ikan hias
ikan hias

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terpopuler

Posted on

Sudah tidak asing lagi bukan mendengar kata ikian hias. Ikan hias adalah jenis ikan yang berhabitat di air tawar maupun air laut. Ikan hias tidak untuk dikonsumsi, melainkan untuk dipelihara. Panorama bawah laut seringkali dinilai mempesona. Banyak orang yang rela menghabiskan uang hanya untuk menikmati keindahan bawah laut. Dengan kemajuan teknologi sekarang, terkadang orang menggantikan indah panorama air laut dengan kehadiran ikan hias di dalam rumah yang dapat menjadi salah satu hiburan di tengah rutinitasnya yang padat. Ikan-ikan hias ini dipelihara karena kesenangan oleh karena itu bentuk, ukuran, warna dan jenis ikan ini harus benar-benar diperhatikan.

Ikan hias air tawar adalah ikan hias yang habitatnya hanya bisa di air tawar, pemeliharaan ikan hias ini biasanya terdapat di akuarium atau di kolam tergantung pada tujuan pemeliharaan dan bergantung juga pada ukuran hias tersebut. Ikan hias yang dipelihara hanya untuk kesenangan biasanya ditempatkan di akuarium. Sedangkan ikan hias yang untuk dibudidaya untuk mengambil keuntungan biasanya di tempatkan pada kolam ikan.

Jenis ikan hias yang dipelihara hanya untuk kesenangan biasanya tergantung pada selera pemilik, sedangkan ikan hias yang dipelihara untuk dijual/untuk bisnis biasanya tergantung pada selera pasar dan harga jualnya. Berikut ini adalah penjelasan dari berbagai macam ikan hias air tawar yang populer.

ikan hias air tawar
ikan hias air tawar
  1. Ikan Oskar

Astronotus ocellatus adalah bahasa ilmiah dari ikan oskar. Ikan oskar ini memiliki ukuran dan gerakan yang mirip dengan ikan nila, karena ikan ini memiliki warna dasar hitam dengan warna batik orange yang menonjol.

Di alam bebas ikan oskar bisa bertahan hidup kurang lebih mencapai sepuluh sampai duabelas tahun. Ikan ini juga memiliki gigi yang runcing, jadi jika anda memelihara ikan hias oskar sebaiknya ditempatkan di kolam karena ikan ini akan tumbuh dengan fisik yang sangat besar.

  1. Ikan Discus

Ikan discus memiliki nama ilmiah yaitu Symphysodon aequifasciata. Ikan discus ini memiliki tubuh yang sangat unik. Tubuhnya berbentuk bulat pipih seperti piring yang telungkup. Saat diihat dari depan tubuhnya terlihat pipih tapi jika dilihat dari samping terlihat lebar. Ikan ini berasal dari sungai Amazon..

  1. Ikan Louhan

Ikan hias louhan pernah menjadi ikan hias terpopuler loh di tahun duaribuan. Ikan hias louhan ini sangatlah cocok ditempatkan pada aquarium. Benjolan besar pada kepala ikan inilah yang menjadi ciri khas dari ikan louhan sendiri. Ikan louhan bukanlah ikan hias yang memiliki fisik indah dengan sendirinya melainkan hasil dari perkawinan silang antara ikan-ikan cichlid yang berasal dari Amerika.

  1. Ikan Koi

Ikan koi memiliki tubuh yang bulat memanjang menyerupai torpedo. Ikan koi umumnya berwarna hitam, putih, merah, kuning, perak dan keemasan. Dengan warna yang menarik ini lah ikan koi menjadi daya tarik masyarakat sehingga ikan koi tergolong ikan hias yang sangat populer bagi peciinta ikan hias aquarium. Cara memelihara ikan koi ini harus memberi makan sedikit-sedikit karena kelemahan ikan koi ini tidak bisa menyimpan kelebihan makanan dalam bentuk lemak.

  1. Ikan Cupang

Ikan cupang lebih dikenal dengan nama ikan petarung. Ikan cupang ini memiliki nama latin Beta splendens. Bentuk tubuh ikan ini memanjang dengan warna yang beraneka ragam yaitu coklat, hijau, hitam, merah, biru, kuning ungu dan lain-lain. Ikan ini juga terkadang memiliki monokrom dengan dua atau lebih gradasi. Ikan cupang ini memiliki kelebihan yaitu akan tampak indah jika saat berenang sirip yang panjang dan lebar menjuntai, dan salah satu keistimewaan ikan cupang yaitu memiliki umur yang panjang.

  1. Ikan Wakin

Ikan wakin ini masih termasuk dalam golongan ikan mas biasa yang memiliki gerakan yang lincah dan atraktif. Ikan wakin memiliki ekor yang lebar dan panjang sedangkan badannya agak bundar.

  1. Ikan komet

Ikan hias komet adalah salah satu jenis ikan hias air tawar aquarium yang sudah populer, bahkan mereka yang hanya sekedar hoby pun ikut mengkomersilkannya. Ikan komet ini memiliki daya tarik yang sangat kuat dikarenakan warna tubuhnya yang cantik dan ikan ini mempunyai gerakan mempesona. Ikan hias ini sangat ramah karena itu dia bisa hidup berdampingan dengan ikan hias jenis lain dalam satu tempat.

Ikan komet banyak dipelihara oleh para pecinta ikan hias dikarenakan mudah menyesuaikan diri dengan tempat yang baru, tetapi tempatnya harus bersih. Kelebihan ikan komet yang lain yaitu memiliki warna tubuh yang bermacam-macam seperti kuning, merah, putih dan perpaduan dari warna-warna tersebut.

  1. Ikan Black Ghost

Ikan black ghost bisa juga disebut Apterontus Albifrons. Ikan hias ini jarang dikenal oleh pemelihara ikan hias yang pemula, padahal ikan ini unik yaitu ikan black ghost ini memiliki bentuk tubuh yang hitam seperti hantu hitam yang sedang berenang di air. Pada bagian tubuhnya terdapat bagian yang mirip seperti kain yang tertiup angin. Ikan ini juga memiliki sifat yang nokturnal, yaitu di siang hari suka bersembunyi dan di malam hari beraktivitas.

Salah satu keunikan yang lain yaitu ikan ini memiliki ekor yang mungil. Ikan black ghost juga sering kehilangan ekornya karena ekornya bergerak seakan-akan memancing mangsa jadi sering kali ikan lain mengira ekor dari ikan black ghost adalah makanan mereka. Namun ekor ikan black ghost bisa kembali tumbuh seperti semula.

  1. Ikan Lemon

Dinamakan ikan lemon karena ikan ini melmiliki warna tubuh yang hampir sama dengan warna kulit lemon .Ikan lemon ini digolongkan ikan hias yang sangat agresif buas dan menyerang ikan yang lainnya.

Ikan lemon ini juga biasa disebut Neolamprologus lelupi. Ikan lemon ini sebaiknya tidak ditaruh di aquarium karena aquarium akan cepat kotor dikarenakan kotoran yang dikeluarkan ikan ini. Ikan ini memiliki sifat sangatlah rakus, apa saja makanan yang diberikan pada ikan ini pasti akan habis. Tidak hanya makanan yang dihabiskan jika ikan lemon merasa lapar tapi tidak diberi makanan maka dia akan memangsa ikan lain yang lebih kecil.

  1. Ikan Arwana

Ikan arwana ini ikan asli dari Indonesia, ikan ini berasal dari pedalaman Papua dan Kalimantan. Ikan ini mempunyai dua sungut di bawah bibirnya, berguna untuk mendeteksi mangsa. Ikan ini digolongkan ikan predator.

Harga ikan arwana dikategorikan masih mahal, tegantung dengan jenis ikan tersebut. Harga paling murah masih dijangkau dengan harga ratusan ribu dan untuk harga induk arwana masih puluhan juta.

Diatas itu lah jenis-jenis ikan air tawar serta penjelasannya yang biasa dibudidaya ataupun dipelihara di rumah. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply