sungai amazon

Sesuatu Yang Wajib Diketahui Tentang Sungai Amazon

Posted on

Sungai amazon adalah sungai terpanjang kedua di dunia setelah sungai nil, sungai ini berada di Negara Amerika Selatan. Sungai ini memiliki panjang 6.400 kilometer dan lebar 1,6-10 km bahkan lebarnya bisa ditambah hingga 48 km, memiliki wilayah seluas 7 juta kilometer persegi serta memiliki luas hutan yaitu 5,5 juta kilometer persegi, saking panjangnya sungai ini sampai melewati beberapa Negara di benua amerika yaitu  Brasil yang 60 persennya adalah hutan, Kolombia, Peru, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname, dan Guyana Perancis dan sungai ini dijuluki sebagai laut sungai.

Gambar terkait
Sungai Amazon

Selain itu sungai amazon juga memiliki banyak hewan yang mungkin disungai selain amazon tidak dijumpai hewan tersebut, namun sebagian besar hewan yang ada di dalam sungai amazon adalah hewan buas atau bahkan mengerikan, apa saja hewan berikut adalah beberapa hewan mengerikan di dalam sungai amazon.

1. Ikan Pacu

Ikan Pacu
Ikan Pacu

Hewan ini mungkin termasuk yang berbahaya namun hewan ini aligator pemakan daging ia termasuk hewan omnivora namun ikan ini menyukai kacang dan buah. Namun perlu disadari bagi kaum adam untuk tidak sesekali berenang di sungai amazon karena terkadang salah mengartikan alat vital pria sebagai salah satu sumber makanannya, selain itu giginya yang menyerupai gigi manusia itu mempermudah dirinya menggigit bahkan mengunyah apapun yang ia makan.

2. Ikan Payara

Ikan Payara
Ikan Payara

Ikan Payara merupakan salah satu hewan berbahaya yang ada di sungai Amazon. Memiliki gigi tajam seperti vampir, ikan predator ini merupakan lawan utama dari ikan Piranha. Dapat tumbuh sampai dengan 1,2 meter, ikan ini dilengkapi 2 gigi tajam dengan panjang 15 cm yang biasa digunakan sebagai senjata utama untuk membunuh mangsanya.

3. Piranha Perut Merah

Gambar terkait
Piranha Perut Merah

 

Sering kali di tunjukan pada beberapa film yang menunjukan bahwa ikan piranha adalah ikan yang ganas bentuknya imut yang sering membuat tertipu bahwa ia termasuk makluk amazon yang ganas, ia biasanya tinggal berkelompok sehingga manusia bisa mengetahui bahwa itu adalah daerah piranha atau tempat daerah kekuasaan. Ikan ini akan menyerang jika korban sedang terluka dan piranha akan menghabisi sampai ketulang korban.

4. Belut Listrik

Belut Listrik
Belut Listrik

Belut yang mungkin satu2nya terganas dibanding belut pada umumnya. Panjang 2,5 meter, belut ini mampu menghantarkan listrik dengan kekuatan 600 volt kekorbannya. Belut ini termasuk hewan karnivora, tapi belut listrik lebih suka memakan ikan, amfibi, burung dan mamalia kecil. Hewan ini tidak membuat manusia mati, namun dengan sengatan berkali kali bisa menyerang pada jantung. Kebanyakan korbannya akan pingsan dan terhanyut oleh arus air dan akhirnya menghilang.

5. Hiu Banteng

Hiu Banteng
Hiu Banteng

Hiu dikenal sebagai predator di perairan asin, namun hal ini berbeda bagi hiu banteng. Hiu banteng ternyata mampu beradaptasi di perairan tawar. Hiu banteng biasanya berkelana disungai amazon, hampir 4.000 meter jauhnya dari lautan.Hiu banteng mampu tumbuh sampai dengan panjang 3.3 meter dan berat mencapai 312 kg. Hiu banteng memiliki ginjal khusus yang mampu mendeteksi perbedaan air dan beradaptasi dengan cepat dengan lingkungan barunya.

Dan masih banyak lagi hewan predator di peraian sungai amazon yang perlu anda ketahui. Namun tidak hanya itu hewan hutan sungai amazon juga tidak kalah menarik lagi, hewan tersebut yaitu.

1. Katak Beracun

Katak Beracun
Katak Beracun

Katak ini sangat berbeda dengan katak yang biasa hidup di pekarangan rumah. Hampir di sekujur tubuh katak ini mempunyai lendir yang beracun. Penduduk setempat biasanya memanfaatkan racun yang ada di tubuh katak ini dengan di oleskan di anak panah mereka dengan hati- hati. Akan tetapi hal mengerikannya adalah katak ini bisa membunuh manusia hanya dalam satu sentuhan saja.

2. Ulat Beracun

Gambar terkait
Ulat Beracun

Mempunyai tubuh hampir sama pada ulat pada umumnya.Bulu- bulu tersebut terdapat racun yang bisa menyebabkan kematian bagi orang- orang yang menyentuhnya. Racun ini menyebabkan darah tidak membeku dan menurunkan tekanan darah secara drastis.

3. Tyrannobdella Rex

Gambar terkait
Tyrannobdella Rex

Hewan ini sejenis lintah dengan keunikan memiliki sebaris gigi yang berjumlah 8 gigi. Biasanya lintah ini menghisap darah dari hidung inangnya. Karena ukuran yang sangat kecil, lintah ini sangat sulit terlihat apabila telah memasuki hidung dan dapat menyebabkan rasa sakit kepala yang luar biasa.

Suku Amazon

Gambar terkait
Suku Huaorani

Selain itu amazon juga memiliki penduduk yang hidup jauh dari peradapan manusia modern kalau kalian tau nama sukunya adalah suku huaorani. Suku Huaorani adalah suku yang terletak dipedalaman hutan Amazon dan hidup tanpa pakaian, bergantung pada alam, dan penghuni paling di takuti di hutan Amazon. Suku Huaorani menempati kawasan di pedalaman hutan Amazon di sebelah timur Ekuador. Lebih spesifik, di sepanjang aliran Sungai Napo dan Sungai Curacay yang daerah nya di kenal dengan panggilan Quehueri’ono. Salah satu wilayah sulit di jangkau.

Suku Huaorani menempati hutan Amazon sudah lebih dari 1000 tahun. Suku in tidak pernah keluar dari hutannya dan menolak untuk dikunjungi orang- orang asing. Mereka Suku Huaorani sangat tergantung pada alam, orang- orang suku ini minum dari air sungai Amazon, berburu dan memetik buah- buahan di hutan amazon. Karena telah 1000 tahun tinggal di hutan ini, orang- orang suku telah mengetahui  buah mana yang menyebabkan kematian atau sungai mana yang dipenuhi oleh predator. Suku Huaorani sangat menjaga kepercayaan leluhurnya yaitu larangan berburu rusa, karena mereka menganggap mata rusa itu seperti mata manusia dan mereka dilarang membunuh ular karena suatu simbol pertanda buruk.

Hutan Amazon

Gambar terkait
Hutan Amazon

Hutannyapun tak kalah menarik, hutannya termasuk hutan tropis paling luas di dunia, dan memiliki 2 nama lain, yaitu paru-paru dunia karena menghasilkan 30% dari seluruh oksigen di Bumi, dan disebut ‘neraka hijau’ karena setiap tahun sungainya meluap. Lebatnya hutan membuat semua terlihat sama dan karena banyak serangan dari serangga buas yang sebagian besar belum dinamai.

Itulah beberapa hal yang wajib anda ketahui tentang amazon baik sungai, hutan, hewan yang didarat dan diair serta suku yang hidup disana. Artikel ini semoga bermanfaat untuk anda dan semua yang membaca.

Leave a Reply