Ingin Tahu,Negara Maju bagian Bumi Selatan?

Posted on

Kali ini saya akan membahas tentang Negara maju.
Sebelumnya saya mau Tanya guys, apa sih Negara maju? Apa perbedaannya?

Ok Guys,mari kita simak pembahasan berikut!

Negara Maju adalah sebutan untuk suatu Negara yang memiliki standar hidup yang relatif tinggi, sarana dan prasarana yang dimiliki memadai,perekonomiannya sudah merata, peran pembangunan sosial dari pemerintah untuk membantu masyarakat guna menyediakan jaminan sosial dari kehilangan pekerjaan. Negara maju juga dilihat dari kejadian zaman dahulu yang sudah merdeka terlebih dulu. Negara maju identik berwarna biru,bentuk kotanya juga dirancang dengan Metropolis Galaktika.
Berikut perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang :

  • Negara maju :

1.Pendapatan perkapita tinggi
2.SDM yang berkualitas
3.Sedikitnya pengangguran
4.kemajuan teknologi yang canggih
5.kesenjangan sosial rendah

  • Negara berkembang :

1.Pendapatan perkapita rendah
2.Pertumbuhan penduduk rendah
3.Kurangnya sumber Daya Manusia
4.banyaknya pengangguran
5.Masih bergantung pada bantuan Negara lain
6.Kesenjangan sosial tinggi

Ciri-ciri Negara maju :

-Tingkat pendidikan tinggi dan kesehatan lebih baik
-Pertumbuhan penduduk lebih rendah karena kelahiran terkontrol
-Mereka mengutamakan karier terlebih dahulu sebelum -Memasuki kehidupan rumah tangga
-Rata-rata usia hidupnya lebih baik dan presentasi buta hurufnya rendah
-Pola makan dan kehidupan lebih dijaga
-Modal Negara melebihi kebutuhan
-Standar hidup lebih tinggi
-Pekerjaan utama dibidang sektor industri dan jasa dari pada pertanian
-Kemajuan Teknologi lebih maju dan berkembang pesat
-Ekspor tidak bergantung pada produk primer
-berorientasi pada perdagangan dalam dan luar negeri

Contoh Negara Maju bagian Belahan Bumi Selatan
Australia dan Selandia Baru

 

Negara Maju  Australia

Negara Maju di Australia

Tahukan kalian, Negara Australia? Negara ini terletak di bagian selatan terdiri dari daratan utama benua Australia pulau Tasmania dan berbagai pulau kecil di samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Negara Australia berada di lempeng Indo-Pasifik. Memiliki luas wilayah 7.617.930 km2. Terletak Antara 90 LS dan 440 LS dan 1120 BT, dan 1540 BT.
Negara ini dijuluki sebagai Negara Kangguru.

Lalu apa yang membuat Negara ini sebagai Negara maju?

Potensi Sumber Daya Alam

Australia memiliki komoditas ekspor utama yang kaya akan Sumber Daya Alam yaitu,bijih besi dan batu bara. Kemudian investasi pada sektor sumber daya lainnya yaitu gas alam cair (LNG) menjadi sektor utama. Pada tahun 2017 Bank Investasi Morgan Stanley menilai penguatan investasi di Australia dapat mendorong Negara tersebut menjadi pengekspor LNG terbesar di dunia.

Potensi Sumber Daya Manusia

Di Australia anak-anak wajib menjadi anak didik sekolah dan wajib belajar 11 tahun. Dalam program Penilaian Pelajar Internasional secara berkala Australia masuk lima besar dari tiga puluh Negara maju di dunia.(Negara-negara anggota Organisasi untuk kerjasama dan Pengembangan Ekonomi). Hampir 58% orang Australia berumur 25-64 tahun memiliki kualifikasi kejuruan atau perguruan tinggi dan tamatan perguruan tinggi sebanyak 49% adalah yang tertinggi di antara Negara-negara anggota OECD (Organisation for Economic Coperation and Development).

Harapan Hidup yang Tinggi

Harapan hidup di Australia yaitu 78,7 tahun bagi laki-laki dan 83,5 bagi perempuan yang lahir,pada tahun 2006. Australia memiliki  kelebihan bobot badan yang menjadi proporsi tertinggi diantara negar-negara maju dan menjadi yang paling sukses dalam hal pencegahan persebaran HIV/AIDS.

Potensi Sosial Budaya

Budaya Australia juga dipengaruhi budaya barat Anglo-Keltik,tetapi uniknya masih muncul budaya asli Australia. Walaupun begitu warga Negara Australia tetap memilah hal sisi baik maupun yang buruk,seperti berpakaian, tetap berpakaian rapi dan sopan membedakan antara style kerja,di rumah maupun bersantai,meskipun masih ada beberapa yang memakai pakaian mini.

Masyarakat yang Taat Hukum

Perilaku Masyarakat Australia diatur oleh gabungan hukum resmi dan kebiasaan sosial yang tidak resmi. Pemerintah mencantumkan tindak pidana serius apabila melakukan seperti pembunuhan,penipuan,kekerasan seksual dll. Di Australia tidak ada hukum mati namun,peraturan tersebut sangat ketat dan warga wajib mematuhinya.
merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol juga tidak melanggar peraturan namun ada batasan yang harus ditetapkan seperti dilarang menjual atau memasok produk kepada mereka yang kurang berusia 18 tahun,jika mengkonsumsinya harus ada takarannya.Dilarang memperlakukan buruk terhadap binatang,membuang limbah sembarangan tanpa izin.

Pendidikan yang Unggul

System Pendidikan Australia yang berstandar tertinggi dan termasuk pengakuan Internasional,Karena bagi Australia bersekolah adalah wajib.yang memberikan sumbangsih pada tingkat kemelekan huruf 99%.

Berkomitmen Tinggi terutama hal SAINS dan Teknologi

Australia bercita-cita untuk membangun budaya inovasi memanfaatkan jaringan sebaik-baiknya,memajukan dalam penelitian dan IPTEK.menjalin kerja sama antara universitas dan industri.memiliki teknologi informasi (ICT) yang canggih dan terdepan di dunia.Produksi barang dan jasa menghasilkan pendapatan sekitar $54 milyar dan penghasilan industry mencapai lebih $100 milyar.

Lingkungan Hidup yang Unik dan Mempesona.

Meskipun memiliki iklim yang ekstrim Australia tidak kalah akan keistimewaannya,baik kota maupun keindahan alamnya.Memiliki banyak tanaman,binatang yang unik.bangunan tersusun rapi. Wisata yang spektakuler.

 

Negara maju Selandia Baru(New Zealand)

Negara Maju Selandia Baru

Tahukah Anda,kenapa Selandia Baru disebut Negara maju?
Padahal sebagian besar Negara agraris.
Selandia baru terletak di Samudra Pasifik bagian selatan yang disebut kawasan Oceania. Negara ini sebagian besar berpenghasilan dari pertanian. Namun, ada juga sebagian berpenghasilan dari kebun.Negara ini terletak antara 290 LS sampai 530 LS dan 165 BT0 sampai 1760 BT. Ibukota Selandia Baru adalah Wellington.Negara ini memiliki pendapatan ekonomi yang tinggi pendapatan Domestik bruto mencapai US$ 176,4 milyar dan pendapatan perkapita berdasarkan keseimbangan kemampuan Berbelanja sebesar US$ 37.200,-

Hal yang mendukung Negara ini menjadi Negara maju adalah :

Pertumbuhan penduduk yang stabil.

Negara ini termasuk penduduk yang rendah.Pada tahun 2017 hanya berjumlah 4,510,327 jiwa.

Memiliki Kawasan Tanah yang Sejuk dan Subur

Negara ini salah satu wilayah yang memiliki tanah yang subur dan cuaca yang subtropis,sehingga geografisnya yang mirip dengan Indonesia. Tanah ini cocok untuk ditanam berbagai macam buah-buahan.

Komoditas Utama adalah Pertanian

Selandia Baru bermata pencaharian adalah peternakan,perkebunan,perikanan.namun komoditas utama adalah pertanian.Hampir 50% komoditas pertanian  diekspor ke AustralianAmerika,Jepang,China dan Inggris.

Kemajuan dan Teknologi yang Canggih

Meskipun Negara tersebut berpenghasilan dari sektor pertanian tetapi Negara ini juga memanfaatkan Teknologi yang canggih sehingga hasil dari sektor pertanian tersebut menjadi komoditas utama dan dapat diekspor ke Negara-negara tetangga.

Pendidikan yang Tinggi

Seiring berkembangnya zaman,Selandia Baru juga memperhatikan taraf pendidikannya.Negara ini juga diakui secara Internasional untuk standar pendidikan yang baik dan untuk pelatihan guru yang berkualitas tinggi.Selandia Baru juga menduduki nomr 7 di dunia sebagai pendidikan dan universitas terbaik.

Agama Di Selandia Baru

DI Negara ini Rata-rata menganut sebagai agama Kristen yaitu prosentase nya adalah (Kristen 57%),(Islam 1,2%),(Yahudi 0,2%), (Budha 1,6%), (Hindu 2,1%) yang tidak menganut (36,6%), (agama rakyat 0,5%), (agama 0,7%).

Sekian pengetahuan tentang Negara maju di bagian belahan bumi selatan. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply