dekorasi kekinian
dekorasi kekinian

Mendekor Ruangan Menjadi Lebih Indah dan Menarik

Posted on

Suatu sudut atau pojok ruangan dalam hunian Anda bisa menjadi salah satu area yang tidak pernah berfikir untuk mendekor. Yap, meski letaknya terpencil, sudut dalam suatu ruangan memiliki banyak sekali fungsi dan bisa menjadi daya tarik jika didekor dengan tepat dan sesuai.

Memiliki sebuah ruangan yang bersih,indah,dan rapi tentu membuat sesuatu yang menyenangkan untuk menerima teman-teman, saudara dan keluarga Anda. Dan itu menjadi salah satu utama dari setiap tuan rumah yang baik. Apalagi lebih dari itu menjadi suatu hal yang utama agar penghuni menjadi merasakan hangat dan nyaman di dalam rumah mereka sendiri.

Tujuan dalam mendekor adalah :

  1. Memberikan suasana yang nyaman pada pengguna
  2. Menghadirkan pada suasana yang tepat
  3. Meberikan hiasan atau aksesoris yang enak untuk dipandang
  4. Memberikan nilai pemandangan yang sesuai dengan naskah drama

Mendekor pada rumah, ruangan, atau setiap sudut atau pojok ruangan seringkali di identik kan dengan sesuatu yang mahal, atau ribet.  Tapi kali ini gedubar akan memberikan ide bagaimana cara mendekor yang lebih indah dan praktis dan tidak mengeluarkan uang yang banyak.

  1. Mendekor pada Rumah

dekorasi rumah
dekorasi rumah

Rumahku istanaku, home is where the heart is. Kata ini sangat sering digunakan untuk menunjukkan bahwa rumah merupakan “jantung” pada suatu kebahagiaan dan keindahan. Rumah adalah tempat dimana berbagi cinta dengan seluruh anggota rumah keluarga.

Untuk menciptakan ini, banyak yang mendesain, mendekor pada rumah nya sebagus-bagusnya. Kini, tak sulit untuk dilakukan. Kemajuan teknologi dan dan luasnya akses komunikasi, membuat Anda menjadi lebih mudah untuk mendesain dan mendekor. Anda tinggal memainkan pada jari dan fikiran Anda untuk mencari pada suatu inspirasi.

Yuk, simak informasi nya:

  1. Untuk tampilan yang sleek dan clean, pilihlah warna –warna yang netral membuat ruangan Anda menjadi terasa nyaman

Dalam men desain, sangat penting bagi Anda untuk mengatur warna yang ada dalam ruangan rumah. Pilihlah warna yang netral yang dapat memberikan kesan sleek and clean.

Salah satu yang menjadi pilihan terbaik untuk mendesain yang memberikan kesan sleek and clean adalah putih, abu-abu, atau hitam.

  1. Memberikan aksen pada dinding rumah agar tidak terlihat monoton

Memberikan hiasan dinding yang berupa lukisan gradasi yang sederhana menjadi pilihan yang terbaik untuk mendekor sisi tembok yang polos. Walaupun sederhana, hiasan dinding dapat menjadi pemanis tersendiri pada ruangan rumah Anda.

Memberikan cat pada dinding rumah dengan aksen lapisan garis yang lebar, membuat dinding tampak keren, tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Ruangan Anda menjadi lebih hidup dan berwarna. Anda dapat memilih garis horizontal atau vertikal.

  1. Padukan gaya lain untuk mendapatkan kesan rumah Anda yang unik

Kaki model hairpin atau coffe table sangat cocok untuk dipadukan dengan desain rumah,lho. Selain itu, pemilihan material meja dari kayu dapat menampilkan kesan rustic atau tetap elegan.

  1. Kalau Anda tipe yang feminim, bisa juga gabungkan dengan warna yang lembut seperti pink pastel

Anda jangan terpaku oleh warna-warna netral saja, Anda dapat men sesuaikan desain rumah dengan kepribadian.

  1. Marble atau marmer dapat menjadi pelengkap dekorasi yang memberikan tekstur serta kesan yang mewah

Untuk memberikan kesan yang menjadi lebih hidup dan tidak monoton, tidak ada salahnya untuk memberikan tekstur dalam rumah. Salah satu yang dapat Anda pilih adalah tekstur marble yang kekinian saat ini.

  1. Tanaman dapat menjadi pajangan yang tepat untuk mendekor pada rumah

Warna tanaman dapat membuat rumah Anda menjadi monoton dan menjadikannya lebih hidup. Untuk memberikan nilai yang lebih kesan dan rapi, Anda dapat menyusun koleksi tanaman dalam rak susun. Anda dapat memilih tanaman yang mudah untuk dirawat seperti kaktus.

2. Mendekor pada Ruangan

dekorasi ruangan
dekorasi ruangan
  1. Dekorasi dengan warna yang cerah

Warna cerah atau terang tentu akan memantulkan cahaya dalam ruangan. Selain itu, warna cerah akan meberikan tampilan yang luas dan lapang. Karena, dapat memperluas ruangan secara visual. Dinding, tirai, berbagai furniture perlu didekor sesuai dengan warna yang cerah atau sesuaikan dengan ruangannya.

  1. Biarkan pada cahaya matahari yang masuk

Dalam ruangan yang sempit, perlu cahaya alami masuk kedalamnya. Selain membuat kamar menjadi lebih terang, panas dari terik matahari akan memberikan ruangan Anda terasa hangat dan segar. Hal ini dibutuhkan agar ruangan tidak lembap, maka dari itu sangat baik jika ruangan memiliki jendela untuk sirkulasi.

  1. Peletakan furniture

Tidak semua furniture akan memberikan kesan yang baik jika di letakkan mepet pada dinding. Adapun beberapa perletakkan di sudut atau tengah menciptakan ruang terbuka dalam kamar sehingga terasa menjadi lebih luas. Bentuk-bentuk dari furniture akan mempengaruhi perletakan yang sesuai di dalam sebuah ruangan. Jangan jadikan ruang dalam kamar terbuang terbuang dengan sia-sia.

  1. Letakkan cermin dalam ruangan

Sebuah cermin tentu akan membuat kamar atau ruangan Anda menjadi terasa luas. Hal ini disebabkan karena adanya pantulan gambar dari cermin yang memperlihatkan seisi ruangan. Sehingga dapat memperluas pandangan ketika Anda melihat kea rah cermin. Ruangan yang tadinya terlihat kecil akan terlihat menjadi lebih lebar dan luas.

  1. Pola lantai ruangan

Pada penutup lantai, dapat menggunakan karpet atau keramik dengan warna yang polos. Selain warna polos, pola bergaris atau gambaran yang kecil akan memberikan ilusi ruang yang luas. Pandangan mata Anda akan merasakan ruangan yang lebih lebar dari tampilan yang sebelumnya.

3. Mendekor pada sudut atau pojok ruang

dekorasi sudut ruang
dekorasi sudut ruang
  1. Meja belajar atau meja kerja

Sudut ruang yang berbentuk letter L, sangat ideal jika diisi dengan meja siku. Dengan diberi tambahan meja, area ini dapat dimanfaatkan sebagai area belajar atau bekerja. Pilihlah meja yang memiliki laci untuk menyimpan buku dan berkas. Sertakan juga kursinya. Dan tambahkan penyangga buku agar koleksi buku tetap rapi di atas meja. Bisa juga jika Anda tambahkan rak dinding temple sehingga tidak terlalu banyak benda yang ditempatkan di meja.

  1. Area untuk menggantung pakaian

Pasti Anda tidak pernah berfikir untuk membuat area penyimpanan baju tambahan di sudut ruang, kan?

Anda dapat memaksimalkan sudut ruang untuk menggantung pakaian.

Anda dapat menambahkan rak temple pada bagian atas gantungan untuk menempatkan pada bingkai foto keluarga, atau foto yang lainnya sehingga membuat dekorasi menjadi terlihat lebih cantik. Selain itu, bagian bawahnya dapat Anda manfaatkan untuk area penyimpanan. Seperti sepatu, sandal atau barang-barang yang lainnya.

  1. Meletakkan pada pajangan

Gunakan pad arak tempel yang berbentuk siku pada suatu sudut ruang dan dapat dimanfaatkan untuk menaruh hiasan dinding, foto, aksesoris, atau pernak-pernik yang lainnya.

Untuk membuat suasana menjadi terkesan hunian yang berbeda Anda dapat menempatkan bingkai berisi quote motivasi atau inspiratif untuk menambah pada estetika ruang.

  1. Meletakkan aksesoris

Jika memiliki koleksi aksesoris yang banyak, Anda dapat memaksimalkan sudut kosong untuk tempat penyimpanan. Tempat untuk menyimpan aksesoris tidak harus selalu berupa kotak tertutup. Anda dapat menggunakan rak yang berbentuk tangga dan tambahkan boks atau gantungan. Anda dapat menyimpan kacamata, kalung, topi, syal, dan lain sebagainya.

  1. Memasang lampu hias

Sudut ruang dapat Anda gunakan untuk meletakkan lampu hias. Selain untuk penerangan, lampu hias dapat berfungsi untuk menghias, dan mempertegas pada sudut ruang. Anda bisa gunakan jenis lampu downlight untuk menambah kesan yang hangat dan eksotis.

Sekian dari artikel saya, semoga dengan Anda yang telah membaca artikel ini bisa di praktikkan dalam mendekor atau menghias pada rumah, ruangan, sudut ruangan Anda.

Semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Leave a Reply