian bisa mengkreasikan dengan berbagai macam warna dan model yang lucu dan unik. Semakin banyak warna dan rumit model yang dibuat, maka semakin sulit juga pembuatannya.

Kerajinan tangan dari kertas merupakan suatu kerajinan yang keren dan unik. Itulah tadi beberapa kerajinan tangan dari kertas yang rumit, unik, lucu, dan keren. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply