candi prambanan
candi prambanan

Asal-usul Candi Prambanan Lengkap

Posted on

Sejarah tentang Candi Prambanan

Candi prambanan ialah sebuah candi hindu yang berada pada perbatasan antara 2 provinsi yaitu Jawa Tegah dan DI Yogyakarta. Letak candi prambanan tepat berada berada kurang lebih 30 kilometer sebelah timur laut kota Yogyakarta. Candi Klasan, Candi Pawon, candi Keraton ratu Boko, dan Candi Plaosan itu merupakan candi yang berada paling dekat dengan candi prambanan.

Candi Prambanan merupakan candi peninggalan hindu terbesar di Indonesia, dan diyakini di Asia Tengara dengan ketinggan yang mencapai 47 meter. Candi ini oleh UNESCO sudah ditetapkan sebagai cagar budaya yang dibangaun pada abad ke-9, dan dipersembahkan untuk 3 dewa besar agama hindu yaitu Brahma, Wishnu, dan Syiwa. Brahma sebagai Dewa pencipta, Wishnu sebagai deaw pemelihara, dan Syiwa sebagai dewa penghancur.

Sejarah tentang pembangunan Candi Prambanan

Setelah tanah jawa dikuasai oleh Dinasti Syailendra yang beragama budha yang kurang lebih lamanya satu abad, dan pada akhirnya kekuasaan mereka perlahan pudar setelah mengalami beberapa kekalahan yang besar. Sejarah Candi Prambanan dimulai pada sat itu, dan Dinasti Sanjaya yang beragama hindu secara perlahan namun pasti kembali menguasai wilayah jawa.

Dan untuk menyaingi candi budha terbesar yang berada di jawa yang pernah dibangun oleh Dinasti Syailendra yaitu Candi Borobudur, kemudian Dinasti Sanjaya membangun sebuah candi hindu yang tidak kalah megah juga.

Sejarah candi prambanan dimulai sekitar tahun 850M. candi prambanan pertama kalinya dibangun oleh Rakai Pikatan yang merupakan penguasa Dinasti Syailendra dimasa itu. Setelah itu, candi prambanan lanjut dengan pembangunan besar-besaran yang dilakukan oleh Raja Lokapala yang dilanjutakan lagi oleh Balitung Maha Sambu merupakan penguasa Kerajaan Mataram dari Dinasti Sanjaya. Pembangunan candi kemudian dilanjutkan oleh raja Daksa and Tulodong dengan membangun Candi Perwara yaitu candi-candi kecil yang jumlahnya sangat banyak mencapai ratusan.

Prasasti Shivagrha

Contoh Prasasti Shivagrha
Contoh Prasasti Shivagrha

Prasati shivagrha ditemukan dan berangka tahun 856 masehi. Berdasarkan prasasti tersebut, bisa dikatan candi prambanan dibangun untuk menghormati Dewa Syiwa. Berdasarkan prasasti itu juga, disebutkan bahwa candi ini pertama kali dinamakan sebagai Shiva-grha yang artinya Rumah Syiwa atau disebut juga Shiva-laya yang berarti Kerajaan Syiwa.

Sejarah candi prambanan tak lepas juga dari prasasti shivagrha yang juga menyabutkan berlangsungnya sebuah proyek besar yang berlangsung secara bersamaan dengan pembagunan candi prambanan. Proyek besar yang terjadi pada bagian luar sekitaran komplek percandian adalah proyek sungai Opak. Sungai opak merupakan sungai besar yang mengalir pada sebelah utara Candi Prambanan. Sungai Opak pada awalnya mengalir dari utara komplek candi menuju ke arah timur, kemudian alirannya dibelokkan hingga mendekati candi. Pemotongan sungai ini dilakukan dengan cara memotong aliran air yang dibagian utara dan langsung dibelokkan menuju ke selatan persis melewati timur candi prambanan.

Sejarah Pusat Pemerintahan Candi Prambanan

contoh gambar candi boko
contoh gambar candi boko

Berdasar sejarah candi prambanan yang didapat dari bukti sejarahnya, Candi Prambanan ini juga merupakan candi yang digunakan sebagai acara pemujaan dan berbagai acara kegamaan lainnya . Disekitar candi prambanan juga terdapat beberapa komplek bangunan yang semacam kuil atau tempat tinggal para Brahma atau Pendeta Budha.

Dengan adanya beberapa komplek-komplek besar pada daerah disekitar candi, diyakini bahwa kawasan ini merupakan pusat lokasi pemeritahan Kerajaan Mataram Hindu dari Dinasti Sanjaya. Hal ini juga memperkuat dengan ditemukan runtuhan candi Ratu Boko yang letaknya sekitar 5 kilometer disebelah selatan candi prambanan.

Candi Ratu Boko ini merupakan runtuhan percandian yang cukup luas. Dan berdasar bukti sejarah, diyakini komplek Candi Ratu Boko ini ialah bekas reruntuhan komplek istana Kerajaan Mataram Hindu. Dan diyakini juga di tempat ini lah pusat pemerintah Kerajaan Mataram Hindu berada.

Sejarah Runtuhnya Candi Prambanan

masa reruntuhan candi prambanan
masa reruntuhan candi prambanan

Disinilah sejarah candi pramabanan berakhir, saat istana Kerajaan Mataram bergeser dan dipindah ke Jawa Timur. Penyebab dari pindahnya lokasi pemerintahan ini diakibatkan karna letusan besar Gunung Merapi yang terletak pada sebelah utara candi prambanan. Penyebab lainnya juga karna adanya berbagai pemberontakan besar yang terjadi pada Dinasti Sanjaya itu sendiri. Pindahnya pusat pemerintah ini juga dilakukan oleh Mpu Sindok pada tahun 930 masehi dan kemudian mendirikan Dinasti Isyana.

Candi Prambanan secara perlahan mulai rusak dan mengalami kehancuran secara besar besaran yang berakibat dari gempa bumi besar yang terjadi pada abad ke-16. Dan pada akhirnya candi prambanan sudah benar-benar hanya tinggal puing kecil yang jumlahnya mencapai ratusan. Namun meskipum begitu masyarakat setempat masih sangat menghtormati keberadaan runtuhan candi prambanan tersebut dan sampai-sampai munculah legenda Roro Jonggrang yang sangat terkenal itu.

Penemuan kembali Candi Prambanan dan Pemugaran

gambar candi prambanan sekarang
gambar candi prambanan sekarang

Setelah ratusan tahun ditinggalkan, kini sejarah candi prambanan menemui jalan terang lagu setelah tentara inggris tertarik untuk mengembalikan kejayaan candi prambanan ini. Dia adalah Colin Mackenzie dia adalah seorang anak buah Sir Thomas Stamfort Raffles yang secara kebetulan menemukan runtuhan candi prambanan dan ditugaskan untuk melakukam evakuasi, namun tidak berjalan dengan mulus.

Akhirnya restorasi secara besar besaran pada tahun 1930 dan sampai tahun  1918 yang pada akhirnya diresmikan langsung oleh presiden Indonesia yang pertama yaitu presiden Soekarno.

Setelah mengalami restorasi, candi prambanan kembali mengalami kerusakan berat pada tahun 2006 akibat dari gempa bumi yang mengguncang wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Namun setelah itu candi prambanan segera mendapatkan perbaikan yang maksimal dan menyeluruh.

Candi Prambanan Masa Kini

Sendratari Ramayana
Sendratari Ramayana

Kini keindahan candi prambanan tidak akan pernah usai. Sejak pertama kali dibangun sampai sekarang ini masih sangat sering digunakan untuk berbagai upacara keagamaan hingga acara wisata lainnya.

Sedangkan bagian sebelah barat candi dibangun sebuah panggung Sendratari Ramayana yang sangat rutin disuguhkan untuk para pengunjung wisatawan yang mengunjungi candi prambanan tersebut.

Sendratari Ramayana itu merupakan tontonan tari yang menampilkan kisah cerita hindu yaitu Ramayana. Pesta tari ini sangat menarik wisatawan khususnya wisatawan mancanegara. Jika ingin menonton tari ini tentu saja ada tiket masuknya, dan tiketnya cukup mahal bagi wisatawan local.

Itulah sejarah Candi Prambanan dari latar belakang pembangunan, masa kejayaannya, saat runtuhnya kerajaan, hingga sampai saat ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply