buah buahan

Buah Unik Yang Membuat Kamu Heran

Posted on

Buah adalah bahan makanan alami yang sangat baik untuk di konsumsi. Buah memiliki khasiat yang banyak. Dan memiliki bentuk-bentuk yang beragam dari berbagai negara.

Di setiap negara pasti memiliki jenis-jenis flora yang berbeda-beda. Sehingga mempengaruhi buah-buahan yang tumbuh menjadi banyak ragamnya. Sampai-sampai ada buah yang mungkin membuat kamu terheran-heran akan bentuknya maupun rasanya.

Di sini akan membahas tentang buah-buahan yang unik yang membuat kamu heran akan bentuknya. Dan juga untuk menambah pengetahuan tentang buah-buahan. Berikut ini beberapa buah-buahan unik yang membuat kamu heran.

  1. Melon Kimawo

melon kimawo

Melon kimawo (cucumis metuliferus) atau biasa disebut dengan  melon bertanduk ini berasal dari benua Afrika. Buah ini masih dibilang satu keluarga dengan melon, timun dan semangka. Bentuknya yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi buah ini. Berbentuk lonjong dengan tonjolan lancip di bagian kulitnya.

Buah ini rasanya manis dan sedikit masam seperti kombinasi antara buah pisang, ketimun dan lemon. Buah ini memiliki banyak serat dan berbagai vitamin antara lain vit. A dan vit. C.

  1. Limau Darah

_blood_lime

Blood lime atau limau darah ini memiliki warna yang tidak biasa yaitu merah maroon. Daging buahnya juga berwarna sama. Rasa pada buah ini tidak terlalu masam ada rasa manis dalam bulirnya. Buah ini berukuran kecil daripada jenis lime pada umumnya. Buah ini dapat dimakan langsung dengan kulitnya.

  1. Lucuma

lucuma

Lucuma adalah buah yang berasal dari Mexico. Tapi sudah dibudidayakan di banyak negara termasuk Indonesia. Buah ini juga disebut buah telur, karena daging buahnya yang berwarna kuning telur. Lucuma juga masih satu keluarga dengan sawo, tapi  bedanya warna kunignya lebih terang. Rasanya seperti perpaduan antara maple dan ubi manis.

  1. Che

che

Che biasa disebut dengan mulberry China. Masih satu keluarga dengan buah murbei. Bentuknya sekilas seperti raspberry. Namun rasanya tidak masam. Rasanya lebih mirip dengan melon. Che berbuah pada saat musim panas.

  1. Jabuticaba

jabuticaba

Jabuticaba adalah buah sejenis anggur yang berasa dari negara Brasil. Buah ini mirip seperti buah rukem di Indonesia, hanya warnanya yang lebih gelap. Buah ini bisa dimakan mentah tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Dan biasanya buah ini dijadikan jelly dan diperas untuk dijadikan minuman anggur.

  1. Pepino

pepino

Buah ini tergolong dari keluarga terong-terongan. Dan berasal dari pegunungan Andes, Amerika Selatan. Buah ini dikenal dengan buah untuk penyembuhan. Buah ini mengandung banyak vit. C. Karna itu bisa menyembuhan sariawan, meningkatkan daya tahan tubuh, menurukan tekanan darah tinggi, dll.

  1. Honey Berry

honey berry

Buah dengan nama latin Lonicera caerulea ini berada di kawasan Barat Daya Asia dan Amerika. Bentuknya unik dan rasa buahnya seperti blueberry dan raspberry. Biasanya buah ini dijadikan sebagai bahan campuran es krim, selai dan anggur.

  1. Ackee

Ackee

Blighia sapida atau biasa disebut Ackee ini berasal dari negara-negara Afrika Barat. Buah ini masih satu keluarga dengan leci. Dan buah ini terkenal dengan buah beracun, tapi di negara Jamaika malah menjadi makanan pokok. Buah Ackee yang sudah masak akan terbuka dan menampakkan tiga buah biji hitam yang ada di dalamnya.

  1. Akebi

Akebi

Akebi adalah buah yang berasal dari Jepang. Buah ini panen di musim gugur. Buah ini berwarna ungu muda dan bijinya seperti biji markisa. Buah ini kalau sudah matang kulitnya akan terbuka. Rasanya manis walaupun bijinya sedikit lengket.

  1. Cupuacu

cupuacu

Cupuacu dengan nama latin Theobroma Grandiflorum ini adalah buah yang berasal dari Amerika Selatan, terutama Brasil. Buah ini berukuran seperti semangka sedang. Dan akan matang dari bulan Januari sampai April, selama musim hujan. Buah ini biasanya diolah menjadi jus, es krim, selai, tart, smoothies, dll. Buah ini kaya akan gizinya seperti vitamin, anti-oksidan, nutrisi penting, dll.

Leave a Reply